NOW READING

Hunting Foto Jadi Lebih Menarik di Bulan Ramadhan

 3965
+
 3965

Hunting Foto Jadi Lebih Menarik di Bulan Ramadhan

by The Daily Oktagon

Meski seharian menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh, puasa tak lantas jadi alasan untuk bermalas-malasan. Di luar aktivitas rutin sehari-hari, ada banyak kegiatan yang bisa jadi pengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka.

Kegiatan yang cukup seru dilakukan selama puasa atau jelang berbuka, salah satunya adalah memotret.. Pada umumnya hunting foto di bulan puasa relatif sama dengan di hari biasa. Tetapi berhubung ada banyak kegiatan yang hanya ada di bulan Ramadhan, khusus di waktu-waktu tertentu, Anda dituntut untuk bisa memilih momen dan menyesuaikan peralatan yang cocok untuk momen tersebut. Tips-tips ini bisa jadi inspirasi untuk Anda.

scooters-384560_1280

Pemilihan Objek Foto

Seperti yang tadi sudah disinggung, ada beberapa aktivitas yang hanya dilakukan selama 30 hari selama bulan Ramadhan, misalnya pasar bedug, shalat Tarawih, buka puasa bersama, sahur bersama dan ngabuburit.

Aktivitas-aktivitas tersebut bisa menjadi objek foto yang unik dan menarik. Untuk hasil yang lebih oke, Anda bisa menjadikan salah satu objek sebagai foreground dengan latar berupa sunset atau objek lain, seperti gedung, pohon, dinding bangunan dan lain-lain. Tergantung pilihan objek dan apa yang tersedia di lokasi.

Sementara jika objek yang hendak Anda jepret misalnya aktivitas orang saat dalam perjalanan melaksanakan shalat Tarawih, triknya sama, pilihlah objek yang tidak hanya menampakkan orang tapi juga elemen-elemen lain sebagai background. Berhubung shalat Tarawih dilakukan di malam hari, maka jangan lupa mengatur ISO ke level lebih tinggi dari biasa agar hasil fotonya lebih bagus, tapi jangan berlebihan untuk menghindari noise.

Waktu Memotret

Waktu terbaik untuk memotret momen-momen di bulan Ramadhan adalah di sore hari, dimana banyak aktivitas yang berlangsung di waktu tersebut, misalnya aktivitas ngabuburit, pasar bedug atau hal-hal lain yang menarik untuk dipotret.

Untuk melakukannya Anda tidak harus mempersiapkan waktu khusus, bisa saja sambil memotret Anda juga ikut ambil bagian dalam aktivitas tersebut, misalnya sambil membeli takjil yang dijual di pasar bedug atau dengan sengaja mengajak teman untuk ngabuburit sembari bersantai menunggu waktu berbuka.

market-691293_1280

Kapanpun waktu yang Anda pilih, sebaiknya jepret sekarang juga. Sebab, momen yang sama belum tentu akan Anda temui besok, lusa atau minggu depan. Ingat, bulan Ramadhan hanya datang sekali dalam setahun.

Siap Lensa Tele dan Wide

Jika waktu yang Anda pilih adalah di sore hari seperti yang disarankan, gunakanlah lensa tele sebagai tambahan rentang lensa agar mendapat hasil foto yang bervariasi. Atau jika Anda tidak mempunyai lense tele, Anda boleh menggunakan lensa wide yang memang lebih sering dipergunakan oleh fotografer untuk momen seperti ini.

71Ulyf_M9CL._SL1500_

Memotret Menu Berbuka? Mengapa tidak!

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh sejumlah orang, biasanya setelah memotret mereka akan membagikannya ke jejaring sosial. Anda boleh-boleh saja melakukan hal serupa.Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil foto terlihat lebih menggugah selera.

Pertama, hindari flash, alasannya karena makanan mempunyai struktur acak yang disusun di atas piring. Penggunaan flash justru akan menghilangkan bayangan alami dari setiap potongan makanan. Jika Anda ingin mendapatkan kilauan, Anda bisa memberikan olesan tipis minyak zaituan ke permukaan makanan.

Kedua, perhatikan sudut pengambilan foto, jika Anda tidak ingin menampilkan semua detail, maka sudut 45 derajat dari tepian piring akan lebih cocok. Improvisasi juga bisa Anda lakukan misalnya dengan menyingkirkan beberapa potong makanan dan menjadikannya sebagai background sementara potongan lainnya mendapat porsi fokus yang lebih banyak.

bun-268237_1920

Hunting foto di bulan Ramadhan butuh sedikit usaha, Anda mungkin merasa agak lesu pada awalnya, namun seiring waktu Anda akan melupakan rasa lapar dan dahaga. Selamat hunting, dan selamat berpuasa.

===

Sumber gambar
featured: https://pixabay.com/en/photos/download/photographer-455747_1920.jpg
https://pixabay.com/en/photos/download/market-691293_1280.jpg
http://www.amazon.com/Canon-55-250mm-Telephoto-discontinued-manufacturer/dp/B0011NVMO8
https://pixabay.com/en/photos/download/scooters-384560_1280.jpg
https://pixabay.com/en/photos/download/bun-268237_1920.jpg
https://pixabay.com/en/photos/download/peanut-butter-684021_1280.jpg

 

0 comments