NOW READING

Hati-hati! Akses WiFi Publik Bisa Di-Hack dengan Cara Baru

 1276
+
 1276

Hati-hati! Akses WiFi Publik Bisa Di-Hack dengan Cara Baru

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Koneksi internet via akses WiFi publik saat ini sudah tersebar luas. Akses Wifi ini biasanya disediakan oleh tempat-tempat umum, restoran, kafe dan lokasi keramaian lainnya. Bagi kamu yang gemar menggunakan akses Wifi publik, sebaiknya lebih waspada. Karena perangkat yang kamu gunakan untuk terkoneksi internet bisa terjangkit sistem peretasan baru bernama Krack.

Baca juga : Bisa Pakai Wifi Gratis, Hanya dengan Nonton Video 10 Detik

akses wifi

Krack memanfaatkan celah yang ada pada akses internet yang berasal dari WiFi koneksi WPA2. Hal ini disebabkan karena WPA2 memiliki kelemahan yaitu sistem enkripsi yang bisa dieksploitasi dengan mudah oleh para peretas. Mereka akan melakukan decoding dari setiap data yang dikirimkan melalui WPA2. Kemudian para peretas menggunakan celah ini sebagai pintu masuk untuk mencuri data yang diinginkan seperti kata sandi email, memanipulasi data, bahkan mencuri uang digital.

Baca juga : Bersiaplah, Google Akan Memberikan WiFi Gratis untuk Indonesia

akses wifi

Untuk mengatasi hal tersebut, para pengembang smartphone dan PC sudah memperbarui sistem keamanan pada WPA2. Tetapi kamu sebaiknya tetap harus melakukan langkah preventif agar tidak terkena serangan Krack. Tindakan yang bisa dilakukan adalah sebisa mungkin hindari melakukan akses internet via jaringan WiFi publik. Lebih baik menggunakan koneksi seluler milik operator untuk mengakses internet. Juga jangan lupa selalu memperbarui software anti virus yang ada di perangkat kamu.

0 comments