NOW READING

Ini Daftar Smartphone Nokia yang Rilis Sepanjang 2017

 908
+
 908

Ini Daftar Smartphone Nokia yang Rilis Sepanjang 2017

by The Daily Oktagon
  • HMD Global menjadikan tahun 2017 sebagai waktu untuk bangkitnya brand ­Nokia di industri ponsel
  • Berawal dari Nokia 6, satu per satu smartphone Android Nokia mulai bermunculan guna mengembalikan nama besarnya
  • Sepanjang tahun 2017 ini, Nokia telah merilis enam model smartphone yang mengisi segmen entry-level hingga flagship

Nama Nokia perlahan tenggelam bersamaan dengan begitu digemarinya smartphone berbasis iOS maupun Android. Gagalnya penjualan ponsel Nokia dengan sistem operasi Windows Phone pun membuat namanya semakin dilupakan. Setelah beberapa kali mengalami nasib yang tidak jelas dan berganti kepemilikan, akhirnya kini HMD Global selaku pemegang brand perlahan membuat Nokia bangkit kembali.

Foto: Nokia

Tahun 2017 menjadi awal kebangkitan Nokia di industri ponsel. Tak main-main, HMD Global bahkan telah meluncurkan enam model smartphone Android sekaligus sepanjang tahun ini. Keenam smartphone tersebut bahkan mengisi setiap segmen yang ada, mulai dari entry-level hingga flagship. Berikut ini daftar dan harga smartphone Nokia yang telah dirilis ke pasaran sepanjang tahun 2017.

Nokia 2

Smartphone ini adalah yang termurah dibandingkan ponsel Android Nokia lainnya yang ada saat ini. Diperkenalkan pada Oktober 2017, Nokia 2 membawa layar 5 inci beresolusi HD yang dilindungi kaca Gorilla Glass 3. Ponsel entry-level ini ditunjang prosesor quad core dan baterai berkapasitas 4.100 mAh.

Baca juga : Smartwatch Nokia Limited Edition Resmi Dijual, Berapa Harganya?

Nokia 2 dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 1,3 jutaan. Nokia 2 memang tak dibekali spesifikasi tinggi, karena ia ditujukan untuk para pengguna baru atau mereka yang menginginkan ponsel murah dengan baterai besar.

Nokia 3

Pada Februari 2017, Nokia 3 dihadirkan dengan membawa spesifikasi kelas menengah. Smartphone ini memiliki frame bermaterial metal namun bodi pastik. Layarnya memiliki luas 5 inci dengan resolusi HD dan dilindungi kaca Gorilla Glass.

Foto: Nokia

Smartphone yang menjalankan sistem operasi Android Nougat ini dilengkapi dengan prosesor quad core serta dua kamera beresolusi 8 MP di bagian depan dan belakang. Ponsel ini telah resmi hadir untuk pasar Indonesia dengan harga Rp 1,8 jutaan.

Nokia 5

Bersamaan dengan Nokia 3, HMD Global juga merilis Nokia 5 pada Februari 2017 lalu. Nokia 5 membawa spesifikasi kelas menengah yang lebih bisa diandalkan dan fitur lebih lengkap dibanding Nokia 3. Ponsel ini memiliki tampilan yang mirip Nokia 6, dengan sensor sidik jari di bagian depan. Smartphone dengan bodi berbalut logam ini ditunjang layar 5,2 inci beresolusi HD yang dilindungi Gorilla Glass.

Di bagian dalam, terdapat prosesor Snapdragon 430 octa core 1,4 GHz. Untuk fotografi, Nokia 5 mengandalkan kamera utama 13 MP dan sekunder 8 MP. Nokia 5 dihargai­­ sebesar Rp 2,9 juta.

Nokia 6

Smartphone pertama yang menandai kembalinya brand Nokia di industri ponsel ini diperkenalkan pada Januari 2017. Smartphone ini mengandalkan bodi dan frame kokoh berbalut aluminum. Layarnya punya ukuran 5,5 inci beresolusi Full HD yang tahan goresan berkat kaca Gorilla Glass 3. Ponsel ini dihadirkan dalam dua varian, yakni versi RAM 3 GB/ROM 32 GB dan RAM 4 GB/ROM 64. Namun, versi terendahnya lah yang hadir di Indonesia.

Baca juga : Nokia 6 Mulai Dijual di Indonesia, Harganya?

Selain itu, Nokia 6 membawa kamera yang cukup tangguh, 16 MP di belakang dan 8 MP untuk selfie. Smartphone ini juga dilengkapi audio mumpuni Dolby Atmos dan sensor sidik jari di depan. Nokia 6 bergaransi resmi di Indonesia ditawarkan seharga Rp 3,3 juta.

Nokia 7

HMD Global menempatkan Nokia 7 untuk bertarung di segmen kelas menengah ke atas. Smartphone ini dibekali spesifikasi yang terbilang tangguh. Ponsel dengan layar 5,2 inci Full HD ini ditunjang prosesor tangguh Snapdragon 630 octa core 2,2 GHz, yang dipadukan RAM 6 GB dan internal memory 64 GB. Kamera utamanya bisa diandalkan, berkat sensor besutan Carl Zeiss yang punya resolusi 16 MP dengan PDAFSmartphone yang dirilis pada Oktober 2017 ini dibanderol seharga sekitar Rp 5 jutaan.

Nokia 8

Karena merupakan smartphone flagship, Nokia 8 ditunjang dengan spesifikasi kelas atas dan fitur lengkap. Smartphone yang diluncurkan pada Oktober 2017 ini membawa layar 5,3 inci beresolusi Quad HD yang dilindungi Gorilla Glass 5. Untuk dapur pacunya, Nokia 8 dipersenjatai prosesor Snapdragon 835, yang dipadukan RAM 4/6 GB dan penyimpanan 64/128 GB.

Foto: Nokia

Nokia 8 merupakan smartphone pertama Nokia yang dibekali dengan fitur kamera ganda. Dibelakang, terdapat dua kamera Carl Zeiss berkonfigurasi 13 MP + 13 MP (PDAF, laser autofocus, OIS). Kamera depannya tak kalah bagus, yakni beresolusi 13 MP dengan bukaan lensa f/2.0 dan fitur PDAF. Dengan kamera tersebut, Nokia 8 sangat bisa diandalkan untuk kegiatan memotret. Soal harga, Nokia 8 dibanderol Rp 8 jutaan.

Keenam smartphone di atas hanya sebagai awalan bagi Nokia untuk kembali memasuki industri ponsel. Tahun depan, vendor asal Finlandia ini bakal lebih gencar lagi dalam merilis smartphone terbarunya. Nama besar Nokia tentu tak bisa begitu saja dilupakan oleh para penggemar setianya. Hal inilah yang kemungkinan besar membuat brand ini dapat bangkit kembali dan meraih pangsa pasar yang lebih besar pada 2018 mendatang.

Baca juga : Ini Dia Smartphone Nokia Android Paling Murah

0 comments