NOW READING

Hover Camera Passport, Drone Otonomos yang Bisa Mengenali Wajah

 1899
+
 1899

Hover Camera Passport, Drone Otonomos yang Bisa Mengenali Wajah

by The Daily Oktagon

Sumber foto utama: Instagram/@hovercameraofficial

  • Hover Camera Passport, drone pintar yang dilengkapi fitur face tracking, body tracking, orbit, dan 360-spin.
  • Tidak perlu sebuah controller untuk mengendalikannya, melainkan cukup menghubungkannya ke smartphone Android atau iPhone melalui Wi-Fi.
  • Untuk meminimalisasi blur di foto atau video, termasuk ketika drone atau objek sedang bergerak, drone ini dibekali Electronic Image Stabilization (EIS).

Kalau Anda pernah berangan-angan tentang sebuah kamera yang terbang mengikuti ke mana pun Anda berjalan, Hover Camera Passport adalah jawabannya. Dikembangkan oleh perusahaan bernama Zero Zero Robotics, drone yang diperkenalkan pada pertengahan tahun, kini sudah mulai bisa dipesan.

Diklaim sebagai drone pertama yang betul-betul otonomos (fully autonomous), fitur andalan dari Hover Camera Passport antara lain face tracking, yang dapat mendeteksi wajah Anda; body tracking, yang mampu mendeteksi pergerakan dan mengikuti Anda.

Masih ada kemampuan orbit, yang dapat berputar dan mengitari Anda secara otonomos; serta 360-spin, yang mampu mengambil video panorama secara 360 derajat. Ke empat fitur itu bisa berjalan berkat sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dikembangkan oleh founder Zero Zero Robotic, Meng Qui Wang beserta rekannya, Tony Zhang. Keduanya merupakan engineers bertitel PhD dari Stanford University.

Agar drone tetap awet dan terlihat bagus, simak kiat merawatnya

Berdimensi 182x132x33 mm, Hover Camera Passport mengusung konsep ringkas dan portabel. Berkat penggunaan kerangka karbon fiber ringan, namun memiliki daya tahan tinggi, bobotnya hanya 242 gram (termasuk baterai). Karbon fiber yang mengitari empat buah propeller ini, telah melalui serangkaian tes seperti drop test dan twist test.

Jangan harap drone ini bisa melaju dengan cepat di udara karena kecepatan maksimalnya 8 meter per detik atau 28,8 kilometer per jam saja. Karena itu, sebetulnya penggunaan istilah yang lebih tepat bagi drone ini pun adalah “melayang” (hovering), bukan “terbang” (flying). Hal ini pula yang membuat Zero Zero Robotics menamai drone ini Hover Camera Passport.

drone
Melayang Bebas

Untuk menerbangkan Hover Camera Passport, Anda hanya perlu unfold dan melepasnya begitu saja, Drone ini pun otomatis akan melayang dengan sendirinya. Sementara untuk “kendalinya”, Anda tidak perlu sebuah controller, melainkan cukup menghubungkannya ke smartphone Android atau iPhone melalui Wi-Fi.

Jangan sembarangan menerbangkan drone. Berbagai tipsnya ada di artikel ini

Hover Camera Passport diklaim mampu dikendalikan dari jarak hingga 20 meter. Namun sayang, drone ini hanya dapat melayang di udara paling lama 10 menit, itu pun dengan kondisi tidak ada angin yang mengganggu stabilitasnya.

Sensor yang disematkan ke Hover Camera Passport bertipe CMOS, dengan resolusi 13MP. Berkat sensor tersebut, drone ini mampu memotret foto berformat JPEG dengan ukuran maksimal 4208×3120 piksel dan merekam video berformat MP4 dengan ukuran maksimal 3840×2160 piksel (4K) pada 30 fps.

drone

Field of View (FoV) lensa kameranya tidak terlalu luas, 78,4 derajat saja, sedangkan aperture-nya f/2.0, dengan depth of focus 1,2 hingga 6,7 meter. Semua foto dan video tersimpan di memori seluas 32GB. Demi menjaga kualitas video dan gambar, Zero Zero Robotics menyertakan Electronic Image Stabilization (EIS), yang berfungsi meminimalisasi blur di foto atau video, termasuk ketika drone atau objek sedang bergerak.

Hover Camera Passport sudah dapat dibeli dengan harga US$ 599. Dari kemampuan yang dimiliki dan dimensinya yang ringkas, produk ini akan semakin memperluas wilayah kegunaan drone. Tak tertutup kemungkinan drone ini misalnya, dapat digunakan sebagai “fotografer” pribadi saat Anda tengah travelling ke sebuah tempat. Sudah siap mempunyai drone super pintar ini?

Mau tahu lebih banyak tentang drone? Ikut saja komunitasnya. Kisahnya bisa dibaca di sini 

0 comments