NOW READING

Ini Alasan Mengapa iPhone 8 Dibanderol dengan Harga Selangit

 860
+
 860

Ini Alasan Mengapa iPhone 8 Dibanderol dengan Harga Selangit

by The Daily Oktagon
  • Apple memperkenalkan produk iPhone terbaru mereka pada 12 September 2017.
  • iPhone 8 dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp13,2 juta.
  • Berikut alasan di balik mahalnya harga iPhone 8 tersebut.

Apple merilis produk iPhone terbarunya pada 12 September 2017. Smartphone tersebut dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar $999 atau setara dengan Rp13,2 juta.

Harga tersebut terbilang sedikit lebih mahal dari produk keluaran terbaru Samsung, yaitu Galaxy Note 8 yang dihargai $929.99, atau Rp12,2 juta. Dilansir dari techcrunch.com, terdapat alasan yang cukup logis mengapa iPhone 8 yang akan segera diperkenalkan itu mendapatkan label harga yang tinggi. Pada produk terbarunya ini, Apple menggunakan organic light-emitting diode (OLED) display dibandingkan dengan LCD (liquid crystal display), seperti yang digunakan pada generasi iPhone sebelumnya.

Baca juga: Jajaran iPhone Series Akan Lengkap dengan Kehadiran iPhone SE 2.

 

Foto: Shutterstock.com

Mengambil data dari KGI Securities, Samsung kabarnya menjadi pemasok tunggal teknologi OLED display. Produsen ponsel asal Korea Selatan ini meminta Apple untuk membayar mahal jika ingin menggunakan teknologi tersebut pada produk terbaru mereka.

Samsung disebut meminta harga mencapai $120-130 per unit, atau sekitar Rp1,5-1,7 juta dari Apple. Meskipun permintaan tersebut terbilang cukup tinggi, perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Tim Cook itu mau tak mau menyetujui tawaran yang diajukan oleh rival terberatnya tersebut.

Apple dikabarkan hanya ingin dan harus menggunakan teknologi OLED display pada iPhone 8. Hal itu tak terlepas dari penggunaan full display yang mereka usung dengan menghilangkan Touch ID atau tombol berbentuk bulat pada bagian depan body. Selain itu, penggunaan OLED display akan sangat membantu kinerja baterai smartphone karena hemat energi.

 

Foto: Shutterstock.com

Salah satu keuntungan menggunakan OLED display adalah para pengguna bisa menikmati hasil gambar yang lebih baik dibandingkan dengan LCD. Hasil foto bisa terlihat sangat detail, warna yang akurat, dan pencahayaan yang sangat memanjakan mata ketika digunakaan di tempat yang minim cahaya, seperti di ruangan yang gelap, seperti dilansir dari nytimes.com.

Baca mengenai iPhone 8 Event di sini.

Sebenarnya, Apple bisa saja tak harus membayar Samsung jika ingin menggunakan teknologi OLED display. Mereka bisa bekerja sama dengan pihak LG yang juga tengah mengembangkan teknologi serupa. Namun, kabarnya teknologi tersebut baru siap di tahun 2019 mendatang. Belum lagi OLED display yang saat ini dimiliki oleh LG masih terbilang jauh kualitasnya dari milik Samsung.

0 comments