NOW READING

Ini Cara Asik Menikmati Apple Music

 2749
+
 2749

Ini Cara Asik Menikmati Apple Music

by The Daily Oktagon

Mulai 30 Juni 2015, Apple Music resmi beroperasi. Guna menggaet minat konsumen, Apple menggratiskan layanan streaming tersebut selama tiga bulan pertama. Untuk sementara, Apple Music baru bisa dinikmati oleh pengguna perangkat iOS dengan versi 8.4, serta pengguna Mac dan komputer non Mac lewat toko aplikasi iTunes versi teranyar. Versi Android akan menyusul, namun belum terungkap kapan pastinya.

Buat yang belum sempat mencoba, berikut panduan sederhana mengenai Apple Music, mulai dari cara mendaftar sampai menikmati fitur yang tersedia.

Mendaftar Apple Music

Untuk menikmati Apple Music, Anda bisa langsung membuka aplikasi Music di perangkat iOS atau iTunes di Mac dan komputer. Anda akan diminta memilih jenis subscription antara Individual atau Family yang bisa digunakan oleh enam akun sekaligus. Sampai akhir September mendatang, Anda tidak akan dipungut biaya berlangganan.

4

Jika masih ragu untuk melanjutkan subscription setelah masa free trial-nya usai, Anda bisa membatalkannya langsung dengan mengakses akun Apple ID. Di laman pengaturan akun, Anda akan menjumpai menu Subscription. Masuk ke menu tersebut, lalu batalkan subscription Apple Music. Selanjutnya, Anda tetap bisa menggunakan selama masa free trial ini.

Menggunakan Apple Music

Selesai mendaftar, Apple Music akan meminta Anda memilih sejumlah genre maupun musisi yang disukai. Pilihan ini akan menentukan kurasi playlist yang nantinya diberikan. Anda tidak perlu khawatir salah memilih, karena terdapat opsi pengaturan awal yang dapat diakses kapan saja.

iPhone6-3Up-AppleMusic-Features-PR-PRINT

Selanjutnya, Apple Music akan menampilkan sejumlah playlist di tab For You berdasarkan genre dan musisi favorit yang sudah dipilih. Sejauh ini, kurasi playlist yang diberikan cukup baik, karena pilihan lagunya sangat sesuai dengan deskripsi playlist yang dicantumkan.

Lanjut ke tab New, Apple Music akan menampilkan sederet lagu baru yang tengah banyak didengarkan pengguna. Di sini Anda juga bisa mengintip playlist berdasarkan genre, aktivitas, maupun racikan merek ternama seperti Shazam, Rolling Stone, atau Q Magazine.

Beats 1 Radio dan Connect

Apple Music juga mengemas layanan radio Internet yang disiarkan secara live selama 24 jam nonstop bernama Beats 1. Selain itu, Anda juga bisa mengakses berbagai stasiun radio berdasarkan genre, musisi maupun lagu tertentu.

Di tab berikutnya, yaitu Connect, Anda bisa melihat update terkini dari berbagai musisi favorit yang dipilih di pengaturan awal. Di sini, musisi akan mengunggah beragam konten, mulai dari foto, potongan lirik lagu baru, sampai video behind the scene dari kegiatan rekaman mereka. Anda juga bebas membubuhkan tanda Like, menulis komentar, sekaligus membagikan ke jejaring sosial.

Memaksimalkan Fitur Apple Music

Selain menikmati playlist hasil kurasi tadi, Anda tentunya juga bisa melakukan pencarian di Apple Music. Berdasarkan keyword yang dimasukkan, Apple Music akan menampilkan sederet musisi, lagu, sampai album yang relevan. Anda pun tetap bisa melakukan pencarian atas lagu yang tersimpan di library.

9

Di perangkat iOS, Anda juga bisa melakukan pencarian yang lebih spesifik melalui bantuan Siri. Salah satu contohnya, bisa meminta Siri untuk menampilkan deretan lagu rock paling top di era 1970-an. Contoh lain, Siri juga dapat diminta untuk menampilkan album soundtrack dari film teranyar.

Anda bisa membubuhkan Like pada setiap lagu yang ada di Apple Music, sehingga kurasi di tab For You tadi bisa lebih dioptimalkan seiring penggunaan. Anda pun bisa mem-follow musisi baru yang akan mempengaruhi isi konten di tab Connect.

Fitur menarik lain, yaitu Anda bisa menjadikan lagu tertentu sebagai alarm di perangkat iOS. Untuk melakukannya, pastikan dulu lagu yang diinginkan sudah ditambahkan ke My Music dengan menekan tanda “+” di album atau lagu tertentu.

Menyimpan Lagu Secara offline

Apple Music juga menawarkan opsi menyimpan lagu atau album secara offline. Syaratnya hanya satu, yakni iCloud Music Library harus aktif di laman pengaturan. Selain fitur offline, iCloud Music Library juga akan mensinkronkan lagu favorit Anda di setiap perangkat. Playlist yang disusun di Phone pun akan muncul di Mac atau komputer.

8

Hal menarik adalah, gambar apapun bisa ditambahkan di playlist. Warna latar di Apple Music juga akan menyesuaikan warna dominan dari gambar playlist yang Anda pilih tersebut.

Semoga tips yang disebutkan bisa memberikan pengalaman asik saat menikmati Apple Music. Jangan sia-siakan masa free trial ini, dan pastikan Anda bisa memaksimalkan semua fitur yang tersedia.

0 comments