NOW READING

Ini Tiga Kamera Wajib untuk Vlogger Pemula

 11957
+
 11957

Ini Tiga Kamera Wajib untuk Vlogger Pemula

by The Daily Oktagon

Kini semua orang bisa menjadi publik figur, bahkan meski ia bukan seorang artis. Ketika seseorang memiliki kemampuan khusus, ia bisa membagikan informasi bermanfaat bagi orang banyak. Cara paling mudahnya yakni melalui media sosial, tak terkecuali YouTube.

Melalui YouTube, siapa pun bisa menjadi terkenal. Media berbagi video secara streaming milik Google ini menjadi pemimpin industri. YouTube mudah digunakan dan sifatnya gratis, bahkan bisa untuk mendatangkan uang. Kalau mengetahui triknya, video yang Anda buat dan unggah di YouTube bisa dilihat ribuan, puluhan ribu, atau mungkin ratusan ribu kali.

Maka tak heran profesi sebagai YouTuber atau vlogger (video blogger) saat ini begitu digemari. Nah, kira-kira perlengkapan apa saja yang dibutuhkan bagi Anda yang ingin mencoba profesi ini? The Daily Oktagon sudah menyiapkan ulasannya untuk Anda. Ini tiga kamera wajib untuk vlogger pemula.

Canon Powershot G7 X

Untuk kebutuhan vlogging, Canon Powershot G7 X salah satu pilihan terfavorit. Kamera satu ini tidak kalah dibandingkan kamera DSLR entry-level seperti Canon EOS 1200D. Layar LCD Powershot G7 X bisa dibentangkan ke atas sehingga Anda bisa melihat apa yang disorot oleh lensanya dari depan. Hal ini tentu memudahkan ketika hendak membuat vlog.

powershot-g7-x Canon Powershot G7 X juga dilengkapi konektivitas WiFi. Melalui aplikasi khusus, Anda pun bisa menggunakan smartphone sebagai remote untuk mengontrol kamera atau mentransfer file. Meskipun hanya mendukung produksi video hingga resolusi 1.080p, kamera ini tetap banyak dipilih. Yang tak kalah penting, Canon Powershot G7 X memiliki fitur autofocus yang cepat sehingga bisa memastikan wajah Anda selalu fokus saat merekam vlog.

Baca dulu artikel menarik ini, Resep Membuat Video Time Lapse

Sony DSC-RX100M III

Serupa dengan Canon Powershot G7 X, Sony RX100M III juga menawarkan layar LCD yang bisa dibentangkan 180 derajat ke atas untuk kebutuhan selfie atau vlog. Bentuknya pun sama-sama ringkas. Selain mudah disimpan, dibawa, dan dioperasikan, Sony RX100M III juga tidak terlalu mencolok jika Anda ingin merekam video di tengah banyak orang.

sony-rx100-iiiAdapun spesifikasi yang diusung Sony DSC-RX100M III juga sangat mumpuni. Sensor kameranya dapat menghasilkan foto beresolusi 20,9 MP serta video 1.080p. Lensanya pun luas dengan angle 24 milimeter dan dapat merekam dari jarak dekat kurang lebih 30 sentimeter.

Xiaomi Yi

Bagi seorang vlogger, kamera aksi adalah salah satu perangkat yang sifatnya pendukung, mungkin jarang dipakai, tapi cukup merepotkan jika tidak dimiliki. Bisa dikatakan dalam hal ini kamera aksi adalah perangkat pelengkap yang tetap wajib dimiliki.

xiaoyi

Dengan bentuk super ringkas, XIaomi Yi bisa merekam video superwide hingga 155 derajat dengan resolusi maksimal 2K pada 30 fps. Namun, Yi juga mampu merekam video time lapse dan slow motion 720p. Menariknya, Xiaomi Yi dilengkapi beragam aksesori pendukung. Mulai dari selfie stick, casing anti air, tripod, monopod, hingga remote Bluetooth.

Sandisk Extreme SDHC UHS-1

Kemampuan sebuah kamera tidak akan optimal tanpa bantuan memory card pendukung. Namun, masih banyak yang belum sepenuhnya mengetahui hal ini. Untuk kebutuhan merekam video, Anda wajib memilih memory card dengan kecepatan minimal 60 MB/s.

sd-cardDengan kecepatan 60 MB/s atau bahkan lebih, merekam video bisa berjalan lebih lancar ketika Anda menggunakan konfigurasi frame per second yang tinggi. Selain itu, proses transfer data dari kamera ke PC atau notebook pun juga bisa dilakukan lebih cepat. Satu hal lain yang perlu diperhatikan, carilah produsen memory card dengan layanan purna jual yang terpercaya dan menawarkan garansi seumur hidup. Selamat merekam video!

Lengkapi juga peralatan Anda dalam membuat video dengan Tiga Action Camera Entry Level Terfavorit!

0 comments