NOW READING

Ini Dia Perbedaan Smartphone Kembar Huawei Mate 10

 1547
+
 1547

Ini Dia Perbedaan Smartphone Kembar Huawei Mate 10

by The Daily Oktagon
  • Huawei baru saja meluncurkan smartphone terbarunya Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro
  • Kedua smartphone ini mengunggulkan dual kamera dengan lensa Leica
  • Apa saja perbedaan antara Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro?

Huawei rilis dua smartphone terbaru seri Mate, yakni Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. Keduanya smartphone kembar ini menjadi smartphone flagship dengan fitur kamera yang mumpuni. Tapi ada bedanya antara keduanya?

Huawei baru saja merilis dua smartphone terbaru seri Mate, yakni Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. Keduanya menjadi smartphone flagship terbaru yang memiliki fitur mumpuni. Salah satu keunggulan dari kedua smartphone ini adalah fitur dual kamera yang menggunakan lensa dari produsen lensa ternama, Leica.

Namun tentu ada perbedaan diantara Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro. Apa saja ?

Kamera

Dari sisi kamera keduanya sama-sama menggunakan sistem kamera ganda yang pernah digunakan pada Huawei P9. Yaitu di bagian belakang bodinya terdapat lensa Leica 12 Megapiksel untuk sensor warna dan 20 Megapiksel sensor hitam dan putih. Kamera ganda pada smartphone ini menawarkan aperture f / 1.6 super bright, yang akan memberi lebih banyak cahaya jika dibandingkan pendahulnya Huawei P9 yang menggunakan aperture f / 2.2.

Yang terbaru dari kamera di kedua smartphone ini adalah AI (Artificial Intelligence). Fitur ini manjadi ciri khas dari seri Mate 10 dan Mate Pro, yakni kemampuan pengenalan citra (image recognition) yang mampu membedakan antara orang, bunga, atau benda lainnya dalam kondisi cahaya, atau cuaca yang berbeda. Kamera di kedua smartpone ini juga memiliki kemampuan 2x digital zoom, perekaman video hingga kualitas 4K.

8 Smartphone Baru Ini Dibekali Kecerdasan Buatan

Sedangkan untuk kamera depannya atau selfie camera, Baik Huawei Mate 10 maupun Mate 10 Pro sama-sama meggunakan sensor kamera beresolusi 8 Megapiksel.

Layar

Perbedaan yang cukup mendasar dari Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro adalah dari layar yang dimilikinya. Jika pada Huawei Mate 10 masih menggunakan panel IPS LCD, di Huawei Mate 10 Pro sudah menggunakan panel AMOLED yang terbilang lebih baik. Panel AMOLED memiliki kecerahan layar dan saturasi yang lebih baik dibandingkan layar jenis IPS.

Sayangnya, Mate 10 Pro memiliki resolusi warna yang lebih rendah dibandingkan Mate 10 yang sudah berresolusi QHD (1,440 x 2,560 piksel). Hasilnya Mate 10 memberikan tampilan yang lebih tajam dibandingkan Mate 10 Pro. `

Kedua smartphone ini memiliki layar berdesain full view, artinya layar sangat luas dengan aspek rasio 16: 9. Namun keduanya punya luas yang berbeda, Mate 10 memiliki 0,1 inci lebih luas dan kepadatan pixel hingga 499ppi, dibandingkan Mate 10 Pro yang hanya 402ppi. Layar kedua smartphone ini sama-sama sudah mendukung tampilan HDR10 untuk pengalaman menonton dengan tampilan yang lebih tajam.

Baik Huawei Mate 10 maupun Mate 10 Pro sama-sama memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Namun Mate 10 Pro masih lebih baik dengan mengantongi sertifikasi IP67, yang membuatnya mampu bertahan hingga selama 30 menit di kedalaman 1 meter.

Huawei P9, Smartphone Premium yang Cantik Luar-Dalam

Performa

Untuk performanya, kedua smartphone ini sama-sama sudah menggunakan prosesor terbaik di kelasnya. Menggunakan prosesor Kirin 970 baru yang dibangun dengan proses 10nm, membuat kedua smatpohne ini mampu beroperasi lebih efisien dan ringan. Apalagi sudah dilengkapi pula dengan prosesor grafis Mali-G72 MP12 untuk memberi dukungan pada layar berresolusi tinggi.

Huawei Mate 10 Pro tersedia dalam varian RAM dan kapasitas memori internal yang lebih baik, yakni RAM 4 GB dan memori internal 64GB serta RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Sedangkan Huawei Mate 10 hanya memiliki satu varian, yaitu RAM 4GB dan memori internal 64 GB. Namun begitu kedua smartphone ini sama-sama sudah memiliki slot memori kartu microSD.

Untuk daya tahan baterai, keduanya sama-sama dibekali kapasitas baterai besar, yaitu 4.000 mAh. Tidak hanya itu, di dalamnya juga sudah menyediakan teknologi TÜV Safety Certified Huawei SuperCharge , yakni fitur pengisian daya cepat yang hanya butuh 20 menit untuk pengisian baterai yang bisa digunakan sepanjang hari.

0 comments