NOW READING

Hobi Jadi Uang, Yuk Buka Studio Foto dengan Deretan Produk Ini

 7442
+
 7442

Hobi Jadi Uang, Yuk Buka Studio Foto dengan Deretan Produk Ini

by The Daily Oktagon
  • Passion terhadap dunia fotografi ternyata dapat mendatangkan uang.
  • Tak cuma jadi fotografer sambilan, Anda dapat menyalurkan hobi tersebut ke bisnis studio foto.
  • Jajaran produk seperti kamera, lightning, dan lensa memang wajib Anda miliki saat memulai bisnis ini. Simak inspirasi produk pendukung untuk memulai studio foto berikut ini.

Jika fotografi saat ini masih jadi sekadar hobi, buat lah menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Ya, Anda dapat memulai bisnis studio foto sendiri dengan budget yang sebetulnya bisa tak sebesar yang dibayangkan (misal, harus sampai ratusan juta rupiah).

Dengan makin beragamnya produk saat ini, bisnis studio foto bisa dijalankan dengan modal yang lebih masuk akal untuk tahap awal. Nah, berikut inspirasi The Daily Oktagon terkait produk yang bisa jadi referensi Anda untuk memulai usaha ini.

Baca juga tentang tempat mengais inspirasi fotografi di Monogram Books

1. Kamera

Produk ini tentu harus ada dalam ‘menu wajib’ Anda saat membuka studio foto. Rekomendasi The Daily Oktagon untuk kamera DSLR dengan budget di bawah Rp 5 juta antara lain:

pentax studio foto

Atau Anda dapat membeli kamera mirrorless dengan budget serupa. Namun, sebagai catatan, cari kamera mirrorless yang memiliki port konektor untuk lighting eksternal. Kamera untuk kebutuhan ini tak sekadar perkara resolusi lensa saja, tetapi juga pencahayaan. Rekomendasi untuk kamera mirrorless, yaitu:

2. Lensa

Lensa tambahan dapat melengkapi kebutuhan studio foto Anda. Pasalnya, pekerjaan ini tak melulu hanya foto diri atau keluarga. Untuk kebutuhan lain yang membutuhkan objek foto yang detail, Anda akan memerlukan lensa makro. Tapi, sesuaikan juga pembelian lensa ini dengan kebutuhan dan budget Anda.

Produk ini dijual dengan harga beragam. Merek seperti Canon, Nikon, Sigma Lens, atau Pentax dijual mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 10 jutaan. Untuk lensa mirrorless, harga jual terendah cenderung lebih mahal dari beberapa lensa DSLR. Misalnya, untuk Sony Lens SEL 30mm F3.5 dijual seharga Rp 2,78 juta.

Simak cerita penata gaya di era fotografi digital

3. Flash Eksternal

Jika Anda sering memerhatikan lampu kilat yang terpasang di atas kamera, produk tersebut disebut flash. Sesuai dengan namanya, flash berfungsi memberikan cahaya kilat saat memotret sehingga meningkatkan kualitas foto Anda.

Indoor ataupun outdoor, flash acapkali dipakai untuk menjadi sumber cahaya tambahan apabila kondisi ruangan gelap. Beberapa rekomendasi untuk budget terbatas antara lain:

nissin studio foto

4. Filter

Produk ini menjadi salah satu aksesori penting dalam dunia fotografi. Ada beberapa jenis filter, misalnya:

  • Neutral Density (ND) untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke kamera.
  • Filter UV sebagai ‘bemper’ kamera Anda untuk menghindari kotoran, debu, atau cipratan air.

Untuk filter UV, harganya relatif murah; mulai dari Rp 40.000. Meski ada juga yang relatif mahal, sampai Rp 1,4 juta. Sementara, filter ND dipatok mulai dari Rp 130 ribu hingga sekitar Rp 900 ribu.

Ikuti ulasan seluk beluk fotografi fashion masa kini

5. Lampu Studio

Tak sahih rasanya kalau studio fotomu tak dilengkapi lampu studio. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa bedanya dengan flash.

Sebetulnya, kedua produk ini memiliki fungsi yang sama. Keduanya juga dapat dibawa ke luar ruang. Namun, lampu studio dapat melengkapi kebutuhan fotografi jarak dekat atau foto dengan objek detil, seperti foto makanan atau produk.

Lampu studio biasanya diletakkan pada tiang yang menjulang tinggi, sehingga sebaran cahayanya meluas. Soal harga, lampu studio dijual mulai dari Rp 1,8 jutaan. Coba beberapa merek seperti Jin Bei Millenia atau Visico yang sebagian besar harganya di bawah Rp 5 juta.

Visico VE 200

6. Tripod

Tripod dalam dunia fotografi digunakan untuk menghasilkan foto yang tajam karena bebas dari efek goyang.

Kendati demikian, untuk kebutuhan foto studio, tripod sangat membantu fotografer dalam menahan beban kamera. Untuk aksesori ini, pilihlah tripod yang mampu menahan beban yang cukup. Pastikan kaki-kakinya dapat diperpanjang atau diperpendek, serta gampang dipasang.

Meski budget terbatas, Anda masih bisa merogoh kocek untuk membeli tripod. Harganya beragam, mulai dari Rp 95 ribu saja sampai Rp 500 ribu. Oh ya, pastikan juga Anda memilih dudukan kamera yang fleksibel. Selamat mencoba!

0 comments