NOW READING

Ini Kata-kata Gaul Baru ‘Kids Jaman Now’

 4303
+
 4303

Ini Kata-kata Gaul Baru ‘Kids Jaman Now’

by The Daily Oktagon

Ada-ada saja tren yang ada di Indonesia. Yang terbaru adalah banyaknya istilah atau kata-kata gaul baru yang terbedar di dunia maya. Sebagian dari kata tersebut terdengar “selengean” bahkan tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar.

Kata-kata tersebut merupakan ekspresi non formal yang sering digunakan untuk menyampaikan respon saat berkomunikasi di internet, baik itu di kolom komentar media sosial atau aplikasi pesan instan. Apa saja istilah atau kata gaul baru yang beredar di internet ? Berikut beberapa diantaranya :

Mau Jadi Trendsetter? Gunakan Istilah Teknologi Ini

Kids Jaman Now

Jika kita jabarkan ketiga kata tersebut, ‘Kids merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya Anak. Lalu ada kata ‘Jaman’ yang ejaan yang benar seharusnya adalah ‘Zaman’ . Dan kata ‘Now’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘sekarang’. Jadi secara ‘Kids jaman now’ mengandung arti ‘Anak-anak zaman sekarang’.

Secara tata bahasa, tentu frase ‘Kids jaman now’ tidak mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Dan ini sudah dijelaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa kalimat tersebut salah.

Tercyduk

Kata ‘Tercyduk’ merupakan pelesetan dari kata terciduk (kata kerja: ciduk) yang berarti membekuk, mengambil atau menahan. Kata ini biasanya ditemukan dalam gaya penuturan berita formal. Contohnya : Polisi Ciduk Preman Kampung Rambutan.

Tak berbeda dari arti aslinya, warganet pun membuat kata terciduk menjadi “tercyduk”. Entah karena salah ketik atau bagaimana, faktanya kata tercyduk lebih sering digunakan digunakan warganet di media sosial, dibandingkan dengan kata terciduk. Di mana kata “tercyduk” biasanya digunakan untuk menjelaskan kejadian tertangkap tangan atau kepergok.

Faedah

Kata ‘faedah’ berarti manfaat, berguna atau sesuatu yang menguntungkan. Kata ini sebenarnya merupakan kata yang benar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Namun uniknya kata ini menjadi viral karena digunakan dalam sebuah meme dan banyak digunakan di sosial media.

10 Ide Konten Kreatif untuk Membuat Vlog Menjadi Viral

HQQ

Penulisan kata ini sengaja dibuat keliru menjadi “HQQ”. Tiga huruf ini merupakan singkatan dari kata ‘hakiki’ yang berdasarkan definisi dari KBBI artinya sebenarnya, sesungguhnya. Namun dalam konteks media sosial dan dialog para warganet, kata ini dipersingkat menjadi HQQ dengan arti yang sama dengan arti sebenarnya.

Panutanku

Kata ini berasal dari kata panutan yang berarti idola atau junjungan. Panutanku seringkali dipakai warganet sebagai ungkapan pujian ke orang lain. Ada juga yang menggunakan kata ini dengan versi yang nyeleneh dari ‘panutanku’, yaitu diubah menjadi ‘panutanQ’. Huruf Q ‘panutanQ’ berarti ‘Ku’ dalam ejaan bahasa gaul.

Micin

Kata ‘micin’ sering dituliskan dengan istilah “Generasi micin” atau “Kebanyakan makan micin”. Micin merupakan nama lain dari MSG atau singkatan dari “MonoSodium Glutamat”. Micin dianggap sebagai penyedap rasa yang biasa digunakan untuk memasak makanan. Namun di sosial media kata ‘micin’ digunakan untuk mengungkapkan kebodohan seseorang.

0 comments