NOW READING

Harga iPhone X Ternyata Murah, Cuma Rp 4 Jutaan

 3721
+
 3721

Harga iPhone X Ternyata Murah, Cuma Rp 4 Jutaan

by The Daily Oktagon
  • Quick Fact

Harga iPhone X ternyata tak semahal harga jualnya.

Untuk saat ini, iPhone X merupakan smartphone termahal yang pernah diluncurkan oleh Apple. Namun, sebenarnya harga produksi ponsel canggih ini jauh lebih murah dibanding harga jualnya.

Seperti dilansir oleh MacRumors, harga produksi yang dikeluarkan oleh Apple untuk setiap satu unit iPhone X adalah Rp 4,8 jutaan. Harga ini sekitar 3-4 kali lipat dari harga jualnya di pasaran. Hal ini diketahui dari seorang analis teknologi dari TechInsights, yang membongkar semua komponen iPhone X dan menghitungnya.

Baca juga: Penerus iPhone X Akan Mendukung Akses Internet 5G

Foto: Shutterstock

Untuk komponen layar iPhone X yang mengusung desain bezel-less, Apple mengeluarkan biaya sekitar Rp 884 ribu. Sementara frame berbahan stainless steel pada smartphone ini memiliki nilai sebesar Rp 480 ribuan. Jika ditambah komponen-komponen lainnya, maka total biaya untuk membuat satu produk iPhone X adalah Rp 4,8 jutaan.

Biaya produksi tersebut masih lebih mahal jika dibandingkan ongkos untuk membuat ‘saudaranya’, yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Harga untuk membuat satu unit iPhone 8 series adalah sebesar Rp 3,8 jutaan.

Baca juga: Kok, Pakai iPhone X Malah Ribet?

Foto: Shutterstock

Meski begitu, yang perlu diketahui harga yang disebutkan di atas hanyalah biaya dari perhitungan komponen mentahnya saja. Tentu harga jual iPhone X bisa setinggi itu karena juga memperhitungkan mengenai ongkos penelitian dan pengembangan, desain software, biaya promosi, dan sebagainya.

Jadi, adalah hal yang wajar apabila Apple membanderol smartphone yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2017 ini dengan harga tinggi. Apalagi, iPhone X juga membawa fitur-fitur canggih, salah satunya adalah 3D face recognition yang kini mulai banyak ditiru oleh para pembuat smartphone Android.

0 comments