NOW READING

Instagram Luncurkan Aplikasi IG TV, Video Bisa Hingga 1 Jam

 1158
+
 1158

Instagram Luncurkan Aplikasi IG TV, Video Bisa Hingga 1 Jam

by The Daily Oktagon

Instagram baru saja merilis aplikasi terbaru yaitu IG TV. Dengan fitur ini pengguna sekarang bisa menonton video dengan durasi yang lebih panjang, yaitu selama 1 jam. Ini berbeda dari sebelumnya di mana video yang tampil di aplikasi Instagram melalui fitur Stories hanya dibatasi selama 15 detik.

Sebelumnya memang sempat berhembus kabar kalau Instagram akan memerpanjang durasi fitur Stories hingga 1 jam. Tapi ternyata layanan ini malah diluncurkan dengan aplikasi sendiri tersendiri bernama IG TV. Peluncurannya sendiri digelar pada sebuah acara konferensi di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (20/6/2018).

Baca juga : Kini Postingan Orang Bisa Jadi Instagram Stories Kamu Lho, Ini Caranya !

Kehadiran aplikasi IG TV langsung dikomentari oleh banyak pengguna, bahwa aplikasi ini akan menjadi saingan YouTube. Tapi sebenarnya ada perbedaan di antara kedua aplikasi ini. Di mana di IG TV video yang bisa tampil harus dalam format vertikal atau seukuran layar smartphone. Selain itu video yang diunggah ke IG TV juga tidak akan hilang, berbeda dengan fitur Stories di Instagram.
aplikasi IGTV

Menggunakan IG TV
Karena IG TV merupakan aplikasi tersendiri, untuk bisa menikmatinya maka pengguna harus mengunduhnya terlebih dulu. Untuk pengguna perangkat Android bisa mengunduh aplikasi IG TV di sini. Sedangkan untuk yang menggunakan perangkat berbasis iOS bisa mengunduh aplikasi IG TV di sini.

Saat membuka aplikasi IG TV, pengguna akan langsung disajikan berbagai video yang langsung diputar. Video yang tampil ini, menggunakan algoritma khusus, akan disesuaikan dengan minat pengguna masing-masing. Saat pertama kali menggunakan IG TV , video yang tampil berasal dari video milik pengguna Instagram lain yang di-follow.

Pengguna bisa membuat channel video sendiri pada IG TV. Caranya dengan menekan tombol ikon Pengaturan yang ada di sebelah kanan tampilan IG TV. Di aplikasi IG TV sendiri terdapat beberapa menu, seperti For You, Following, Popular dan Continue Watching.

Menu ‘For You’ berisi video yang disajikan untuk pengguna. Menu ‘Following’ berisi video dari akun Instagram yang sudah di-follow sebelumnya. Sedangkan menu ‘Popular’ terdiri dari kumpulan video yang paling populer di IG TV. Dan untuk menu ‘Continue Watching’ berisi video yang belum selesai ditonton sampai habis, jadi pengguna bisa menonton kembali video tersebut.

Baca Juga: Instagram Stories Tambah Fitur Baru, Apa Itu?

Pengguna IG TV bisa mengunggah video yang sudah tersimpan di Galeri perangkat. Ini karena IG TV tidak menyediakan fitur Record Video di dalam aplikasinya. Jadi pengguna harus merekam video dulu, lalu disimpan di Galeri , baru kemudian diunggah ke IG TV.

Pengguna IG TV juga dapat memberikan komentar, like, dan share video yang ditonton. Di sisi lain si pemilik channel dari video tersebut akan mendapatkan notifikasi jika video-nya ada yang memberi Like atau Komentar.

0 comments