NOW READING

Hadir dengan Navigasi Lebih Baik dan Fitur Baru, Apa Saja yang Menarik dari DJI Phantom 3?

 1807
+
 1807

Hadir dengan Navigasi Lebih Baik dan Fitur Baru, Apa Saja yang Menarik dari DJI Phantom 3?

by The Daily Oktagon

Kalau Anda mengikuti berita seputar drone, pasti tidak asing dengan nama DJI. Salah satu produknya, DJI Phantom 2 Vision+, adalah perangkat wajib para pegiat aerial videography. Mulai dari kemampuannya bermanuver sampai gimbal 3-axis-nya, ada banyak alasan untuk memilih DJI Phantom 2 Vision+ sebagai drone andalan.

Menyusul kesuksesan Phantom 2, DJI Phantom 3 pun dirilis. Ada dua varian yang diperkenalkan, yakni Phantom 3 Professional dan Phantom 3 Advanced. Varian Professional bisa merekam video dalam resolusi 4K 30 fps, sedangkan varian Advanced hanya terbatas pada resolusi 1080p 60 fps. Hadir dengan navigasi lebih baik dan fitur baru, apa saja hal menarik dari DJI Phantom 3? Yuk, tengok ulasannya.

Baca dulu, artikel menarik yang satu ini Typhoon Q500 4K, Drone yang Bisa Merekam Video 4K

Kedua varian menggunakan sensor kamera 1/2,3 inci buatan Sony yang bisa mengambil gambar dengan resolusi 12 MP. Sederhananya, Phantom 3 kini lebih handal dipakai merekam atau memotret di kondisi remang-remang berkat sensor gambarnya yang berukuran lebih besar.

dji-phantom-3-advanced-01

Kamera baru ini ditemani oleh lensa 20 milimeter, f/2.8, dengan sudut pandang selebar 94 derajat. Namun, yang paling penting, kedua varian DJI Phantom 3 ini tetap menggunakan gimbal 3-axis yang sudah terbukti sangat efektif meredam guncangan saat perekaman video berlangsung.

Di saat yang sama, pengguna yang berpengalaman bebas mengatur kamera milik Phantom 3 sesuai keinginan. Mulai dari shutter speed, ISO, sampai exposure compensation bisa disesuaikan menggunakan controller maupun aplikasi DJI Pilot pada smartphone atau tablet. Aplikasi ini bahkan juga memungkinkan pengguna untuk mem-broadcast video yang tengah direkam secara live ke YouTube.

Selain penyempurnaan kamera dan kemampuan merekam video 4K pada varian Professional, apa lagi fitur baru yang diusung DJI Phantom 3? Pertama, penguncian posisinya kini lebih akurat berkat kombinasi GPS dan GLONASS. Phantom 3 kini juga lebih cekatan saat terbang di dalam ruangan dimana sinyal GPS tidak terjangkau berkat teknologi Vision Positioning, yang memanfaatkan sensor ultrasonik sehingga ia dapat terbang rendah di atas lantai.

dji-phantom-3-cameraPhantom 3 juga telah dilengkapi teknologi DJI Lightbridge, yang memungkinkan mulusnya transmisi sinyal antara drone dan controller hingga jarak 2 kilometer. Lebih mengesankan lagi, Phantom 3 bisa meneruskan video yang tengah direkam ke smartphone atau tablet dalam resolusi 720p dari jarak sejauh ini.

Buat para pengguna baru, Anda kini tak perlu khawatir kesulitan menerbangkan DJI Phantom 3. Ia dibekali fitur auto-takeoff, dimana Anda hanya perlu menetapkan ketinggian yang diinginkan pada aplikasi pendampingnya, lalu Phantom 3 akan mengudara secara otomatis mengikuti parameter tersebut. Selanjutnya, Anda bebas mengajaknya bermanuver.

Fitur yang terbilang menarik adalah auto-return home. Berkat fitur ini, Phantom 3 akan mengingat lokasi lepas landasnya menggunakan GPS setiap kali ia diterbangkan. Artinya, Anda bisa memanggilnya kembali ke posisi semula hanya dengan menekan satu tombol, tidak peduli sedang di mana ia berada.

Phantom 3 kini juga dilengkapi fitur failsafe yang akan aktif secara otomatis ketika baterainya akan habis atau koneksinya dengan controller tiba-tiba terputus. Saat fitur ini aktif, Phantom 3 akan kembali ke posisi awal dengan sendirinya dan segera mendarat sebelum daya baterainya terkuras habis.

dji-phantom-3-professional-03

Phantom 3 dilengkapi baterai berdaya 4.480 mAh. Dengan demikian, ia bisa mengudara hingga 23 menit non-stop. Keberadaan sensor khusus pada baterainya memungkinkan Anda memonitor status baterai secara real-time. Lebih lanjut, varian Phantom 3 Professional juga di-bundle dengan charger khusus yang bisa mengisi ulang baterai secara lebih cepat.

Lantas, berapa harganya? DJI Phantom 3 Professional dibanderol seharga US$ 1.259 atau Rp 18 juta, sedangkan varian Advanced seharga US$ 999 (Rp 14 juta). Di Indonesia sendiri, Phantom 3 Professional dipasarkan sekitar Rp 17 juta, atau sekitar Rp 2 juta rupiah lebih mahal ketimbang Phantom 2 Vision+.

Jangan lewatkan juga artikel menarik berikut. Anda pasti suka, 5 Drone Terbaru yang Wajib Ada di dalam Radar Anda

0 comments