NOW READING

Headset Virtual Reality yang Layak Dicoba Para Tech Geeks

 2304
+
 2304

Headset Virtual Reality yang Layak Dicoba Para Tech Geeks

by The Daily Oktagon

Tidak bisa dimungkiri, 2016 adalah tahunnya VR (virtual reality). Pada tahun ini ada banyak perangkat VR yang meluncur ke pasar, beberapa di antaranya Oculus Rift (dari Facebook), HTC Vive (dari HTC and Valve), serta Sony PlayStation VR (PSVR).

Di ajang Game Developers Conference 2016, di San Francisco, Amerika Serikat, pertengahan Maret lalu, Sony mengumumkan bahwa produk mereka di bidang virtual reality itu akan hadir di pasar pada Oktober mendatang dengan harga yang jauh lebih murah dari pesaingnya.

Lantas, produk apa saja yang diprediksi bakal jadi favorit di 2016? Sebelum memperoleh jawabannya, simak dulu ulasan headset virtual reality yang layak dicoba para tech geeks. The Daily Oktagon sudah menyiapkan artikelnya.

Sony PSVR

Sony menyatakan akan melepas PSVR dengan kisaran harga US$ 399 atau Rp 5.327 juta dan PSVR dapat dioperasikan dengan menggunakan PlayStation 4. Sementara HTC Vive dijual dengan harga US$ 799 (Rp 10.668 juta) dan Oculus Rift dibanderol US$ 599 (Rp 7.997 juta). Dua perangkat terakhir yang sudah ada di pasaran itu membutuhkan PC dengan teknologi terkini untuk mengoperasikannya.

Namun, harga murah itu membuat PSVR tidak sekuat HTC Vive dan Oculus Rift. Menurut salah satu petinggi Sony, Masayasu Ito, tidak semua orang membutuhkan kekuatan penuh virtual reality seperti yang ditawarkan pesaing Sony. Sony PSVR cocok untuk mereka yang ingin mencicipi video game virtual reality.

virtual reality psvr 1

Sony PSVR tidak memiliki kamera untuk mendeteksi gerak kepala penggunanya. Menurut Sony, kamera tersebut sudah disematkan di Playstation 4 sehingga tidak perlu lagi dipasangkan di PSVR.

Di dalam kotak pembungkus PSVR terdapat earphone, kabel HDMI juga USB, sampai power supply khusus. Dan untuk pengalaman virtual reality yang lebih ciamik, Sony menganjurkan untuk menggunakan Playstation Move sebagai pengendalinya. Namun, alat tersebut harus dibeli secara terpisah.

Meski belum memiliki kualitas grafis secanggih HTC Vive dan Oculus Rift, tetapi layar OLED 5,7 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel Sony PSVR memiliki refresh rate yang lebih baik, yaitu 120 Hz, sehingga membuat mata terasa nyaman saat digunakan untuk bermain video game. Sementara dua pesaingnya memiliki refresh rate90 Hz.

virtual reality psvr 2

Jajaran video game pendukung perangkat inipun bisa dibilang luar biasa. Mulai dari video game seperti EVE: Valkyrie, sampai permainan rilisan Sony seperti Gran Turismo, ACE Combat 7, dan Final Fantasy.

Sony juga menyatakan Star Wars Battlefront akan dirilis dalam versi VR dan akan ada lebih dari 50 video game yang sudah dimainkan pada Oktober mendatang, saat PSVR sudah ada di toko.

Jangan lewatkan juga artikel menarik ini, Virtual Reality dalam Perjalanannya Menjadi Device Terfavorit

LG 360 VR

Selain Sony PSVR, perangkat virtual reality lain yang patut disimak adalah LG 360 VR. Oleh produsennya, perangkat ini diperkenalkan kepada khalayak ramai di ajang Mobile World Congress 2016, di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu.

virtual reality LG 1

Konsep yang diusung LG 360 VR tidak jauh berbeda dengan Google Cardboard dan Samsung Gear VR, yaitu sebagai headset virtual reality untuk menopang kerja telepon pintar. LG 360 VR hanya bisa dipasangkan dengansmartphone G5 dengan menggunakan kabel khusus.

LG mengklaim, pengguna akan merasakan dan melihat layar sebesar 130 inci dari jarak pandang dua meter, karena perangkat ini memang dirancang untuk menyajikan konten-konten video atau foto dengan format 360 derajat. Semuanya bisa kita nikmati dengan ketajaman piksel 661pi.

LG 360 VR memiliki bobot yang ringan, yaitu 118 gram. Perangkat ini juga bisa dilipat sehingga bisa dengan mudah dibawa untuk ditonton di mana saja dan kapan saja.

virtual reality LG 2

Tidak hanya untuk menikmati materi konten dengan format 360 derajat; ada pula perangkat lain dari LG untuk merekam objek dengan jangkauan 360 derajat, yaitu LG 360 CAM.

Berbekal dua kamera 13 MP 200 derajat wide angle, LG 360 CAM dilengkapi dengan baterai 1.200 mAh dan memori internal 4 GB dengan memori tambahan microSD. Sama halnya dengan LG 360 VR, kamera ini hanya bisa tersambung dengan LG G5.

HTC Vive

Headset virtual reality lain yang pantas disimak adalah HTC Vive. Namun, HTC Vive untuk mengoperasikan HTC Vive harus menggunakan PC dengan prosesor Nvidia GeForce GTX 970 atau AMD Radeon R9 290.

HTC Vive mulai dijual pada April 2016. Saat pertama kali dijual, sebanyak 15.000 HTC Vive ludes dibeli hanya dalam waktu sepuluh menit saja.

virtual reality HTC 1

HTC Vive dipadukan dengan Head Mounted Display dan berbagai teknologi yang mumpuni serta alat kontrol yang bisa memudahkan pengguna ketika mengoperasikan perangkat ini. Untuk harganya, memang headset buatan produsen asal Taiwan itu dibanderol US$ 800 (Rp 10.709 juta).

Lalu, apa yang menjadi keunggulan HTC Vive. Pertama, headset HTC VIve memiliki sensor motion sebanyak 32 titik yang digunakan untuk 360 motion tracking, memungkinkan pengguna bisa bergerak leluasa. Kedua, headset ini memiliki kamera depan yang membuat pengguna tetap bisa melihat keadaan sekitar di dunia nyata.

virtual reality HTC 2

Layar HTC Vive memiliki resolusi 2.160 x 1.200 piksel, sehingga pengguna dapat merasakan konten seperti nyata. Apalagi, refresh rate perangkat ini sebesar 90 Hz, membuat penampilan di layar lebih halus.

Nah, dari tiga headset VR tadi, mana yang jadi pilihan Anda?

Yuk, baca juga ulasan berikut, Merasakan Asiknya Dunia Virtual dengan Samsung Gear VR

0 comments