NOW READING

Ini Dia, Kamera dengan Viewfinder Terbaik

 3346
+
 3346

Ini Dia, Kamera dengan Viewfinder Terbaik

by The Daily Oktagon

Aspek terpenting pada kamera tentu saja kualitas gambar. Namun, seringkali faktor pendukung lain juga harus dipertimbangkan. Misalnya, apakah kamera yang Anda incar tersebut mempunyai viewfinder atau tidak?

Keberadaan viewfinder pada suatu kamera akan memberikan sejumlah keuntungan. Pertama, genggaman Anda bisa lebih stabil ketimbang mengatur komposisi menggunakan layar LCD. Kedua, viewfinder hampir tidak terpengaruh sinar matahari yang menyilaukan.

Belakangan, mayoritas kamera kelas atas menawarkan viewfinder. Apakah semua viewfinder ini sama? Tidak juga. Maka dari itu, artikel ini mengajak Anda membandingkan empat kamera. Ini dia, empat kamera dengan viewfinder terbaik.

Fujifilm X-T1

Di atas kertas, Fujifilm X-T1 mengemas electronic viewfinder (EVF) berteknologi OLED, dengan resolusi 2,36 juta dot yang sangat tajam. Namun, saat Anda mendekatkan mata ke EVF tersebut, barulah Anda akan dibuat terpesona.

fuji-xt1-04

EVF milik X-T1 ini mempunyai rasio magnification terbesar di kelasnya, 0,77x dibanding EVF milik kamera lain yang biasanya berkisar di angka 0,65x. Alhasil, gambar yang Anda lihat pun tampak sangat lapang, dengan sudut pandang 31 derajat.

fuji-xt1-03

 

Lebih lanjut, EVF ini juga bisa berganti-ganti orientasinya antara landscape atau portrait. Jadi, ketika Anda mengambil gambar dalam posisi vertikal, berbagai informasi yang ditampilkan pada EVF juga akan berputar orientasinya sehingga lebih mudah dibaca. Bagian terbaiknya, semua ini berjalan secara otomatis. Untuk harga, kamera ini dijual seharga US$ 1.899 atau Rp 26 juta (dengan XF-18-135mm WR Lens via Amazon)

Fujifilm X100T

Masih dari merek yang sama, Fujifilm, viewfinder X100T terbilang unik karena mengadopsi sistem hybrid yang artinya melibatkan baik optical viewfinder maupun electronic viewfinder. Anda bebas menggunakan OVF atau EVF hanya dengan memutar sebuah tuas di bagian atas lensa.

fuji-x100t-03

 

Jadi, ketika Anda hendak berkonsentrasi dalam mode fokus manual, gunakan OVF. Ketika Anda hendak mengambil gambar landscape dengan ketepatan exposure begitu krusial, gunakan EVF-nya yang beresolusi 2,36 juta dot.

fuji-x100t-02

Atau Anda juga bisa menggunakan keduanya secara bersamaan. Dalam mode ini, Anda akan melihat melalui OVF, lalu di pojok kanan bawl, muncul EVF dalam ukuran kecil sehingga Anda bisa memeriksa ketepatan exposureselagi mengatur fokus secara manual.  Harganya dibanderol mulai dari US$ 1.298,95 atau Rp 18,2 juta.

Panasonic Lumix GX8

Panasonic Lumix GX8 adalah satu-satunya kamera yang mengemas EVF yang dapat dimiringkan, sama seperti layar LCD-nya. EVF ini pun turut mengemas panel OLED dengan resolusi 2,36 juta dot sehingga gambar yang Anda lihat tampak setajam mungkin.

lumix-gx8-03

Apa guna tiltable EVF ini? Salah satunya adalah ketika Anda hendak memotret menghadap ke atas. Meski kamera beserta lensanya tengah mendongak, Anda tetap bisa melihat ke depan berkat EVF-nya yang bisa dimiringkan. Dengan kata lain, Anda mendapatkan manfaat sebuah viewfinder sekaligus tiltable LCD. Untuk harga, kamera Lumix seri ini dijual US$ 1.199 atau Rp 16,8 juta  (body only).

lumix-gx8-01

Sony RX100 IV

Sangat berbeda dari ketiga kamera di atas, Sony RX100 IV menyimpan sebuah pop-up EVF. Artinya, saat sedang tidak digunakan, EVF ini tidak akan menampakkan dirinya sama sekali, sama seperti cara kerja pop-up flash.

sony-rx100-iv-03

Lewat sebuah tuas di sisi kiri kamera, Anda bisa memunculkan EVF OLED beresolusi 2,36 juta dot ini. Rasio magnification-nya mungkin kecil di angka 0,59x, akan tetapi di mana lagi Anda bisa menemukan sebuah viewfinder dalam kamera saku seperti ini? Lebih baik ada daripada tidak sama sekali, bukan?

Hal lain yang cukup menarik, Anda juga bisa mengaktifkan kamera ini secara otomatis hanya dengan memunculkan EVF-nya. Sebaliknya, saat EVF tersebut dibenamkan kembali, kamera pun akan mati secara otomatis.  Harga Sony RX100 IV adalah US$ 948 (Rp 13,3 juta).

sony-rx100-iv-02

Menarik bukan membahas kamera dari sisi viewfinder? Kenyamanan menggunakan kamera tentunya bisa dilihat secara menyeluruh, viewfinder bisa jadi adalah bagian penting untuk beberapa fotografer. Sebabnya, dari sinilah jendela melihat objek itu terjadi.

Wajib baca artikel berikut, Tiga Kamera Unggulan Ini Bisa Rekam Video 4K

0 comments