NOW READING

Ini Fitur Baru iOS 13 yang Harus Kamu Tahu

 89
+
 89

Ini Fitur Baru iOS 13 yang Harus Kamu Tahu

by The Daily Oktagon

iOS 13 telah resmi dirilis Apple pada 3 Juni 2019 kemarin di Worldwide Developer Conference 2019, di San Jose, California, AS. Sistem operasi mobile terbaru ini diklaim membawa peningkatan dan fitur baru.

Dengan adanya beberapa fitur baru maka diharapkan iOS 13 akan memberikan performa yang lebih baik untuk perangkat iPhone dan iPad yang bisa mengimplementasi sistem operasi ini. Dilansir dari The Verge, berikut fitur baru dan peningkatan fitur yang ada di iOS 13.

ios13darkmode.5

Baca juga: iOS 11.2.1 Ternyata Bisa di-Jailbreak

1.  Mode Gelap

Mode Gelap ini tentunya membawa angin segar untuk perangkat iPhone dan iPad lawas yang memiliki masalah pada kekuatan baterai. Dengan Mode Gelap ini tentunya daya baterai akan lebih hemat dari sistem operasi iOS 13. Semua aplikasi besutan Apple didukung mode gelap, termasuk notifikasi dan aplikasi home screen (dock).

2. Kinerja lebih baik

Seperti yang selalu dibawa pada iOS terbaru, di sistem operasi ini juga membawa peningkatan kinerja untuk perangkat yang akan menggunakannya. Salah satu peningkatan yang dijanjikan adalah pada kecepatan saat membuka Face ID. Apple mengklaim penggunaan fitur ini akan 30 persen lebih cepat dibanding sebelumnya.

 

3. Keyboard Quick Path

Untuk kenyamanan penggunaan Apple juga mambawa keyboard yang dilengkapi dengan gesture swipe untuk mengetik. Fitur ini disebut sebagai “Quick Path”. Mirip dengan keyboard Swiftkey, Swype, atau Gboard, di mana pengguna cukup menggeser papa ketik untuk menuliskan pesan. Versi Apple,

Degan begitu memungkinkan pengguna untuk mengetik huruf pada keyboard hanya dengan menswipe-nya dari satu huruf ke huruf lainnya.

Baca juga: Mengenal Beberapa Fitur Baru iOS 12

4. Reminders

Di iOS 13, Apple juga membawa peningkatan fitur pada aplikasi pengingat/reminders. Di aplikasi memiliki tab “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All”, dengan tab ini maka dapat menyaring tugas atau agenda yang dibuat pengguna.

Di aplikasi pengingat ini Apple mengintegrasikannya pada kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Ai akan menyarankan kapan pengguna ingin diingatkan. Selain itu pengguna bbisa menandai kontak, jadi perangkat dapat mengingatkan tentang agenda tertentu.

5. Apple Mail, Notes, dan Safari Baru

Apple juga melakukan pembaharuan untuk aplikasi unggulannya. Aplikasi tersebut adalah Apple Mail yang kini juga akan mendapatkan pembaruan dengan adanya format desktop. Apple juga membawa Safari yang memiliki preferesi per situs web. Selain itu ada aplikasi Notes dengan pembaruan yang tampilannya mirip dengan galeri.

6. Apple Maps

Kurang diperhitungkan pada versi sebelumnya, Apple Maps kini mendapatkan perhatian yang serius oleh Apple. Apple membawa perubahan yang cukup masif pada aplikasi ini.

Bahkan Apple mengatakan aplikasi dibangun kembali dari awal dengan peningkatan data peta yang lebih komprehensif mirip seperti Google Street View.

7. Fitur keamanan

Di iOS 13 fitur privasi juga akan lebih diperhatikan. Apple menamabahkan beberapa fitur baru dan meningkatkan keamanan privasi. Pengguna juga bisa memilih untuk memberikan data lokasi ke aplikasi cukup sekali saja. Apple menyediakan fitur “Sign in with Apple”, dikhususkan bagi para pengembang untuk masuk ke aplikasi dan layanan Apple. Jadi, pengguna akan tetap bisa masuk ke aplikasi Face ID dan membuat akun layanan baru tanpa harus mengungkap informasi pribadi.

ios 13 2

Baca juga: iOS 12 Dirilis, Ini Perangkat Apple Yang Kebagian Update

8. Foto Profil iMessage

Di iOS 13, iMessage nantinya akan dibuat seperti WhatsApp. Pengguna memasang foto profil dan display name. Pengguna juga bisa menggunakan Memoji sebagai foto profil. Khusus Memoji, Apple menambahkan beragam opsi untuk mengkustomisasi Memoji, termasuk memungkinkan Memoji sebagai stiker iMessage, sebagaimana yang bisa dilakukan Bitmoji.

9. Alat editing foto dan video yang baru

Apple juga menambahkan alat editing foto video. Untuk editor foto di iOS 13, antarmuka aplikasi foto juga akan berubah. Pengguna bisa menyunting tingkat kecerahan, sorotan, bayangan, kontras, saturasi, white balance, ketajaman, vignette, dan noise dalam foto. Sedangkan untuk editor video, pengguna bisa melakukan rotasi video langsung dari perangkat.

10. Find My

Apple memutuskan untuk menggabungkan aplikasi “Find My Friends” dan “Find My” iPhone ke dalam satu aplikasi terpadu bernama “Find My”. Dengan demikian, pengguna hanya butuh satu aplikasi untuk melacak teman atau perangkat yang hilang.

11. Media Eksternal

Seperti pada platform Android, iOS 13 juga bisa menggunakan kartu SD dan USB flash untuk mengambil file dari untuk diimpor ke aplikasi Files.

iOS 13 disiapkan akan tersedia mulai dari iPhone 6S atau perangkat iPhone yang lebih baru.

0 comments