NOW READING

Golongan Manakah Anda: Rileks atau Stres Pascaliburan?

 405
+
 405

Golongan Manakah Anda: Rileks atau Stres Pascaliburan?

by The Daily Oktagon
  • Pascaliburan, ada orang yang rileks dan cepat kembali back on track, tapi juga ada yang malah kurang bersemangat.
  • Efek pascaliburan ini ternyata bisa menular.
  • Berberapa aplikasi pada ponsel, baik berbasis android atau iOs, bisa membantu mengembalikan semangat kerja.

Studi yang dipublikasikan secara online pada 2010 di Applied Research in Quality of Life, meneliti 1.530 orang Belanda mengenai perihal efek pascaliburan tersebut. Ternyata riset tersebut menemukan bahwa hanya mereka yang berlibur dan menyatakan dirinya merasa sangat rileks sepulang liburan yang merasakan kegembiraan pascaliburan. Efek ini akan terasa selama kurang lebih dua minggu.

Namun mereka yang merasa liburannya biasa-biasa saja atau tak terlalu menikmatinya, tak merasakan efek yang sama setelah berlibur. Cukup disayangkan, mengingat para peneliti juga menemukan fakta bahwa perasaan senang pascaliburan ini bahkan bisa ‘menular’ ke rekan-rekan di kantor walaupun tak ikut berlibur.

Perangkat-perangkat berikut bisa membantu mengembalikan semangat pascaliburan.

Sebenarnya ada trik untuk membuat efek kebahagiaan liburan ini menjadi lebih panjang. Kuncinya ada dua, merencanakan dan mengingat. Seperti apakah?

 

Foto: Shutterstock.com

Perencanaan

Ya, buatlah rencana matang sebelum berlibur! Menurut riset yang dilakukan oleh Shawn Achor, pengajar Harvard yang juga pendiri firma konsultan psikologi Good Think, membuat rencana detil akan memastikan liburan memberikan kegembiraan dan memori indah. Ini karena liburan yang tak matang direncanakan dan justru membuat stres malah akan menghilangkan manfaat positif berlibur itu sendiri. Liburan terencana akan membuat lebih bahagia dan siap kembali ke kantor dengan energi penuh.

Merencanakan liburan tentunya bisa dibantu dengan smartphone dan aplikasi. Mulai saja dari pemesanan tiket dan hotel yang bisa dilakukan lewat berbagai aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Selain itu juga kini hampir semua maskapai besar memiliki aplikasi pemesanan tiket yang membuat liburan semakin mudah direncanakan.

Salah satu aplikasi besutan anak bangsa bernama Perencana Liburan juga bisa ditilik. Aplikasi ini dirancang untuk membantu menemukan berbagai spot menarik di daerah yang akan dikunjungi, mulai dari tempat wisata, restoran, kafe, galeri seni, museum, dan lainnya. Tak hanya itu, bahkan konser dan acara yang sedang berlangsung pun bisa dicek di sini.

Jangan lupa juga berbekal kamera aksi yang bisa digunakan di berbagai medan. Rencanakan untuk mengabadikan banyak foto karena ini akan berhubungan dengan kunci kebahagiaan kedua: Mengingat. Brica B-PRO5 Alpha Edition Mark II bisa dipertimbangkan. Kamera aksi ini bisa dibawa menyelam, basah, atau lakukan aksi-aksi dalam air hingga kedalaman 40m. Brica B-PRO5 Alpha Edition Mark II memiliki fitur built-in Wi-Fi, yang dapat digunakan untuk menghubungkan B-PRO5 Alpha Edition Mark II dengan aplikasi di smartphone.

Selain B-PRO5, berikut daftar action camera dengan harga terjangkau.

Foto: Shutterstock.com

Mengingat Masa Liburan

Para psikolog berpendapat bahwa mengingat kenangan liburan, bahkan setelah lama berlalu, bisa membawa energi positif dan kebahagiaan. Bahkan jika mengingat masa-masa liburan yang menyenangkan itu hanya dengan melihat foto di smartphone atau memutar ulang video di gadget. Supaya lebih bersemangat kerja pascaliburan, letakkan digital photo frame di meja kantor. Pilih digital photo frame yang memiliki slot untuk memory card sehingga fotonya bisa ditambah atau diganti jika bosan.

Salah satu digital photo frame yang bisa dipertimbangkan adalah Pix-Star. Tersedia dalam ukuran 10 inci dan 15 inci, bingkai digital ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Fitur WiFi, misalnya, menjadi andalan karena bisa membuat Anda mengirimkan foto yang ingin dipajang di Pix-Star dengan mudah. Selain via WiFi, foto juga dapat dimasukkan secara manual karena Pix-Star mendukung USB, SDHC, dan SDXC. Bingkai digital dengan memori sebesar 4 GB ini bisa menampung hingga 20.000 foto! Pix-Star juga menyediakan alamat email sehingga pengguna digital frame ini bisa mengirim foto dari gadget apapun ke bingkai tersebut. Bosan hanya memajang foto saja? Kirim saja video pendek ataupun pesan suara untuk ditampilkan di Pix-Star.

Ingin memandang foto dengan lebih leluasa? Digital photo frame SSA ini cocok karena memiliki bentang layar 21,5 inci. Format widescreen Full HD 1080p serta memori 16 GB membuat koleksi foto dan video bisa leluasa disimpan dan dipajang. Dengan dukungan untuk SD card, MP3 player, dan port USB, bingkai foto digital ini sangat bisa diandalkan. Apalagi SSA juga dilengkapi dengan speaker bawaan yang bisa memutar audio playback dan port untuk headphone jika ingin menonton video tanpa mengganggu yang lain.

Sebelum memasang foto pada digital frame, gunakan bocoran ini untuk merapikan folder-folder foto dari ponsel.

0 comments