NOW READING

Ini Tips Bikin Foto GIF Seru dengan Boomerang

 11941
+
 11941

Ini Tips Bikin Foto GIF Seru dengan Boomerang

by The Daily Oktagon
  • Jika Apple punya fitur Live Photos di iPhone 6s, Instagram memiliki Boomerang.
  • Aplikasi Boomerang membawa nuansa baru dalam berbagi gambar (photo sharing) di Instagram.
  • Dengan konsep gambar bergerak (GIF), aplikasi Boomerang membuat berbagi foto menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Instagram kian naik daun berkat kepopuleran layanan berbagi foto (photo sharing). Ekosistemnya meroket sehingga mencetak 500 juta pengguna bulanan aktif di dunia.

Supaya tak makin membosankan dengan konsep photo sharing yang itu-itu saja, Instagram akhirnya memboyong aplikasi terpisah. Perlu diketahui, aplikasi ini adalah hasil Hackhaton yang dilakukan Instagram pada tahun lalu.

Boomerang, begitu namanya, adalah aplikasi yang dipakai untuk membuat gambar bergerak (GIF). Aplikasi ini bekerja dengan mengambil serangkaian foto yang kemudian diputar berurutan secara terus-menerus (loop).

Kedengarannya mudah ya? Sebelum masuk ke trik ide menarik untuk foto Boomerang, The Daily Oktagon akan membagikan tutorial singkat cara menggunakan aplikasi ini.

boomerang instagram

Cara Boomerang Bekerja

Untuk mengambil objek bergerak yang menarik, Anda tinggal menekan tombol shutter berwarna putih. Nantinya, aplikasi ini akan mengambil foto berurutan (burst) sekitar 10 foto.

Foto burst akan diproses menjadi video pendek berdurasi 4 detik, dengan loop sekitar 1 detik. Setelah tombol shutter dilepas, Anda diberikan pilihan untuk menyimpan foto GIF Anda atau membagikannya ke Instagram atau Facebook.

Ke mana foto GIF itu tersimpan? Tak usah bingung, foto langsung termuat di album gambar Anda.

Boomerang kini sudah tersedia di toko aplikasi Android dan Apple. Aplikasi ini juga sudah mendukung 29 bahasa. Yang terpenting adalah, gunakan ide gila Anda untuk membuat foto bergerak yang lucu dan seru. Lebih seru lagi kalau Anda mengajak teman-teman!

Baca juga tips tentang cara membuat foto sekeren bikinan bintang Instagram

Trik Bikin Foto Seru dengan Boomerang

Nah, bicara soal ide gila, buatlah konsep foto Boomerang selucu dan seunik mungkin. Jangan sampai hasilnya terlalu biasa, sebelum kamu unggah di Instagram.

Tapi, bagaimana sih triknya? Yuk, simak ulasannya!

1. Ponsel tetap di genggaman

Jika Anda menemukan spot menarik dan sangat Instagramable, berhentilah di situ. Letakkan ponsel Anda pada tripod mini sehingga ponsel tidak terguncang dan foto yang dihasilkan tidak blur.

Foto Boomerang akan lebih baik hasilnya jika diambil dalam keadaan stabil. Trik ini bisa Anda aplikasikan untuk gerakan ekstrem. Misalnya, saat Anda melompat ke kolam renang atau tebing ke pantai dengan atraksi gaya sesukai hati. Yang terpenting, pastikan ponsel selalu mantap dalam genggaman Anda.

2. Tak harus spektakuler

Foto Boomerang tak harus dibuat dengan konsep yang terlalu serius atau spektakuler. Ide sederhana saja dapat Anda eksekusi untuk mendapatkan hasil foto yang unik.

Misalnya, menggerakkan jari-jari Anda di depan matahari yang akan tenggelam di Bali, sehingga Anda terlihat seperti bermain bola api; atau saat bermain gelembung sabun seperti posting berikut ini:

3. Bukan foto GIF biasa

Kebanyakan orang mengira hasil foto Boomerang serupa dengan foto GIF biasanya, karena sama-sama menampilkan foto bergerak yang berulang-ulang.

Padahal tidak seperti GIF biasanya, alur frame yang dihasilkan oleh Boomerang tidak semata bergerak ke depan; melainkan ke depan lalu ke belakang, berulang-ulang. Meskipun terdengar minor dan seperti kurang penting, alur ini sangat memengaruhi foto yang dihasilkan.

Sehingga, jangan sampai Anda berpikir mengambil foto Boomerang hanya menampilkan gerakan yang sama di awal dan di akhir. Gunakan kreasi Anda untuk menampilkan ragam ekspresi. Dengan begitu, foto di awal dan akhir menampilkan ekspresi berbeda.

4. Tambahkan kreasi dengan filter

Tak berhenti sampai di situ, Anda masih bisa menambahkan sedikit sentuhan pada kreasi foto Boomerang dengan opsi filter yang terdapat di Instagram (walaupun filter yang tersedia sangat terbatas).

Selain itu, aplikasi Boomerang menawarkan hidden setting untuk Anda mengatur hasil foto sesuai keinginan.

Caranya, buka aplikasi, ketukkan empat ujung jari Anda secara bersamaan sebanyak empat kali ke layar handphone, dan menu pengaturan yang tersembunyi itupun muncul.

Lewat menu ini, Anda bisa mengatur resolusi video, mengubah alur pengulangan Boomerang (ke depan dan ke belakang, ke belakang saja, atau ke depan saja), serta mengatur jumlah frame yang akan direkam dan durasi tiap frame yang akan direkam.

Selamat mencoba!

Ingin lebih dari sekadar membuat gambar bergerak? Coba bikin video dan tampilkan di YouTube, siapa tahu menarik banyak penonton. Ikuti kiatnya di sini

0 comments