NOW READING

Ini Dia Perlengkapan Andalan Seorang Food Blogger

 4079
+
 4079

Ini Dia Perlengkapan Andalan Seorang Food Blogger

by The Daily Oktagon

Kegiatan nge-blog, menurut Wikipedia, mulai dipopulerkan pertama kali oleh layanan Blogger.com; hingga kemudian kita diperkenalkan pada berbagai aplikasi nge-blog untuk berbagi konten lewat internet.

Perkembangan dunia narablog sendiri bisa dikatakan berbanding lurus dengan pertumbuhan internet yang kian pesat dan ramai digunakan. Kini kita bisa dengan mudah menemukan berbagai blog menarik yang dikemas berdasarkan topik dan digarap oleh perorangan maupun kelompok.

Topik yang diulas pun bermacam-macam. Mulai dari catatan harian sampai kampanye politik. Di Indonesia sendiri, narablog sudah jadi fenomena khusus sekitar satu dekade terakhir, dan hingga kini terus memunculkan banyak blogger baru yang tak kalah hebat mencuri perhatian.

FOODBLOGGER

Dari berbagai figur yang berkecimpung di dunia blogging, Fellexandro Ruby jadi salah satu narablog yang fokus mengulas topik food; titel blog-nya wanderbites.com.

Kali ini, pada The Daily Oktagon, blogger yang dikenal dengan nama panggilan Ruby ini berbagi tentang perangkat yang biasanya ia butuhkan untuk menunjang kegiatan food blogging-nya.

1. Lensa 100 mm f/2.8 Macro dan Canon 5DMarkIII
Lensa ini digunakan oleh Ruby untuk menghasilkan foto yang sangat tajam. Lensa ini dipasangkan pada kamera Canon 5DMarkIII miliknya. Kelebihan lensa Macro terletak pada kemampuannya “menangkap” subjek yang kecil dan bisa fokus dari jarak yang sangat dekat. Oleh sebab itu, lensa ini dapat memberikan detail yang sempurna pada makanan yang hendak dipotret.

Regular_Image_-_Lensa_100_mm_f28_Macro

2. iPhone 5s dan Fujifilm XE-2
Jika pasangan lensa di atas digunakan untuk food fotography yang lebih profesional, Ruby menggunakan dua perangkat ini, iPhone 5s dan Fujifilm XE-2 untuk aktivitas food blogging biasa, yang lebih menekankan pada ulasan maupun cerita seputar makanan.

Regular_Image_-_Fujifilm_XE-2

iPhone 5s merupakan gadget yang selalu ia bawa-bawa, sehingga ia cukup mengeluarkannya dari saku ketika ingin memotret makanan yang ada di depan mata. Sementara Fujifilm XE-2 dipilih karena, sebagai kamera mirrorless yang kecil dan berbobot ringan, lebih mudah dibawa-bawa ketimbang DSLR macam Canon 5D.

3. Adobe Photoshop Lightroom

Regular_Image_-_Adobe_Lightroom

Bukan hal yang aneh jika sebelum di-publish foto perlu mendapatkan olah digital alias diedi. Salah satu perangkat lunak penyuntingan foto yang digunakan oleh Ruby adalah Adobe Photoshop Lightroom. Perangkat lunak ini memiliki berbagai tools yang ia perlukan untuk me-retouch foto. Banyaknya preset-preset warna yang ditawarkan juga membuatnya bisa bermain dengan banyak efek warn yang variatif. Lightroom sendiri sudah tidak asing di kalangan fotografer yang ingin membuat karya fotonya jadi lebih menarik lagi.

0 comments