NOW READING

GoPro Hero5 Black dan Session, Action Cam Semua Kalangan

 1367
+
 1367

GoPro Hero5 Black dan Session, Action Cam Semua Kalangan

by The Daily Oktagon

Sumber foto: shop.gopro.com

  • GoPro merilis Hero5 Black dan Hero5 Session di Indonesia. Keduanya tak lagi hanya fokus menyasar penyuka extreme sports, tapi juga penyuka selfie.
  • Untuk itu kedua varian terbaru GoPro ini memperkuat lini kameranya dengan inovasi fitur yang membuatnya makin mudah digunakan orang dari berbagai kalangan dan usia.
  • Inovasi itu termasuk soal ketahanan terhadap air, perintah berbasis suara, dan stabilisasi hasil penangkapan gambar.

Setelah lebih dari setahun sejak GoPro Hero4 dan Hero4 Session, awal Oktober ini GoPro resmi memperkenalkan dua varian terbaru mereka di Indonesia, yaitu GoPro Hero5 Black dan Hero5 Session.

Hal menarik yang langsung menarik minat kami adalah soal target pasar, karena perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu menyatakan kalau varian GoPro Hero5 ini tidak terlalu menyasar pencinta olahraga ekstrem, seperti yang biasanya kita tangkap dari branding GoPro.

Saat The Daily Oktagon berbincang dengan perwakilan distributor GoPro di Indonesia, Felix Widjaja, ia menyatakan kalau sasaran pengguna GoPro Hero5 adalah para penyuka selfie, pengguna lelaki dan perempuan yang hobi foto-foto, bahkan anak-anak.

Mereka ingin semua kalangan dari berbagai usia akan menikmati berbagai fitur dari dua varian action cam terbaru mereka ini.

gopro hero5

Di tengah peluncurannya di Chakra Avenue Lounge, The Breeze BSD, Tangerang Selatan itu juga Felix menambahkan, kalau saat ini GoPro memang lebih banyak dikenal kalangan penggiat olahraga atau mereka yang kegiatannya membutuhkan fleksibilitas image-capture tinggi.

Namun pada dua varian baru ini, GoPro menekankan pada tiga inovasi fitur yang mereka andalkan untuk membuat GoPro Hero5 lebih bersahabat digunakan semua kalangan, bahkan anak-anak sekalipun.

“Dua produk ini simpel serta mudah digunakan, dengan kemampuan dan daya tahan yang makin baik, dan menyasar mereka semua orang yang suka selfie, traveling, diving, dan siapapun untuk keperluan sehari-hari. Semua orang dari berbagai kategori usia pun akan mudah mengoperasikannya,” kata Felix yang juga trainer di IndoGP, distributor GoPro Indonesia.

Apa saja tiga inovasi fitur pada GoPro Hero5 Black dan Hero5 Session ini, serta seperti apa kemampuannya? Simak ulasan The Daily Oktagon setelah menjajal langsung dua varian action cam ini, sebagai berikut.

Simak pula deretan action cam 4K tangguh yang berupaya menyaingi GoPro, di sini

gopro hero5

Tiga Inovasi Fitur yang Diandalkan GoPro Hero5

Pada seri Hero4 hanya varian Session yang memiliki ketahanan air secara default, sementara Hero4 Black atau Silver perlu dijejalkan ke dalam case-nya.

Tapi kali ini, Hero5 Session juga Hero5 Black pun bisa masuk ke dalam air tanpa cangkang pelindung, sampai 10 meter di bawah air. Hal itu jadi salah satu inovasi yang ditawarkan GoPro lewat Hero5.

Senior Support Product Knowledge GoPro di Indonesia, Surya Prihadi menyampaikan kalau Hero5 Black dan Hero5 Session kini memang memiliki banyak kesamaan terkait spesifikasi teknis dan fitur.

Selain dua varian ini sama-sama bisa masuk ke dalam air tanpa aksesori pelindung, inovasi fitur berikutnya adalah kemampuan menerima perintah suara. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan penangkapan gambar tanpa menekan tombol.

Kami mencobanya sendiri, saat menggunakan fitur ini kita cukup mengucapkan kalimat “GoPro take a photo” atau “GoPro take a video” untuk menjalankan fungsinya.

gopro hero5

Inovasi fitur perintah berbasis suara ini cocok untuk penyuka selfie, karena jadi tidak harus menyambungkan perangkat kamera pada smartphone sebagai remote. Asyiknya lagi, fitur ini bisa digunakan dalam tujuh bahasa, yaitu Spanyol, Belanda, Jepang, China, Jerman, Italia, dan bahasa Inggris dalam tiga pilihan aksen, US, UK, dan Australia.

“Untuk melengkapi kemampuan fitur perintah suara itu, GoPro menempatkan mikrofon stereo pada kedua kamera terbarunya ini,” ujar Surya menjelaskan.

Lalu fitur ketiga yang diandalkan adalah image stabilization yang kini tertanam di action cam keluaran perusahaan yang didirikan Nick Woodman pada 2002 itu; karena pada lini action cam GoPro sebelumnya, fitur ini tidak tersedia.

Dengan adanya fitur image stabilization ini, hasil foto juga video jadi lebih halus meski penangkapan gambar dilakukan di tengah kondisi medan yang banyak getaran atau guncangan.

gopro hero5

Dari sisi kemampuan perekaman video, kedua varian Hero5 ini punya kesanggupan yang relatif sama, yaitu merekam video dengan resolusi 4K berkecepatan 30fps, dengan kelengkapan fitur GoPro Plus yang berfungsi sebagai cloud storage.

Ingin mengenang GoPro Hero4 Session? Apa saja fitur dan detail teknisnya? Baca artikel ini

Perbedaan di Antara Black dan Session

Jika kemampuan keduanya relatif sama, lalu di mana perbedaan di antara GoPro Hero5 Black dan Hero5 Session, selain dari ukuran?

Jawabannya ada pada bobot teknisnya. Hero5 Black memiliki sensor kamera 12MP, dilengkapi layar LCD 2 inci dengan imbuhan fitur layar sentuh (touchscreen).

Selain itu juga, Hero5 Black dilengkapi Global Positioning System (GPS) dan kemampuan mengambil gambar dalam format RAW dan video Wide Dynamic Range (WDR). Sementara Hero5 Session yang lebih ringkas memiliki sensor 10MP tanpa layar display, GPS, format RAW, dan WDR.

gopro hero5

Keduanya diprediksi mulai available di pasaran Indonesia tak lama lagi. Pihak IndoGP memperkirakan kalau action cam GoPro akan hadir di pasaran setelah 10 Oktober mendatang.

Soal harga pun masih belum berani dipastikan oleh distributor. Tapi perkiraannya, GoPro Hero5 Black bakal dijual di kisaran harga Rp 6 jutaan, kalau merujuk pada harga US$ 399. Sementara Hero5 Session lebih murah, yaitu sekitar US$ 299 atau berkisar Rp 4 jutaan.

Maka, kalau Anda ingin memiliki action cam atau memang sedang memburunya, bersabar saja sedikit lagi, karena varian GoPro teranyar ini lebih dari layak untuk Anda pertimbangkan.

Kalau disuruh memilih, pertimbangan Anda lebih berat ke mana? GoPro atau Xiaomi? Apapun itu, ikuti dulu ulasannya berikut ini

0 comments