NOW READING

Hobi Fotografi dan Ingin Dapat Pemasukan? Ikuti Tip Berikut Ini

 542
+
 542

Hobi Fotografi dan Ingin Dapat Pemasukan? Ikuti Tip Berikut Ini

by The Daily Oktagon
  • Hobi fotografi bisa juga dimanfaatkan untuk mendatangkan pemasukan
  • Ada beberapa tip sederhana yang bisa diikuti untuk memulai bisnis di bidang fotografi
  • Selain itu kemampaun┬áberbisnis juga perlu diasah

Banyak yang memiliki hobi fotografi. Selain menambah wawasan, hobi ini juga bisa mendatangkan pemasukan yang cukup menggiurkan.

Banyak usaha yang diawali dari sekedar hobi. Fotografi salah satunya. Dari sekedar memotret objek foto, hobi ini bisa dikembangkan menjadi bisnis yang mendatangkan pemasukan. Jika hasil foto yang dihasilkan memang bagus dan disenangi banyak orang, hal itu sudah menjadi modal penting untuk mengembangkan bisnis di bidang fotografi.

Lima Hal Penting Dilakukan oleh Fotografer dalam Fotografi Landscape

fotografi

foto : shutterstock

Tinggal dibutuhkan keseriusan dalam menjalankan bisnis fotografi. Bagi yang ingin memulai bisnis ini, berikut ini beberapa tip yang perlu diperhatikan :

1. Berani Nekat

Modal nekat sudah menjadi ‘senjata’ yang banyak dilakukan oleh pengusaha. Tidak ada salahnya untuk dicoba dalam mengembangkan bisnis fotografi. Selama percaya dengan kemampuan fotografi yang kamu miliki, mulailah untuk mempromosikan hasil foto kamu kepada kerabat atau teman terdekat.

Atau bisa juga dengan mulai membuka workshop untuk mengajarkan fotografi bagi para pemula. Workshop menjadi salah satu langkah awal yang baik untuk memperlihatkan kemampuan kepada orang lain.

2. Tentukan Minat

Setiap fotografer memiliki taste masing-masing terhadap foto yang dihasilkan. Namun, salah satu yang bisa dijadikan bisnis adalah fotografi komersil. Misalnya jasa fotografi untuk mendokumentasi acara seperti pernikahan, dari mulai pra pernikahan hingga bulan madu. Selain itu, jasa dokumentasi untuk mengabadikan foto keluarga besar juga cukup populer saat ini.

Tidak tertarik dengan fotografi komersil, kamu bisa memilih untuk menjadi fotografer jurnalis yang bekerja pada suatu media massa. Atau kamu juga bisa menjual karya foto kamu pada situs-situs resmi yang menyediakan fasilitas jual-beli foto.

Oktagon Gelar Workshop Fotografi : Merekam Jalur Sutra dengan Kamera Hasselblad

fotografi

foto : shutterstock

3. Modal Kecil Peralatan Sederhana

Untuk memulai bisnis fotografi tentu memerlukan modal perangkat kamera. Perangkat yang digunakan bisa sekedar kamera digital dengan lighting seadanya. Jadi, tidak harus menggunakan kamera DSLR yang seharga belasan juta rupiah untuk mencoba memulai bisnis fotografi.

4. Melihat Potensi Pemula

Memulai bisnis fotografi juga bisa dengan cara memanfaatkan kemampuan dari fotografer lain. Bahkan bisa menggunakan jasa fotografer pemula atau amatir. Meski kemampuan mereka masih dikatakan standar, namun terkadang dibutuhkan untuk membantu dalam mengembangkan usaha. Setidaknya kamu memiliki asisten fotografi yang bisa membantu saat mengerjakan proyek tertentu.

5. Tidak Takut Gagal
Salah satu hal yang paling mendasar dalam mengembangkan bisnis adalah berani mengambil risiko dari usaha yang di bangun. Kegagalan yang berulang kali terjadi seharusnya bisa diperbaiki dan menjadi acuan untuk berubah ke arah positif. Berbagai kerugian mulai dari klien yang menyebalkan atau peralatan yang rusak bisa membuat kamu lebih mawas diri. Jangan takut melangkah karena siapa tahu keberuntungan sedang menanti di depan.

0 comments