NOW READING

HTC One M9+, Penyempurnaan Para Pendahulunya

 2152
+
 2152

HTC One M9+, Penyempurnaan Para Pendahulunya

by The Daily Oktagon

Di tahun 2015 ini, layar 5 inci tergolong kecil di mata sebagian besar pengguna smartphone. Kalau tidak, mengapa pabrikan berlomba-lomba menelurkan versi jumbo dari smartphone andalannya? Lihat saja satu per satu: Apple punya iPhone 6S Plus, Samsung punya Galaxy S6 Edge Plus, Microsoft punya Lumia 950 XL, dan pabrikan lainnya pun bisa dipastikan akan ikut menyusul, demikian pula HTC lewat One M9+.

HTC One M9+ sendiri bukan sekedar versi jumbo dari One M9. Ia bisa dibilang sebagai versi yang lebih sempurna dari One M9. Maka dari itu, ukurannya pun tidak membesar secara drastis; layarnya mempunyai bentang diagonal 5,2 inci, cuma lebih besar 0,2 inci dibanding milik One M9.

htc-m9-plus-02

Meski demikian, kualitas layarnya meningkat cukup dramatis. Layar 5,2 inci itu dipenuhi dengan lebih dari 3,6 juta piksel secara total. Resolusi 2.560 x 1.440 piksel dengan kepadatan 551 piksel per inci. Tak lupa, kaca Gorilla Glass turut ditambatkan di bagian paling luar guna melindungi berbagai panel yang ada di bawahnya.

Di saat pabrikan-pabrikan lain seperti Samsung dan LG baru mulai melibatkan logam dalam proses desainnya, HTC sudah cukup berpengalaman. Tampilan khasnya sendiri terus dipertahankan, masih berkiblat pada HTC One generasi sebelum-sebelumnya, baik One M7 maupun One M8, yang masih saja kelihatan modern di tahun 2015 ini. Maka tidak heran jika ada anggapan HTC One M9+, penyempurnaan para pendahulunya.

htc-m9-plus-04

Adapun di bawah layar, hadir sebuah pemindai sidik jari, yang sudah menjadi standar di kelas flagship saat ini. Bodi premium dan layar berkualitas ini ditopang oleh spesifikasi tinggi.

Chipset yang digunakan Mediatek MT6795T Helio X10 dengan prosesor octa-core 2,2 GHz, GPU PowerVR G6200, RAM 3 GB, storage internal 32 GB, plus slot microSD dengan dukungan kapasitas hingga 2 TB. Sedangkan baterainya berkekuatan 2.820 mAh.

Smartphone e ini idukung sistem operasi Android 5.0.2 atau Lollipop. Seperti ciri khas HTC, One M9+ menggunakan tampilan antarmuka atau user interface Sense 7.

Ingin tahu lebih banyak soal smartphone Android? Baca artikel ini, Reset Smartphone Android ke Pengaturan Pabrik dengan Cara Berikut Ini

One M9+ juga pas untuk mengkonsumsi berbagai konten digital dengan nyaman, berkat layar dan performa hebatnya. Kalau di sektor visual saja ia sudah gemilang, di sektor audio pun demikian. Smartphone ini dibekali speaker stereo BoomSound serta teknologi Dolby Audio 5.1. Mau Anda memakai headphone atau tidak, kualitas suara yang dihasilkan dijamin tetap maksimal.

HTC menyematkan sensor 20 MP sebagai kamera utama, lengkap beserta lensa f/2.2 yang dilapisi kaca safir sintetis. Namun, di saat yang sama, ada modul kamera lebih kecil yang berada di atasnya. Modul ini cuma dibekali sensor 2,1 MP tetapi fungsinya justru untuk menangkap informasi kedalaman gambar. Gunanya? Supaya Anda bisa mengubah-ubah titik fokus meski foto sudah terlanjur diambil.

Di bagian depan, kamera selfie-nya mengandalkan sensor 4 MP. Sensor ini memakai teknologi UltraPixel yang diklaim memberikan tingkat kecerahan tiga kali lipat lebih tinggi daripada sensor kamera standar. Alhasil, foto-foto selfie Anda di dalam ruangan bisa tampak lebih cerah sekaligus jernih.

Soal video, kamera belakangnya siap merekam dalam resolusi 4K 30 fps, 1080p 60 fps maupun 720p 120 fps yang bisa diedit menjadi video slow-motion.

htc-m9-plus-01

Secara keseluruhan, HTC One M9+ adalah smartphone yang sangat ideal jika Anda gemar mengakses konten digital sehari-hari, baik video, audio, e-booke-magazine, dan lainnya. Di saat yang sama, ia juga bisa diandalkan menjadi pengganti kamera saku, bahkan punya sesuatu yang tak dimiliki kamera tradisional, yakni kemampuan mengubah titik fokus pasca pemotretan.

Rp 10 juta adalah harga yang harus Anda tebus jika tertarik menggaet HTC One M9+. Ia sudah dipasarkan lewat toko retail maupun online. Satu varian warna yang ditawarkan untuk pasar Indonesia adalah dual tone yang terdiri atas perak dan rose gold. Anda tertarik mencoba device ini?

Baca juga artikel menarik berikut, 5 Smartphone Pilihan untuk Produksi Video Amatir

0 comments