NOW READING

Hidup Sehat dan Bugar dengan 3 Perangkat Wearable Ini

 2264
+
 2264

Hidup Sehat dan Bugar dengan 3 Perangkat Wearable Ini

by The Daily Oktagon

Pendapat orang terkait perangkat wearable masih terpecah menjadi dua kubu. Sejumlah orang percaya perangkat wearable akan menjadi masa depan yang menjanjikan, sementara sebagian lainnya merasa segmen ini hanyalah tren sementara yang akan hilang tergerus zaman.

Namun yang menarik, peneliti dan pengamat pasar IndustyARC baru-baru ini memprediksi industri wearable khususnya yang menyasar dunia medis akan menjadi bisnis yang matang dengan angka penjualan mencapai $41.3 juta di tahun 2020 atau bertumbuh sebesar 21,3% per tahunnya.

Proyeksi ini sejalan dengan bermunculannya berbagai perangkat wearable yang dijejali berbagai fitur pendukung kesehatan dan kebugaran. Sebagian besar jam tangan pintar yang masuk dalam segmen wearable dijejali fitur kesehatan, tapi ada tiga perangkat yang paling menonjol. Mereka adalah, Garmin Forerunner 920XT, Adidas MiCoach Smart Run dan Microsoft Band.

Garmin Forerunner 920XT

Garmin Forerunner 920XT di atas kertas adalah perangkat wearable sporty yang punya segalanya. Jam berlayar 1.1 x 0.8-inci dan resolusi 205 x 148 piksel ini cocok sekali untuk pengguna yang menggilai olahraga mulai dari lari, renang dan bersepeda.

Garmin__Forerunner_920XT_3

Untuk olahraga berlari saja, jam dibekali beberapa fitur antara lain Virtual Pacer, estimasi V02 maksimum, saran pemulihan, race predictor, Accelerometer dan catatan rekor pribadi yang dapat dilihat seusai berolahraga.

Sementara untuk aktivitas renang, jam mampu memberikan informasi-informasi penting seperti panjang, jarak, pace, kalori, identifikasi gaya renang dan lain-lain. Tak berhenti di situ, Garmin juga menyematkan sensor untuk menghitung jumlah langkah, penghitung detak jantung, waktu dan jarak, interval latihan, GPS pastinya, kalori yang dibakar dan lain sebagainya.

Kekurangannya, perangkat wearable ini mempunyai dimensi yang agak tebal, dimensi totalnya 2.2 x 1.9 x 0.5 inci, relatif lebih besar sehingga tampak kurang modis. Tomsguide bahkan menyebutnya sebagai jam yang tak ingin dipakai jika tidak sedang berolahraga. Harga Garmin Forerunner 920XT juga tergolong mahal, di situs resminya perangkat dibanderol di kisaran $449.

Adidas MiCoach Smart Run

Penampilan berbeda ditunjukkan oleh Adidas MiCoach Smart Run yang menggunakan material metal yang lebih kokoh dan polesan mengkilap di bagian tepinya. Sekilas, Adidas MiCoach Smart Run tampak lebih sederhana dan modis ketimbang Garmin Forerunner 920XT. Tapi bagaimana dengan fitur-fiturnya?

Adidas_MiCoach_Smart_Run_2

Di bagian layar, MiCoach Smart Run memiliki layar berukuran 1,45 inci dengan resolusi 184 x 184 piksel.

Tetapi bila bicara fitur, perangkat ini masih kalah jauh dibandingkan buatan Garmin. Pasalnya hanya ada beberapa sensor yang disematkan oleh Adidas, antara lain GPS, accelerometer, dan sensor pemantau detak jantung. Praktis kemampuannya dalam mendukung aktivitas olahraga juga terbatas.

Sebagai hiburan, Adidas menyematkan konektivitas Bluetooth dan WiFi, kemudian user interface Android 4.1 yang tentu akan memberikan momen menyenangkan bagi pengguna ketika memantau aktivitas mereka melalui layar perangkat.

smartrun_1

Tambahan media player membuat Adidas MiCoach Smart Run terlihat lebih menarik bagi kalangan usia muda dan para pemula.

Menurut Edgadget Ada beberapa kekurangan dari perangkat ini, yaitu kemampuan baterai yang sangat lemah (maksimal 8 jam tanpa musik), audio player kurang nendang dan tidak ada dukungan untuk mengeksport data ke perangkat lain. Adidas MiCoach Smart Run dibanderol seharga $399 per unitnya.

Microsoft Band

Microsoft Band memasuki kancah wearable device belum lama ini, mengikuti tren yang sedang berkembang di dunia perangkat. Apakah mereka serius atau hanya ingin meramaikan, namun Microsoft Band tampak dipersiapkan dengan sangat baik.

Sebagai permulaan kita lihat sisi desain perangkat yang tampak ramping dengan perbandingan lebar antara komponen layar, mesin dan tali terlihat sama. Bahkan tali yang melingkar di tangan pengguna terlihat menyatu dengan layar utama yang selebar 1,4 inci.

microsoft_band

Layarnya yang tak terpaut jauh dengan MiCoach Smart Run memancarkan visual dengan resolusi 320 x 106 piksel. Cukup mengesankan, terutama bila mempertimbangkan perangkat juga mempunyai fitur-fitur olahraga yang lengkap.

Microsoft Band dilengkapi dengan fitur monitor detak jantung 24 jam tanpa henti. Dengan fitur ini pengguna dapat memantau jumlah kalori, pola tidur dan kapan saatnya mengistirahatkan jantung.

Seperti Garmin Forerunner 920XT, Microsoft Band juga mampu menghitung jumlah langkah, jarak berlari, kecepatan, kemudian dilengkapi dengan built-in GPS, target program, panduan program dan juga dukungan untuk penggemar olahraga bersepeda.

Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Meski terlihat menjanjikan fitur yang lengkap, resolusi yang baik dan baterai yang mumpuni. Microsoft Band tetap mempunyai beberapa kekurangan seperti yang dibeberkan oleh Techradar, antara lain desain yang apa adanya, terlihat kurus dan terlalu sederhana. Kemudian yang mengejutkan ternyata Microsoft Band tidak anti air dan membutuhkan lebih banyak aplikasi untuk bekerja. Dari dua wearable di atas, Microsoft Band relatif lebih murah, hanya $199 per unitnya.

0 comments