NOW READING

Hati-hati! Password Bisa Dilacak Dari Suara Ketikan di Keyboard

 112
+
 112

Hati-hati! Password Bisa Dilacak Dari Suara Ketikan di Keyboard

by The Daily Oktagon

Password merupakan salah satu cara autentifikasi yang hingga saat ini masih banyak digunakan. Password digunakan untuk log in ke layanan tertentu dan juga sebagai autentifikasi keamanan terhadap data rahasia. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kerahasiaan password. Namun ternyata saat ini hacker bisa melakukan pem bobolan password dengan cara yang makin canggih. Salah satunya dengan hanya mendengarkan suara ketikan di keyboard.

Fakta ini terungkap melalui penelitian terbaru yang dilakukan oleh Southern Methodist University di Texas, Amerika Serikat. Seperti dikutip dari Detik.com, menurut para peneliti hacker hanya menggunakan microphone pada smartphone untuk melacak password hanya dengan suara ketikan. Bahkan metode ini bekerja efektif meski di tempat publik yang berisik meski ada beberapa orang mengetik.

Baca juga : Begini Caranya Melacak Orang Lain via WhatsApp

Hacker menemukan suatu cara yang menganalisis berbagai gelombang suara yang berasal dari saura keyboard yang diketik. Kemudian hacker akan mengolah sinyal akustik, dan mereka bisa memecahkan kode password dengan mengetahui tombol mana yang diketik. Masih menurut penelitian tersebut, cara ini bukan hanya bisa membobol password, tetapi juga bisa digunakan untuk mengetahui pesan rahasia atau isi e-mail pribadi.

“Berdasarkan apa yang kami temukan, kami sarankan para pengguna smartphone harus lebih memastikan keamanan dari penggunaan smartphone. ” kata Erick Larson, asisten profesor di Southern Methodist University yang memimpin studi.

Baca juga : Samsung Hadirkan Alat yang Bisa Melacak Semua Benda

Apalagi beberapa aplikasi di smartphone kerap meminta izin untuk mengakses microphone sebagai bagian dari terms of service sebelum menginstall aplikasi tersebut. Cara ini juga bisa dimanfaatkan para hacker untuk membobol password atau data penting lainnya.

Para peneliti dari Southern Methodist University juga mengatakan, ada faktor penting yang dibutuhkan hacker untuk mengetahui gelombang suara yang dihasilkan dari ketikan keyboard. Faktor itu yaitu alas yang digunakan saat mengetik, seperti besi atau permukaan kayu, karena keduanya punya pola gelombang suara yang berbeda. Jadi sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa menimbulkan suara yang cukup kencang saat mengetik. Termasuk cara mengetik itu sendiri.

0 comments