NOW READING

Harga Dua Kamera Canon Ini Diskon Hingga Rp4 Jutaan, Buruan!

 134
+
 134

Harga Dua Kamera Canon Ini Diskon Hingga Rp4 Jutaan, Buruan!

by The Daily Oktagon

Buat kamu yang kebetulan sedang ingin membeli kamera baru, entah itu untuk fotografi atau bikin vlog, ada penawaran menarik. Bila kamera yang ingin dibeli yaitu kamera Canon, ada dua kamera Canon yang harganya sedang diskon besar. Kedua kamera Canon itu yaitu Canon EOS R dan Canon EOS M6. Harga diskon yang diberikan ada yang mencapai potonga hingga Rp4,5 juta.

Kamera Canon EOS R

Kamera Canon terbaru ini dibekali dengan sensor CMOS 30,3 megapiksel. Performanya didukung prosesor gambar DIGIC 8 dengan kecepatan fokus 0,05 detik. Ini membuat kamera Canon ini mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi dan kualitas tajam dan detail.

Selain itu Canon juga memperluas sistem EOS melalui mount 54 mm dengan mengadirkan empat seri lensa RF (RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, RF 35mm f/1.8 IS STM), yang didukung dengan tiga jenis adaptor untuk memberikan fleksibilitas dalam menggunakan lensa EF.

Kemampuan lain dari Kamera Canon ini yaitu rentang ISO yang lebar, ISO 100-400.000. Ini membuat pengguna semakin leluasa melakukan pengambilan gambar di berbagai kondisi pencahayaan, termasuk kondisi minim cahaya. Hasilnya, foto akan terlihat tetap tajam tanpa ada gangguan noise.

Baca juga : Kamera DSLR Canon EOS 200D II Terbaru, Bodi Ringkas Pas Buat Nge-Vlog

Kamera Canon terbaru ini juga sudah didukung Dual Pixel CMOS AF, yang membuat lensa kamera mampu menangkap fokus dengan cepat yaitu hanya 0,05 detik, bahkan diklaim sebagai yang tercepat di dunia. Selain itu Canon EOS R ini juga memiliki area bidik yang luas, dengan 5.655 titik AF, yang mencakup 100% (vertikal) dan 88% (horizontal), sehingga fotografer semakin leluasa dalam melakukan pemotretan dengan komposisi bidikan yang lebih bervariasi.

Canon EOS R memiliki diameter 54 mm pada mount lensa RF, serta jarak antara sensor dengan mount lensa yang hanya berjarak 20 mm. Hal ini membuat desain kamera ini menjadi begitu ramping. Bodinya juga terasa ergonomis sehingga tetap nyaman dan kokoh saat digenggam. Bodi kamera ini menggunakan material magnesium alloy yang mampu melindungi kamera dari radiasi elektromagnetik dan panas serta tahan terhadap debu dan air.

Lensa RF yang terhubung ke kamera Canon EOS R melalui 12 pin pada mount ini sudah dirancang dengan teknologi mutakhir. Sehingga mampu menghasilkan kecepatan komunikasi data yang cepat antara kamera dan lensa. Selain itu juga secara otomatis akan mengoptimalkan Image Stabilization baik saat memotret atau merekam video. Canon EOS R juga dilengkapi dengan Dual Sensing IS yang dapat mendeteksi guncangan dengan akurasi tinggi, sehingga mampu menjaga gambar tetap stabil.

Kamera ini sanggup mendeteksi guncangan secara akurat lewat informasi dari sensor gyro dan sensor gambar untuk merealisasikan efek stabilisasi gambar yang setara dengan 5 stop kecepatan rana. Ini efektif untuk pemotretan dengan kecepatan rana rendah pada kondisi cahaya minim namun hasil gambar tetap tajam.

kamera canon EOS R

Keunggulan lain dari Canon EOS R ini yaitu sudah mengusung teknologi Digital Lens Optimizer untuk menyempurnakan hasil bidikan dengan koreksi diffraction, aberration, dan peripheral illumination. Dengan kombinasi berbagai koreksi penyempurnaan tersebut, fotografer dapat menghasilkan foto berformat JPEG berkualitas tinggi langsung dari kamera, tanpa harus menggunakan bantuan perangkat komputer.

Tidak hanya itu, Canon juga menyematkan teknologi Dual Pixel RAW (DPRAW) yang membuat pengolahan foto berformat RAW lebih detail dan presisi saat menggunakan program pendukung Digital Photo Professional. Dengan teknologi canggih ini fotografer dapat menyesuaikan tingkat ketajaman dan resolusi subjek, mengatur posisi efek bokeh yang diinginkan, hingga mengurangi efek ghosting dan flare pada hasil foto yang telah diambil.

Kamera ini juga menyediakan format baru yaitu C-RAW, yang merupakan format RAW opsional dengan ukuran data lebih kecil. Ini membuat pemotretan saat mode continuous shooting dapat lebih cepat dan banyak. Canon EOS R memiliki viewfinder elektronik (EVF) OLED beresolusi tinggi, 3,69 juta titik. Hadirnya EVF dengan cakupan 100% ini mampu menghadirkan gambar yang mendekati warna aslinya dengan kejernihan tinggi sehingga memberikan pengalaman tersendiri bagi pengguna saat mengatur komposisi.

Untuk pengoperasian kamera ini, sudah disediakan tombol pengaturan multifungsi sentuh-geser pada bagian belakang atas kamera yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu juga cocok untuk video karena tidak mengeluarkan suara. Pengguna juga dapat melakukan pengaturan lewat ring lensa RF, tanpa harus melihat EVF lagi. Kamera Canon EOS R juga menjadi Kamera Canon pertama yang memiliki fitur mode FV, yang mana kecepatan rana, apertur, dan ISO dapat diatur secara fleksibel, baik otomatis atau manual.

Ketika sedang memotret maupun merekam video melalui EVF ini, pengguna dapat memanfaatkan fungsi Touch & Drag AF untuk memindahkan area fokus melalui sentuhan dan gerakan jari di layar LCD. Pengguna bisa semakin variatif dan kreatif dalam mengambil gambar dengan dukungan vari angle LCD touch screen, yang dapat diputar hingga 360 derajat. Mengambil foto selfie atau wefie pun tak menjadi masalah.

Fitur lain yang juga diusung kamera Canon EOS R yaitu Eye Detection AF yang dapat mendeteksi mata subjek dan memastikan selalu fokus serta ketajaman gambar terjaga. Terobosan presisi AF hingga EV -6 membuat deteksi akurasi fokus bisa dilakukan meski kondisi minim cahaya yang ekstrim, bahkan mata manusia sulit untuk membedakan detilnya.

Untuk kemampuan merekam video, kamera Canon EOS R sanggup merekam video dalam Ultra High Definition 4K pada 30p/25p (3840 x 2460). Ini membuat kamera ini bisa diandalkan tidak hanya untuk membuat video blogging, tapi juga untuk kebutuhan dunia broadcast maupun sinema. Selain itu juga ada fitur Canon Log, yang akan membantu untuk pengaturan kontras, detil, dan warna selama proses pascaproduksi. Selain itu, perekaman 4K bisa mencapai 10-bit melalui terminal HDMI untuk menghasilkan gradasi dan rentang warna yang akurat. Adanya fitur Focus Guide juga memberikan kenyamanan pengguna untuk mendapatkan fokus yang akurat ketika menggunakan mode Manual Focus. Kamera ini akan memberikan penanda area yang menjadi titik fokus.

Spesifikasi Kamera Canon EOS R :

30.3MP Full-Frame CMOS Sensor
DIGIC 8 Image Processor
UHD 4K30 Video; C-Log & 10-Bit HDMI Out
Dual Pixel CMOS AF, 5655 AF Points
3.69m-Dot OLED Electronic Viewfinder
3.15″ 2.1m-Dot Swivel Touchscreen LCD
Expanded ISO 50-102400, 8 fps Shooting
Wi-Fi and Bluetooth, SD UHS-II Card Slot
Multi-Function Bar, Dual Pixel RAW
RF 24-105mm f/4L IS USM Lens

Harga Canon EOS R :

Harga kamera Canon EOS R dengan diskon besar, bisa kamu dapatkan melalui program OKTAGON Wild. Ada dua pilihan yang diberikan , yaitu kamera Canon EOS R Kit + 24-105mm yang sebelumnya dijual Rp54.425.000 di program OKTAGON Wild ini harganya didiskon menjadi Rp499.999.000. Ada juga tipe Canon EOS R Fullframe Mirrorless BO yang harganya didiskon dari Rp38.095.000 menjadi Rp33.399.000.

Canon EOS M6 EF-M 15-45mm Black

EOS M6 hadir dengan dibekali sensor 24,2MP APS-C. Kamera ini bahkan diklaim memiliki performa mirrorless dengan bodi yang terasa seperti kamera saku. Rata-rata kamera mirrorless biasanya hadir dengan ukuran ringan dan tidak besar. Begitu pun dengan EOS M6, bedanya ia tampil dengan bobot yang lebih pas, bisa dibilang ringkas, hampir sama dengan Panasonic Lumix GX800 dan Sony A6000.

Bobot kamera tidak menganggu sekali pun jika sudah ditopang lensa tambahan. Kami sendiri mengenakan lensa zoom 18-150mm, menggunakan EOS M6 dalam kegiatan sehari-hari tidak jadi masalah, mengingat ukurannya kelewat ringan dan sangat ergonomis.

Baca juga : Hasil Foto Lebih Indah dengan Lensa Canon EF/EF-S

Secara desain, tidak ada yang spesial dari EOS M6. Ia dibalut dengan material metal warna hitam bertekstur karet ala mirrorless pada umumnya. Jika dilihat dari depan, tepatnya bagian kiri bodi, kamera ini memiliki grip yang tidak terlalu menonjol agar pengguna bisa menggenggamnya dengan mudah.

Walau demikian, look dari EOS M6 tetap membawa kesan solid dan premium, bahkan bisa disandingkan dengan Sony A6000. Cukup memberi kesan yang wah, untuk kamera sekelas harga mid-range.

kamera canon EOS M6

Salah satu hal yang disayangkan dari EOS M6 adalah absennya electronic viewfinder. Meski begitu, bukan berarti absennya viewfinder jadi nilai merah untuk EOS M6. Pengguna sebetulnya masih bisa menggunakan alternatif viewfinder dari Canon, seperti EVF-DC1 dan EVF-DC2. Keduanya tentu dapat bekerja dengan EOS M6. Hanya, harus perlu merogoh kocek lebih untuk membelinya secara terpisah.

Terlepas dari itu, layar kamera ini juga kami nilai cukup baik. Layarnya tajam dan terang, bahkan memiliki kapabilitas respon sentuh yang akurat dan tidak lagging. Layar EOS M6 juga bisa diputar secara 180 derajat dan bisa dibalik ke arah depan. Ini artinya, EOS M6 akan sangat membantu aktivitas para pelaku vlogger dan pecinta selfie.

Salah satu nilai lebih dari EOS M6 adalah performa pemrosesan foto di luar ruangan. Maka dari itu, kamera ini sangat bagus untuk digunakan dalam kegiatan outdoor dalam genre street photography. Hasil bidikan sensor 24MP di luar ruangan, nyatanya dapat memberikan komposisi foto yang crispy berpadu dengan warna dan kontras yang kental.

Tak cuma foto, kemampuan kamera Canon EOS M6 merekam video pun patut diacungi jempol. Video yang direkam dalam resolusi 1080p dengan frame rate 60fps, menghasilkan citra yang jernih dan stabil. Tentu saja, agar ingin mendapatkan hasil yang seperti ini, pengguna harus memanfaatkan level ekstra dari fitur Electronic Image Stabilization.

Spesifikasi kamera Canon EOS M6 :

24.2MP APS-C CMOS Sensor
DIGIC 7 Image Processor
3.0″ 1.04m-Dot Tilting Touchscreen LCD
Full HD 1080p Video Recording at 60 fps
Built-In Wi-Fi with NFC, Bluetooth
Dual Pixel CMOS AF
Up to 9 fps Shooting and ISO 25600
Combination 5 Axis Image Stabilization
EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM Lens

Harga kamera Canon EOS M6 :

Kamera Canon EOS M6 yang sebelumnya dijual seharga Rp10.530.000, di program OKTAGOn Wild ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga diskon Rp8.250.000

0 comments