NOW READING

Inilah Perlengkapan Wajib Para Fotografer Fashion

 6550
+
 6550

Inilah Perlengkapan Wajib Para Fotografer Fashion

by The Daily Oktagon

Seiring dengan semakin berkembangnya industri fashion Indonesia, fotografi fashion pun ikut tumbuh dengan pesat. Ini bisa dilihat dari kehadiran nama-nama baru seperti Nicoline Patricia Malina, Andra Alodita, Karina Yasmin, dan Evelyn Pritt. Karya mereka yang berani sekaligus eksotis membawa angin segar di genre fotografi fashion Indonesia.

Foto_Karya_Nicoline_Patricia_Malina

Foto karya Nicoline Patricia Malina

Fotografi fashion identik dengan sesi pemotretan yang glamor dan mewah. Keduanya menuntut kualitas foto semaksimal mungkin. Atas alasan itu, sering juga fotografer yang fokus pada genre ini terbentur perlengkapan yang mahal. Sebenarnya, apa saja perlengkapan utama para fotografer fashion?

Foto_Karya_Andra_Alodita

Foto karya Andra Alodita

Artikel berikut mengajak pembaca mengenal apa saja yang menjadi senjata wajib mereka. Inilah perlengkapan wajib para fotografer fashion.

Foto_Karya_Karina_Yasmin

Foto karya Karina Yasmin

Foto_Karya_Evelyn_Pritt

Foto karya Evelyn Pritt

 Anda wajib baca artikel menarik ini, Nurulita : Fotografer Cantik yang Mengikuti Kata Hati

Kamera
Dalam urusan pemotretan fashion, hal yang paling penting adalah kualitas dari foto yang dihasilkan. Jadi, dalam urusan memilih kamera, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran sensornya. Karena ukuran sensor berbanding lurus dengan kualitas, semakin besar ukurannya maka semakin baik juga hasil fotonya.

Regular_Image_-_Kamera

Ini membuat kamera dengan sensor full-frame menjadi pilihan favorit para fotografer fashion. Beberapa tahun lalu, full-frame hanya terdapat pada kamera-kamera high-end. Kini, sudah mulai banyak kamera entry-level dengan harga terjangkau yang dibekali sensor tersebut. Beberapa kamera full-frame yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain Nikon D750, Canon 6D, Sony SLT A99, dan Sony A7 Mark II dengan rentang harga Rp 19-24 juta.

Lensa
Umumnya, lensa yang populer digunakan di kalangan fotografer fashion adalah lensa dengan focal length 24 – 200 milimeter. Namun, untuk memulai, Anda bisa menggunakan lensa 70 – 200 milimeter. Alasannya karena lensa ini tidak hanya dapat digunakan pada pemotretan studio, tetapi juga pemotretan di lokasi.

Regular_Image_-_Lensa

Lensa 24 – 200 milimeter ideal untuk pemotretan di lokasi, terutama jika Anda ingin ingin “menangkap” latar belakang. Lensa 70 – 200 milimeter bisa didapatkan mulai dari harga Rp 7 jutaan untuk Lensa Tamron untuk Canon.

Pencahayaan
Fotografer fashion biasanya memotret dengan strobe flash ketimbang pencahayaan terus menerus. Alasannya, karena cahaya dari strobe lebih konsisten dan cukup kuat untuk mengalahkan sumber cahaya lain yang bisa merusak hasil foto.

Regular_Image_-_Lighting_-_Profoto

Karena strobe cukup vital dalam pemotretan, tidak mengherankan jika fotografer fashion profesional tidak segan berinvestasi belasan hingga puluhan juta rupiah untuk sebuah strobe head. Merek papan atas yang biasa dipilih antara lain Profoto. Terdapat juga merek alternatif untuk Anda yang bujetnya terbatas, seperti Jin Bei, yang beberapa peralatan lighting-nya bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp10 juta.

Background
Untuk pemotretan di studio, background mutlak diperlukan. Perlengkapan ini akan memberikan hasil yang seragam dan berkesan profesional pada semua foto Anda. Semakin minim distraksi pada latar belakang, semakin baik juga hasilnya. Karena perhatian akan berpusat ke subjek foto.

Regular_Image_-_Background

Karena itu, fotografer fashion cenderung lebih suka menggunakan background dengan latar belakang satu warna, seperti putih. Beberapa merek stand background yang banyak digunakan adalah Manfrotto, Mantis, atau Lastolite. Harga tiap stand bervariasi, biasanya tergantung dari lebar dan tingginya. Salah satu stand yang paling terjangkau adalah keluaran Fancier, yang dijual dengan harga sejutaan.

Tripod

Terakhir, tentu saja Anda membutuhkan tripod agar mendapatkan frame yang stabil dan konsisten. Selain kualitas rancang bangunnya, saat memilih tripod Anda juga perlu mempertimbangkan bobotnya.

Regular_Image_-_Tripod

Terlebih untuk kebutuhan pemotretan di lokasi. Beberapa tripod keluaran Manfrotto bisa dibeli dengan harga sejutaan. Namun, tripod yang cocok untuk pemotretan di studio dan lokasi biasanya dijual dengan harga di atas Rp 2 juta.

Anda tertarik mencoba jadi fotografer fashion? Selamat mencoba!

Jangan lewatkan artikel menarik berikut, Mengupas Lima Aspek Penting Fotografi Jalanan

0 comments