NOW READING

Intip Perlengkapan Merekam Video Bawah Air Andalan Cahyo Alkananta

 3992
+
 3992

Intip Perlengkapan Merekam Video Bawah Air Andalan Cahyo Alkananta

by The Daily Oktagon

Tuhan menciptakan alam semesta ini dengan sangat indah. Tidak hanya di darat saja, dunia di bawah air juga tidak kalah indahnya. Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Sebagai bagian dari Segitiga Terumbu Karang, sebanyak 20 persen populasi terumbu karang dunia ada di Tanah Air.

shutterstock_193739618

Tidak mengherankan kalau laut di Indonesia menjadi destinasi wisata scuba diving pecinta keindahan bawah laut dari mancanegara. Menurut situs Indonesia All Travel Guide, Indonesia merupakan destinasi diving terbaik di dunia, terutama karena punya begitu banyak titik diving yang dapat dikunjungi.

Atas alasan ini, banyak diver yang tertarik mengabadikan kehidupan bawah laut Indonesia. Tentu saja, mengabadikan momen di bawah air tidak segampang melakukannya di darat. Terlebih, tidak semua kamera video bisa begitu saja dibawa nyemplung ke laut.

shutterstock_615486

Kepada The Daily Oktagon, cave diver sekaligus pembuat film dokumenter Cahyo Alkantana berbagi perlengkapan andalannya saat mengabadikan keindahan di bawah air. Berikut adalah perlengkapan Master Instructor Diving PADI (Professional Association of Diving Instructors) USA yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

1. Canon 5D Mark II
Kamera DSLR full frame yang satu ini memang sudah tidak asing lagi digunakan untuk merekam video. 5D Mark II punya ukuran sensor yang cukup besar, 36 x 24 mm. Sensor besar berarti lebih banyak cahaya yang dapat ditangkap. Hasil gambar pun jadi lebih bersih dan rendah noise.

Regular_Image_-_Canon_6D_-_underwater

Dalam urusan merekam video, kamera ini sudah mendukung resolusi 1080p dengan kecepatan 30 fps serta bit rate maksimal 42 mbps. Ini sedikit lebih tinggi dari kualitas video Blu-Ray yang berada di angka 40 mbps. Alasan penting lainnya kenapa kamera ini andal untuk merekam video bawah air adalah banyak tersedianya aksesori housing yang dapat Anda pilih, mulai dari Aquatica hingga Ikelite.

2. Blackmagic 4K
Untuk sebuah kamera 4K profesional, nilai jual Blackmagic Production Camera 4K bukan hanya terletak pada ukurannya yang mungil dan ketangguhannya, tetapi juga tersedianya beragam housing underwater untuk kegiatan merekam video di bawah air. Kamera ini terdiri dari tiga model, berdasarkan mount lensa yang ditawarkan, yaitu EF (Canon) dan PL (kamera sinema digital Arri dan Red).

Regular_Image_-_Black_Magic_4K

3. Red Epic Mysterium-X
Seperti semua kamera sinema digital profesional keluaran Red lainnya, Epic Mysterium-X punya mount lensa yang dapat diganti-ganti, membuatnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihan mount yang tersedia sangat lengkap, mulai dari mount untuk lensa Nikon, Leica, Canon, hingga PL.

Regular_Image_-_RED

Selain mendukung format 4K, Epic Mysterium-X juga mampu merekam format 5K dengan kecepatan hingga 120 fps, sehingga mampu menghasilkan adegan gerak lambat yang super detail dan tajam.

Karena dimensinya relatif kecil, tidak jauh berbeda dengan DSLR, kamera ini didukung dengan beragam pilih housing underwater, membuatnya jadi salah satu pilihan terbaik untuk merekam video di bawah air.

4. Poseidon Se7en Rebreather
Menggunakan alat rebreather ini Anda bisa lebih dekat dengan biota bawah laut. Karena alat ini tidak mengeluarkan gelembung udara, binatang tidak merasa terganggu dan Anda bisa mengambil gambarnya dari jarak yang sangat dekat.

Regular_Image_-_Poseidon

0 comments