NOW READING

Ini Channel Video 360 Derajat di YouTube untuk Menemani Libur Akhir Tahun

 3275
+
 3275

Ini Channel Video 360 Derajat di YouTube untuk Menemani Libur Akhir Tahun

by The Daily Oktagon

Liburan akhir tahun identik dengan ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Menyenangkan memang. Namun, ada kalanya hal tersebut tidak bisa Anda lakukan karena kehabisan tiket pesawat atau mungkin harga tiket yang sudah terlampau tinggi. Nah, ada cara lain agar Anda tetap bisa menikmati penghujung tahun dengan hanya mengakses laptop atau mobile device.

Caranya, Anda cukup mengakses konten YouTube, yakni video yang dibuat oleh para penggunanya. Berbagai jenis video dapat Anda temukan di situs ini, mulai dari tips dan trik, vlog atau video blog, video kucing, cuplikan film, dan sebagainya. Biasanya, video-video tersebut hadir dalam format 2D yang konvensional, atau bahkan terkadang 3D.

Sejak awal tahun 2015, tepatnya 13 Maret, YouTube membuka format video baru, yaitu video 360 derajat. Bagi Alphabet, induk perusahaan YouTube, metode melihat gambar secara membulat ini sudah tersedia pada Google Street View sejak bertahun-tahun lalu. Bedanya, jika Street View menampilkan gambar statis atau foto, video 360 derajat menampilkan gambar bergerak.

shutterstock_311859698

Tetap saja, ini merupakan konsep baru yang menarik. Sehingga tidak butuh waktu lama sebelum YouTube mulai dibanjiri video-video 360. Apalagi, kamera maupun aksesori yang dibutuhkan untuk membuat video semacam ini kian murah dan mudah didapatkan.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa channel yang didedikasikan untuk video 360 derajat. Populasinya memang masih belum banyak, karena rata-rata video 360 terselip dalam berbagai channel yang menampilkan video reguler. Karena alasan itu, The Daily Oktagon juga telah mengumpulkan 10 video 360 paling populer di YouTube. Langsung saja simak, ini channel video 360 Derajat di YouTube untuk Menemani libur akhir tahun.

Bagi Anda yang ingin mencoba foto 360, wajib baca artikel ini, Berkreasi Ciptakan Video 360 Derajat dengan Ricoh Theta S

Channel 360 Derajat

1. #360Video

Ini merupakan channel resmi dari YouTube. Namun, video yang ditampilkan bukan buatan mereka, melainkan kurasi dari berbagai video 360 derajat yang diunggah para penggunanya. Channel ini adalah tempat yang sempurna untuk mencari video 360 terbaru atau terpopuler. #360Video juga membuat playlist berisi video 360 dengan kategori tertentu. Satu playlist yang kami rekomendasikan adalah The Animal Point of View.

2. KODAK PIXPRO SP360

Seperti kita ketahui, Kodak memiliki action camera 360 derajat bernama Pixpro SP360. Nah, channel ini berisi video yang dibuat menggunakan perangkat tersebut. Tidak hanya berisi video 360 aktivitas olahraga ekstrim, terkadang ada juga video berisi aktivitas sehari-hari maupun pemandangan.

3. DimensionGate Inc

Channel ini bukan buat Anda yang berjantung lemah. Sebabnya, DimensionGate memiliki koleksi video 360 dengan cerita horor. Agar efek horornya lebih terasa, channel ini menyarankan agar anda menontonnya menggunakan Oculus Rift atau perangkat sejenis.

4. 베레스트(Verest) 360 VR

Jika Anda penggemar K-Pop, Anda wajib berlangganan channel ini. Video yang ditampilkan cukup beragam. Ada video di belakang layar yang memperlihatkan bagaimana sebuah grup K-Pop latihan, fitness, hingga video bergaya reality show yang terdiri dari beberapa episode.

5. 360Heros

Ini merupakan channel resmi produsen 360Heros, aksesori yang dapat menggabungkan beberapa action camera GoPro sehingga dapat menghasilkan video 360 derajat. Selain menampilkanvideo 360 yang dibuat menggunakan aksesori tersebut, channel ini juga rutin mengunggah video tutorial berisi tip dan trik membuat video 360, khususnya menggunakan aksesori 360Heros.

Video 360 Derajat Paling Populer di YouTube

1. Avicii – Waiting For Love (Jump VR Video)


Tim Bergling, yang lebih dikenal dengan nama panggung Avicii, tidak mau ketinggalan dalam demam video 360. Dia merilis salah satu video terbarunya, yang disutradarai oleh Kurt Hugo Schneider, berjudul Waiting For Love dalam format tersebut.

2. Get Barreled in Tahiti with Samsung Gear VR, C.J. Hobgood

Video ini bercerita tentang perjalanan beberapa peselancar mencari tube riding, yaitu berselancar di dalam lengkungan ombak yang berbentuk tabung di Tahiti. Di akhir video, Anda bisa melihat bagaimana salah satu di antara mereka tampak begitu bahagia usai menemukannya.

3. Total Solar Eclipse in Svalbard, 2015 (360 Panorama)


Biasanya, video tentang gerhana matahari menampilkan bagaimana siluet bulan, perlahan demi perlahan menutupi matahari. Video yang satu ini berbeda. Karena direkam dengan kamera 360, Anda dapat melihat bagaimana situasi di sekitar lokasi terjadinya gerhana berubah sebelum, saat, dan sesudah terjadi gerhana. Video ini direkam di Svalbard, Norwegia, salah satu tempat dengan pemandangan terindah di dunia.

4. Tomorrowland 2014 | 360 Degrees of Madness

Tomorrowland adalah salah satu festival Electronic Dance Music atau EDM terbesar di dunia. Biasanya, video yang paling ditunggu-tunggu dari acara ini adalah seri aftermovie yang kemeriahan acara dari awal hingga akhir. Sejak tahun ini, penggemar bisa menikmati keseruan acara dalam format video 360. Meski video berisi acara tahun sebelumnya, namun video ini baru diunggah pada 12 April 2015, sehari sebelum YouTube mengumumkan ketersediaan format video 360 pada situs mereka.

5. Experience the Blue Angels in 360-degree video

Siapa yang tidak kenal dengan Blue Angles, satuan akrobatik udara yang berasal dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Video ini menampilkan rutinitas mereka saat latihan, Anda bisa kekompakan pilot-pilot yang tergabung dalam satuan ini ketika bermanuver.

6. Wingsuit 360° Experience


Salah satu olah raga ekstrim yang cukup terkenal adalah terbang menggunakan wingsuit, baju dengan sirip ala Tupai Terbang. Biasanya, olah raga ini direkam dengan action camera biasa. Ketika direkam dengan kamera 360, olah raga ini kelihatan jauh lebih menegangkan.

7. MythBusters: Shark Shipwreck (360 Video)

Merayakan Shark Week 2015 yang jatuh pada 5 Juli, Discovery Channel menunggah video yang dinarasi oleh Adam Savage, salah satu pemandu acara serial Mythbusters. Ini merupakan video di belakang layar saat tim Mythbusters mencoba membongkar mitos apakah benar ikan hiu takut dengan suara Orca, atau Paus Pembunuh.

8. Björk : stonemilker (360 degree virtual reality)

Musikus ikonis asal Islandia, Björk, merilis video klip pertamanya dalam format 360 derajat. Lagu berjudul Stonemilker ini diambil dari album Vulnicura, yang rilis sejak 16 Maret 2015. Proses syuting dilakukan di sebuah pantai di Islandia, tempat Björk menulis lagunya.

9. 360 Camera In Places You’ve Never Seen

Casey Neistat merupakan sutradara yang lebih dikenal sebagai videografer YouTube. Sejak setahun belakangan, ia rutin mem-posting satu vlog tiap hari pada akun YouTube-nya.Dalam video ini, Casey mengajak Anda jalan-jalan di kota New York, tempat di mana ia tinggal dan bekerja. Tidak hanya ke tempat-tempat yang khas di kota tersebut, Casey juga membawa kamera 360-nya ke tempat yang aneh, termasuk toilet sebuah restoran.

10. SCHOOL OF ROCK: The Musical – “You’re in the Band” (360 Video)

Ini adalah channel milik pertunjukan musikal School of Rock. Bisa ditebak, pertunjukan tersebut adalah adaptasi dari film berjudul sama yang dibintangi oleh Jack Black. Sebagai bagian promosi, channel ini mengunggah video klip 360 derajat berjudul You’re in the Band. Video ini direkam dalam satu kali take, sehingga Anda bisa melihat betapa terlatihnya para bintang pertunjukan School of Rock yang sebagian besar adalah anak-anak.

Nah, kini saatnya Anda mempelajari tipsnya. Baca ulasan menarik berikut, Ingin Mencoba Foto Unik? Cobalah Teknik 360 Photography

0 comments