NOW READING

Ini Pentingnya Punya Sistem Audio Mobil Berkualitas!

 1677
+
 1677

Ini Pentingnya Punya Sistem Audio Mobil Berkualitas!

by The Daily Oktagon

Sebagai bagian dari masyarakat urban yang hidup di kota besar, terjebak kemacetan setiap pagi dan sore sudah bukan hal yang aneh. Alunan musik dari stasiun radio favorit di mobil merupakan solusi sederhana agar tetap berkepala dingin selama berkendara.   

Mendengarkan musik kesukaan memang diyakini bisa dengan cepat membuat mood menjadi lebih baik. Studi yang dimuat dalam Journal of Positive Psychology di 2013 menemukan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik upbeat, mood-nya akan lebih baik dan kebahagiaan meningkat dalam dua minggu. Bahkan studi terbaru di 2017 yang dilakukan oleh para peneliti di Durham University, Inggris, dan University of Jyväskylä di Finlandia menyatakan bahwa musik sedih sekalipun bisa mendatangkan efek positif karena membuat orang menjadi lebih tenang dan santai.

Tak hanya bagus untuk mood, suatu studi dari peneliti Austria yang dipublikasikan di Vienna Medical Weekly Journal bahkan menyatakan musik bisa mengatasi masalah sakit punggung! Para peneliti dari Austria tersebut memaparkan bahwa mendengarkan musik selama 25 menit setiap hari selama sepuluh hari, bisa membantu mencegah sakit punggung. Tak hanya itu, bahkan juga bisa membuat kita tidur lebih berkualitas.

Foto: Shutterstock.com

Dukung dengan Sistem Audio Mobil

Kalau sudah bicara urusan musik, tentu tak bisa lepas dari sistem audio yang ada di mobil. Bayangkan saja saat tak bisa bergerak karena terjebak macet parah dan speaker mati sebelah! Belum lagi kalau musik jazz yang kental dengan suara bass tiba-tiba malah cempreng karena treble yang tak bisa diatur. Kalau sudah begini, Anda baru sadar, kan, pentingnya punya sistem audio mobil yang berkualitas? Sayangnya, tak semua mobil dilengkapi dengan sistem audio yang canggih, justru banyak yang hanya standar saja. Berencana mengganti sistem audio mobil atau mungkin meng-upgrade?

Sekadar bocoran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin meng-upgrade sistem audio mobil sehingga menjadi lebih ciamik. Penasaran?

1. Head Unit Terintegrasi

Umumnya, head unit bawaan pabrikan memiliki kualitas standar. Kecuali jika Anda membeli mobil sekelas premium. Padahal head unit terhitung penting karena bisa dibilang ‘otak’ dari alunan musik yang akan didengar di dalam mobil. Bahkan pengaturan bass dan treble pun dilakukan di head unit. Head unit seperti Pioneer AVH-X5800BHS juga sudah touch screen dan memiliki port USB dan MP3 player. Car stereo receiver ini mendukung konektivitas Bluetooth, serta memungkinkan Anda untuk streaming dari Spotify ataupun playlist smartphone.

2. Ganti Speaker

Seperti halnya head unit bawaan, speaker mobil pun biasanya standar. Anda bisa memasang speaker aftermarket seperti JBL GX963 untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik. Konsultasikan dengan teknisi audio mobil untuk menemukan spesifikasi speaker yang pas dengan ruang yang tersedia serta sesuai selera musik.

3. Subwoofer

Ingin mendapatkan dentuman bass yang mantap dan menggetarkan untuk memutar musik jazz atau hiphop favorit Anda? Siasati dengan menambah Infinity Reference 1262W subwoofer! Subwoofer sendiri adalah speaker yang dibuat khusus untuk mereproduksi frekuensi suara rendah karena speaker bawaan tak bisa memproduksi cukup suara frekuensi suara rendah.

Foto: Shutterstock.com

4. Power Amplifier

Pemasangan amplifier dalam sistem audio mobil adalah untuk memperkuat sinyal suara dari head unit lalu disalurkan ke speaker. Amplifier dapat mengolah sinyal suara sehingga lebih bertenaga sehingga speaker mengeluarkan suara yang lebih maksimal. Dengan tugas yang cukup berat, pastikan Anda memilih power amplifier dari merek terbaik, seperti Kenwood KAC-9106D Mono.

5. Instalasi yang Rapi

Instalasi merupakan bagian penting dalam sistem audio mobil. Pastikan Anda datang ke teknisi yang cukup mumpuni untuk melakukan instalasi sistem audio mobil dengan rapi. Peletakan kabel, sekring, power amplifier, subwoofer, dan lainnya harus disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Instalasi asal-asalan tak hanya membuat berantakan, tapi juga bisa mengakibatkan korsleting dan berpengaruh kepada sistem kelistrikan mobil.

0 comments