NOW READING

Google Rilis Lima Perangkat Canggih Terbaru

 612
+
 612

Google Rilis Lima Perangkat Canggih Terbaru

by The Daily Oktagon
  • Pada 4 Oktober lalu, Google telah merilis dua flagship mereka, Google Pixel 2 dan 2 XL.
  • Pada acara yang sama juga diperkenalkan perangkat lainnya yang tak kalah canggih.
  • Kehadiran perangkat ini pun membuktikan bahwa Google sudah memulai jejaknya untuk hardware.

Mempertahankan predikatnya sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi, Google merilis beragam perangkat baru belum lama ini.

Bersamaan dengan diluncurkannya dua smartphone Google Pixel 2 dan 2 XL, Google juga memperkenalkan ke publik sederet perangkat lain terbarunya. Ada lima perangkat terbaru Google yang akan membantu dalam beraktivitas sehari-hari. Berbagai perangkat terbaru ini sudah dibekali teknologi terkini. Berikut ini kelima perangkat tersebut :

1. Google Pixel 2 dan 2 XL

Sama seperti dua smartphone Google Pixel generasi pertama sebelumnya, Google juga langsung mengeluarkan dua smartphone sekaligus kali ini. Keduanya bisa dikatakan memiliki fitur yang hampir sama. Yaitu sama-sama dilengkapi kamera utama 12.2 megapiksel dan kamera selfie 8 megapiksel. Kinerjanya juga didukung prosesor yang sama, yaitu Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core, RAM 4 GB serta prosesor grafis Adreno 540. Sistem operasinya sama-sama mengadopsi Android 8.0. Bodinya sama-sama tahan air dan debu serta dilengkapi dengan fingerprint.

Yang berbeda dari keduanya, yaitu Google Pixel 2 XL memiliki ukuran layar 6 inci, sedangkan Pixel 2 berlayar 5 inci. Selain itu kapasitas baterai keduanya juga berbeda. Google Pixel 2 dibekali baterai berkapasitas 2700 mAh, sedangkan Google Pixel 2 XL memiliki baterai 3520 mAh. Selain itu ukuran tubuh dan bobotnya juga berbeda. Google Pixel 2 memiliki bentuk yang sedikit lebih bongsor dan bobot yang lebih berat.

 

Foto: Google Blog

 

2. Google Pixel Buds

Pada umumnya earbuds hanya berfungsi sebagai perangkat mendengarkan musik untuk satu orang. Biasanya digunakan saat sedang berolahraga atau berada di keramaian namun ingin mendengarkan sesuatu secara pribadi. Google meningkatkan fungsi earbuds menjadi lebih kompleks dengan menyematkan teknologi AI di dalamnya. Kecerdasan buatan ini dapat dipakai untuk mengganti lagu atau menelepon seseorang tanpa membuka ponsel. Selain itu Google Pixel Buds jua dapat menjadi penerjemah dengan kapasitas hingga 40 bahasa asing. Jadi, pengguna tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan warga setempat saat traveling ke berbagai negara.

Jaket canggih ala Google dan Levi’s ulasan lengkapnya ada di sini.

3. Google Pixel Book

Tidak mau ketinggalan dengan Apple, Google pun memperkenalkan laptop terbarunya bernama PixelBook. Laptop ini memiliki desain yang sangat cantik dengan dominasi warna putih dan silver. PixelBook hadir dengan spesifikasi yang lebih baik dan mampu bertransformasi dari laptop menjadi tablet. Laptop ini menggunakan prosesor Core i5 dengan RAM hingga 8 GB, serta dilengkapi port untuk 2 USB dan slot headphone. Layarnya yang berukuran 12,3 inci ini juga memiliki kecerdasan buatan ala Google. Tampilannya pun bisa dibuat serupa dengan smartphone. Laptop ini juga dilengkapi pena digital untuk berbagai keperluan.

 

Foto: Google Blog

 

4. Google Clips Camera

Serupa namun tak sama dengan kamera aksi pada umumnya, Google Clips hadir dengan ukuran mungil. Perangkat kamera ini berbentuk kotak dengan resolusi 12 megapixel dan bisa mengambil foto burst hingga 15 fps. Pengguna dapat melihat hasil jepretan kamera pada ponsel, melalui aplikasi tambahan dengan bantuan WiFi yang juga disematkan pada kamera. Untuk menyalakannya hanya perlu sedikit memutar lensa dan akan langsung merekam situasi yang terjadi di hadapannya. Pengguna juga dapat merekam secara manual dengan durasi 7 detik dan kamera ini mampu bertahan selama tiga jam.

5. Google Home Mini dan Max

Google juga merilis perangkat Google Home, yang hadir dalam dua versi, yaitu Mini dan Max. Google Home Mini berbentuk bulat dengan 3 pilihan warna; oranye, abu-abu, dan hitam. Sedangkan Google Home Max yang berukuran besar dengan bobot 5,300g tersedia dalam 2 warna; putih dan hitam. Keberadaan kedua Google Home terbaru ini melengkapi persaingan home assistant yang juga dikeluarkan Amazone dengan Echo dan ApplePod. Penggunaan Google Home Mini ataupun Max sendiri sangat mudah. Cukup dengan menyebut “Ok, Google” atau “Hey, Google”, maka perangkat langsung aktif. Pemberian perintah juga bisa dilakukan meski perangkat sedang memainkan musik kesukaan.

 

Foto: Google Blog

 

Dengan peluncuran kelima produk digital ini, menjadi tanda strategi apa yang dijalankan Google untuk mempertahankan predikatnya sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi. Google yang sebelumnya lebih fokus pada pengembangan software, berupa beragam aplikasi internet dan sistem operasi Android, kini semakin serius menapakkan kakinya di industri hardware. Setelah pada awalnya hanya membuat smartphone seri Google Pixel, kini juga memproduksi berbagai perangkat digital lainnya.

Sistem operasi Android 8.0 dan segala yang baru darinya bisa dibaca di sini.

0 comments