NOW READING

Ini Prosesor Di Balik Artificial Intelligence pada Kamera Smartphone

 747
+
 747

Ini Prosesor Di Balik Artificial Intelligence pada Kamera Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Qualcomm akhirnya resmi memperkenalkan prosessor terbarunya, yakni Snapdragon 845
  • Prosesor ini berbasiskan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent
  • Prosesor ini menghasilkan efek bokeh terbaik walau hanya mengandalkan 1 lensa

Prosesor Snapdragon 845 menghadirkan teknologi AI

Qualcomm akhirnya resmi memperkenalkan prosesor terbarunya, yakni Snapdragon 845. Prosessor ini menonjolkan fitur canggih pada kamera yaitu fitur yang berbasiskan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI).

Alasan Qualcomm menciptakan jenis prosessor ini pun tak lain karena teknologi AI dan kualitas kamera yang mumpuni diprediksi akan menjadi tren yang sangat dielu-elukan pada masa mendatang.

Foto: Qualcomm

Saat ini sering kita lihat banyak pabrikan smartphone yang mengusung teknologi dual camera guna menghasilkan efek bokeh. Berbeda dari teknologi dual camera, Snapdragon 845 justru mampu menghasilkan gambar bokeh mumpuni hanya dengan satu modul lensa atau yang sering disebut dengan single lens.

Baca juga : Nvidia Rilis Prosesor Grafis PC Terkencang, Harganya?

Untuk menghasilkan efek bokeh terbaik walau hanya mengandalakan satu lensa, Qualcomm menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau AI pada kamera smartphone. Kecerdasan buatan yang ditanamkan di Snapdragon 845 juga diklaim dapat mendukung banyak hal. Mulai dari pemindaian wajah, asisten digital, hingga efisiensi konsumsi baterai.

Selain memboyong kecerdasan buatan pada fitur kamera, Qualcomm juga membenamkan teknologi pendukung kamera lainnya. Seperti prosesor grafis Adreno 630, Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2. Dimana teknologi tersebut ditujukan untuk mendukung multimedia terbaik dalam hal foto dan video untuk hasil yang makin detil.

Foto: Qualcomm

Dengan teknologi tersebut, Qualcomm bermaksud untuk menjadikan perangkat smartphone dapat menandingi kualitas gambar yang dihasilkan kamera DSLR dan mirrorless. Qualcomm juga menjanjikan hanya dengan modal satu kamera saja, smartphone akan dapat melakukan perekaman video berresolusi 4K HDR dengan kecepatan 16 fps.

Baca juga :Xiaomi Mi 7 Segera Rilis, Dibekali Prosesor Snapdragon Terbaru

Saat ini sudah ada vendor smartphone yang mengumumkan perangkatnya akan mengusung Snapdragon 845, yakni Xiaomi Mi 7. Lei Jun, selaku CEO dari Xiomi mengumumkan informasi ini secara pribadi pada peluncuran Qualcomm Snapdragon 845. Namun pihaknya masih belum mengungkapkan kapan smartphone yang memiliki prosessor Snapdragon terbaru tersebut akan resmi diluncurkan.

0 comments