NOW READING

Hati-hati Pakai WiFi Gratis, Banyak Bahaya Ini Mengintai

 1081
+
 1081

Hati-hati Pakai WiFi Gratis, Banyak Bahaya Ini Mengintai

by The Daily Oktagon
  • Memakai Wi-Fi gratis memang menyenangkan, karena bisa menghemat kuota data internet
  • Namun tetap harus waspada, banyak bahaya yang mengintai
  • Berikut adalah beberapa kondisi penggunaan Wifi yang membahayakan

Koneksi internet tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup modern, ketersediaan Wifi di berbagai tempat pun selalu diburu banyak orang. Namun ada sejumlah hal yang harus diperhatikan para pengguna smartphone dalam memanfaatkan Wifi gratisan. Meski Wifi banyak tersedia di tempat publik, pusat bisnis, hingga kedai-kedai kopi, dan memudahkan kamu dalam mengakses internet, bahaya tetap saja mengintai, apa saja bahaya yang bisa mengintai pengguna smartphone yang sering menggunakan Wifi gratis ?

Data Rentan Dicuri Hacker

Menggunakan internet melalui Wifi gratisan tanpa disadari memiliki kerentanan terhadap data yang dapat dicuri oleh hacker. Mereka para peretas memiliki tool khusus dengan menghubungkannya ke smartphone atau laptop melalui Wifi. Dengan tool tersebut hacker dengan mudah mencari mencari celah lewat koneksi ini karena koneksi ini tanpa password dan kurangnya fitur keamanan.

Baca juga : Hati-hati! Akses WiFi Publik Bisa Di-Hack dengan Cara Baru

Mudah Terinfeksi Virus

Kamu harus berhati-hati saat menggunakan Wifi gratisan, karena perangkat smartphone yang digunakan mudah terinfeksi virus seperti malware. Malware paling mudah menyebar melalui koneksi Wifi yang minim fitur keamanannya. Virus ini terbilang cukup berbahaya karena berpotensi memberikan akses kepada orang lain untuk mencuri file penting.

Adanya Snooper atau Mata-mata

Melalui virus atau malware, seseorang akan mudah memantau gerak-gerik Kamu. Virus akan menyerang secara perlahan dan orang lain bisa mengetahui apa saja kegiatan Kamu dan tentu ini berbahaya untuk privasi dan keamanan data-data pribadi. Tidak hanya data, tapi juga semua gerak-gerik Kamu .

Iklan yang Mengganggu

Salah satu konsekuensi pengguna yang menggunakan fasilitas gratisan tentunya adalah iklan. Melalui Wifi gratisan, iklan dapat menyambangi Kamu kapan saja. Bisa jadi tiba-tiba layar smartphone penuh iklan atau iklan pop-up yang sangat mengganggu kenyamanan penggunaan smartphone. Dan jangan salah, terkadang iklan-iklan juga rentan menyimpan jebakan, selain bisa langsung men-download virus atau malicious software berbahaya yang langsung bisa masuk ke smartphone.

Baca juga : Bisa Pakai Wifi Gratis, Hanya dengan Nonton Video 10 Detik

Pengalihan ke Situs Palsu

Saat menggunakan fasilitas Wifi gratis biasanya kamu akan sering diarahkan secara langsung ke situs lain. Laman situs tersebut bisa jari merupakan situs resmi atau malah situs jebakan yang malah justru mengantarkanmu pada virus. Tanpa disadari, situs tersebut mampu mencuri data dan informasimu hingga merusak perangkat.

Dengan adanya bahaya ini, maka Kamu harus tetap waspada. Untuk itu pastikan smartphone Kamu memiliki fitur keamanan yang baik dan fitur ruang privasi untuk mengamankan data, foto, video, file, atau kontak panggilan di smartphone.

0 comments