NOW READING

Huawei P9, Smartphone Premium yang Cantik Luar-Dalam

 1867
+
 1867

Huawei P9, Smartphone Premium yang Cantik Luar-Dalam

by The Daily Oktagon

Huawei akhirnya membuat gebrakan dengan menghadirkan seri smartphone flagship-nya, P9 pada bulan lalu. Ada sejumlah keunggulan yang membuat seri jagoan vendor asal Tiongkok ini berbeda dibandingkan dengan seri pendahulunya, salah satunya kehadiran kamera dual besutan Leica, vendor kamera premium asal Jerman yang popularitasnya sudah tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki peningkatan spesifikasi dan desain yang lebih mencolok. Sampai-sampai, ada yang menyebut seri teranyar Huawei ini sebagai smartphone premium yang cantik di luar dan di dalam. Seperti apa kecantikan P9 sampai bisa menuai pujian? The Daily Oktagon membawa Anda melihat lebih detail Huawei P9, smartphone premium yang cantik luar-dalam. Simak ulasannya berikut.

Desain Premium, Performa Sempurna

Karena memang dikonsepkan sebagai smartphone premium, bukan tidak mungkin Huawei mengemas P9 dengan desain dan performa kelas atas. Bagaimana tidak, kesan pertama kami kala memegang P9 adalah keringanan yang ditawarkan.

Bentuk P9 sendiri betul-betul tipis ketika dipegang, tidak terlalu berat dan masih nyaman digunakan dengan satu tangan.

Bodi P9 yang ramping benar-benar menyatu dengan mulus, dibalut dengan material aluminium dan kaca yang kokoh dengan sudut tepi miring mengkilap yang mampu memberikan aksen mewah.

DSCF4796
Dengan layar 5,2 inci, Huawei P9 ditenagai oleh chipset Kirin 955 octa core. Chipset yang dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB ini mengusung teknologi Image Signal Processor (ISP).

Untuk kapasitas ruang penyimpanan, Huawei menyediakan ruang penyimpanan seluas 32 GB. Namun ada juga versi dengan kapasitas lebih luas yaitu 64 GB dengan RAM sebesar 4 GB.

Android 6.0 Marshmallow didapuk menjadi sistem operasi Huawei P9 dengan sentuhan EMUI 4.1. Adapun di sektor kamera, seperti gencar diberitakan sebelumnya, Huawei P9 memang mengadopsi teknologi besutan Leica.

Saat menggunakan smartphone ini dalam waktu kurang lebih dari dua minggu, kami tidak menemukan satu pun masalah serius yang menggangu kinerja P9. Tak ada lagging, baterai drop atau juga sejumlah isu lain yang biasanya masih bisa dideteksi di smartphone premium besutan vendor lainnya.

Disokong prosesor 2,6 GHz quad-core, kami bisa bilang bahwa smartphone ini mampu berjalan kencang untuk kepentingan bermain game dan produktivitas.

Sedangkan untuk kapasitas baterai, P9 mampu bertahan seharian penuh berkat baterai berkekuatan 3.000 mAh. Padahal kami melakukan sejumlah aktivitas yang menyerap daya baterai dan internet, seperti browsing, bermain game online, serta streaming music di Spotify.

DSCF4814
P9 juga memiliki fitur pemindai sidik jari di bagian belakang cover. Fitur tersebut mampu berfungsi lebih efektif jika dibandingkan dengan fitur pemindai sidik jari yang ada di iPhone 6s atau Galaxy S7.

Dalam hitungan kurang dari 5 detik, smartphone akan ter-unlock saat kami menempelkan jari ke pemindai sidik jari, sekalipun jari dalam keadaan kotor atau berminyak.

Antarmuka P9 dengan perpaduan sistem operasi Android Marshmallow dirasa begitu halus dan solid. Warna yang tajam pun membantu sejumlah ikon di smartphone ini terlihat lebih realistis dan interaktif. Apalagi dengan hadirnya tombol sentuh kapasitif di bagian bawah layar, semakin mempermudah akses pengguna saat mengoperasikan smartphone ini.

Anda juga wajib baca ulasan berikut, HTC One M9+, Penyermpurnaan Para Pendahulunya

Sihir Leica Mampu Bekerja di Kamera P9

Tak bisa dipungkiri, kualitas lensa Leica di industry fotografi begitu mumpuni dan menjadi idaman para pecinta fotografi. Hal tersebut bisa dibuktikan dari kualitas kamera P9 yang mana merupakan hasil besutan Huawei dan Leica.

P9 memiliki dual kamera 12 MP (Monochrome dan RGB) dan kamera depan 8 MP.

DSCF4799
Kami juga menjajal beberapa keunggulan yang disuguhkan oleh kamera P9. Kamera belakang P9 memiliki beberapa fitur diantaranya Photo, Monochrome, Beauty dan HDR.

Selain itu juga terdapat tiga mode film Leica, yaitu Standard, Vivid Colors dan Smooth Colors. Ketiganya bisa diakses dengan menggeser layar kearah kiri dari dalam aplikasi kamera, kemudian Anda bisa mengambil gambar dengan mode berbeda.

Tahap awal, kami menjajal dual kamera P9 di kondisi terang atau di luar ruangan pada pagi hingga sore hari. Hasilnya cukup ciamik, detail warna dan obyek terlihat dengan jelas.

Tak hanya itu, foto yang dihasilkan pun juga terlihat jernih. Namun memang seperti hasil foto kamera kebanyakan, masih terlihat adanya noise saat diperbesar (zoom).

Hasil_foto_HuaweiHasil foto dengan zoom

Monochrome menjadi salah satu fitur favorit kami. Khusus bagi Anda pneggemar foto hitam putih, fitur yang hadir di P9 ini mampu memberikan detail warna obyek yang lebih jernih dan berkarakter.

081272900_1460104586-IMG_20160407_102451Hasil foto dengan filter hitam-putih

Sedangkan untuk foto teknik macro juga tak kalah ciamik. Ketajaman warna dan gambar tetap terlihat. Selain itu, fokus kamera yang mudah dengan hanya menekan layar sesaat sebelum memotret, dapat membantu menghasilkan foto bokeh yang tampak alami.

Dapat disimpulkan, P9 bisa dibilang merupakan smartphone terbaik Huawei untuk saat ini. Meskipun dari segi desain dan spesifikasi masih bisa disandingkan dengan pemain sekelasnya, setidaknya P9 memiliki senjata di bagian kameranya yang mana smartphone lain belum memiliki kebolehan tersebut.

P9 tentu akan menjadi pilihan yang pas bagi para pecinta fotografi yang ingin mencoba pengalaman baru membidik foto dengan smartphone namun dapat memperoleh hasil yang memikat dan tentunya memberikan kesan bidikan profesional.

Baca juga, Duel Smartphone Android dengan Kamera Beresolusi Tinggi

0 comments