NOW READING

Inilah 10 Pembaruan pada iOS 10 untuk iPhone Generasi Baru

 2380
+
 2380

Inilah 10 Pembaruan pada iOS 10 untuk iPhone Generasi Baru

by The Daily Oktagon
  • Apple merilis iOS 10 untuk iPhone dan iPad.
  • Siri dibikin lebih pintar, aplikasi Maps pun dirombak jadi makin baik lagi, dan voicemail bisa diterjemahkan jadi pesan teks.
  • Lalu iMessage, akan dihiasi pilihan stiker lucu dan unik.

Tidak terasa, sistem operasi besutan Apple untuk iPhone dan iPad, yakni iOS, bakal segera masuk edisi ke-10. iOS 10 sendiri sudah diperkenalkan pada acara WWDC 2016 lalu.

Jika ingin membandingkan, baca juga ulasan tentang fitur-fitur andalan pada iOS 9

Dalam presentasi membahas iOS 10, petinggi Apple secara gamblang mengatakan kalau iOS 10 adalah peluncuran iOS paling besar yang pernah ada. Pada iOS 10, setidaknya ada sepuluh perubahan yang ditawarkan. Berikut daftarnya:

Raise to Wake

Fitur ini bukanlah hal baru bagi pengguna Android. Dengan adanya fitur raise to wake, Anda dapat melihat notifikasi yang muncul pada iPhone hanya dengan mengangkat iPhone tanpa perlu menekan tombol power atau tombol home. Tampilan notifikasinya berbeda dan Anda bisa langsung membalas pesan dengan memanfaatkan fitur 3D Touch.

raise to wake ios 10 iphone

Siri untuk Semua

Fitur Siri kini bukan cuma milik Apple saja. Apple sudah resmi memberikan akses bagi para pengembang aplikasi di luar Apple untuk bisa menggunakan jasa Siri. Jadi, bukan tak mungkin nantinya aplikasi WhatsApp bisa dioperasikan dengan bantuan Siri.

Siri lebih Pintar

Pada iOS 10, Siri tidak hanya sekadar memberikan jawaban secara general atas apa yang Anda tanyakan. Lebih dari itu, Siri bisa memberikan jawaban yang lebih relevan berdasarkan lokasi Anda berada, informasi kontak yang ada di smartphone, hingga agenda yang terintegrasi dengan kalender.

Bicara soal Siri, Anda juga mungkin tertarik menyimak bahasan tentang perkembangan teknologi asisten virtual di Indonesia

Widget Aplikasi

Lagi-lagi, fitur 3D Touch bakal makin berguna di iOS 10. Untuk mengakses aplikasi, pengguna iOS 10 tidak harus menjalankan aplikasi tersebut. Apple bakal merilis widget aplikasi yang bisa diakses dengan fitur 3D Touch. Misalnya menonton video YouTube tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

All-New Apple Maps

Tidak mau kalah dari Google Maps, Apple merombak aplikasi Maps besutannya. Apple Maps terbaru bakal lebih proaktif dalam menuntun Anda ke “jalan yang benar”.

Apple Maps bisa mendeteksi kondisi lalu lintas. Jika terjadi kemacetan, Anda akan diarahkan menuju rute alternatif. Tampilannya pun kini lebih segar dan sudah terintegrasi dengan optimal untuk Apple CarPlay sehingga bakal sangat membantu bagi para sopir Uber dan layanan transportasi sejenis.

ios 10 maps iphone

Apple Home

Ini adalah aplikasi sentral yang bakal menghubungkan satu perangkat Apple dengan perangkat lainnya. Dirancang dengan basis yang sama seperti notification center pada iOS, Apple Home bisa diakses meski layar smartphone terkunci dengan cara melakukan swipe pada layar.

Apple Music

Apple juga mendesain ulang interface Apple Music. Tampilannya kini lebih sederhana, agar bisa dioperasikan dengan lebih mudah. Yang menarik, Apple Music kini juga sudah mendukung fitur lirik lagu sehingga Anda bisa mendengarkan lagu sembari ikut bernyanyi.

Baca pula cerita tentang fasilitas yang bisa dinikmati pengguna dari Apple Music

Apple News

Baru dirilis tahun lalu, Apple News juga tak luput dari pembaruan. Apple News mendapat sedikit sentuhan agar kontennya lebih menarik, seperti penyesuaian jenis font hingga fitur notifikasi dan berlangganan berita.

Telepon Lebih Aman

Aplikasi telepon pada iOS 10 jadi lebih pintar. Jika mendapat voicemail, Anda tidak harus mendengarkannya untuk mengetahui isi pesannya. Ada fitur transkrip dimana pesan bisa diterjemahkan dalam bentuk tulisan. Selain itu, aplikasi telepon pada iOS 10 juga dapat mendeteksi gangguan telepon dari orang yang tak dikenal sebagai spam.

Kirim Pesan Lebih Fun

Satu lagi aplikasi bawaan yang mendapat pembaruan adalah iMessage. Mirip aplikasi LINE, mengirim pesan ke sesama pengguna iPhone dengan iOS 10 bisa menggunakan stiker animasi yang lucu dan unik.

imessage ios 10 iphone

Agar lebih ceria, emoji pun ditampilkan dalam ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Apple juga bekerjasama dengan pengembang lainnya untuk menciptakan emoji dan stiker lucu pada iMessage.

0 comments