NOW READING

Gemar Membaca? 7 Aplikasi iOS Ini Layak Kamu Coba

 1280
+
 1280

Gemar Membaca? 7 Aplikasi iOS Ini Layak Kamu Coba

by The Daily Oktagon
  • Jika membawa banyak buku dirasa berat dan kurang praktis, kini Anda juga bisa membaca lewat perangkat iOS Anda.
  • Beberapa aplikasi membaca di iOS tersedia untuk menawarkan pengalaman membaca yang lebih luas dan beragam.
  • Apalagi, harga buku digital memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan buku versi cetak

Saat ini, dengan kehadiran banyak buku bacaan dalam versi digital, pengalaman membaca mulai bergeser. Sebagian penikmat buku pun mulai beralih membaca lewat perangkat digital mereka—dengan alasan lebih praktis dan mudah dibawa-bawa. Apalagi, harga buku digital memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan buku versi cetak! Berikut adalah aplikasi iOS membaca buku-buku elektronik yang layak dimiliki di pencinta buku di perangkat iOS-nya.

Baca juga : Beberapa Aplikasi Tidak Bekerja pada iOS 11, Ini Cara Mengetahuinya

1. Hypen

Aplikasi iOS yang satu ini—meski terbilang baru—telah menjadi salah satu yang terbaik di antara para pesaingnya. Hypen memanjakan pembaca dengan menyediakan 290 jenis huruf serta 138 pilihan warna untuk latar halaman dan tulisan. Pembaca dapat mengubah ukuran huruf, jarak antar paragraf, maupun jarak antar kalimat.

Tandai kutipan yang menarik untuk Anda, lalu dengan mudah, Anda dapat membagikannya lewat media sosial! Ingin membagikan kutipan dalam bentuk gambar? Bisa. Ingin menandai, menerjemahkan, ataupun meminta aplikasi ini membacakan buku untuk Anda? Bisa. Membaca di iPad dan iPhone secara bergantian? Bisa. Untuk Hypen, pembaca adalah raja.

Versi ringan dari aplikasi ini dapat diunduh lewat AppStore dengan cuma-cuma. Untuk mendapatkan versi lengkapnya, Anda hanya perlu membayar sebesar USD$2.99 saja. Kelemahan aplikasi ini adalah ia hanya dapat mengakomodasi buku digital dengan versi epub.

foto : shutterstock

2. Serial Reader

Anda pencinta karya-karya klasik? Jika ya, maka aplikasi iOS yang satu ini bisa menjadi teman baik Anda. Serial Reader memberikan Anda sensasi mengunyah potongan-potongan kecil karya sastra klasik secara harian. Anda bisa mencicil membaca setiap hari.

Dalam aplikasi ini tersedia lebih dari 450 buku klasik untuk dinikmati, meliputi karya-karya Jane Austen, Charles Dickens, Herman Melville, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat diunduh lewat AppStore secara gratis, namun untuk mendapatkan karya-karta premium dan mengatur waktu pengiriman potongan kisah Anda, cukup membayar sebesar USD$2.99 saja.

3. Audible

Anda lebih memilih mendengarkan sebuah buku dibacakan ketimbang membaca? Atau ingin mengisi waktu di perjalanan dengan mendengarkan sebuah buku ketimbang mendengarkan musik? Aplikasi dari Amazon ini bisa menjadi solusinya.

Berbagai buku dalam versi audio tersedia lewat aplikasi ini, demikian pula dengan beberapa majalah dan koran. Ingin dibacakan sebuah buku sambil Anda beranjak tidur? Tersedia sleep mode yang bisa Anda atur. Ingin dibacakan kisah seram dengan narasi bernuansa horor? Ada dark theme yang bisa Anda pilih.

Sebuah fitur tambahan bernama Clips, baru-baru ini juga ditambahkan. Dengan fitur ini, anda dapat membagi 45 detik dari cerita yang Anda dengar ke media sosial. Menarik? Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di sini.

foto : shutterstock

4. Blinkist

Bagi Anda yang lebih tertarik akan buku-buku non-fiksi berisi ide-ide yang dapat langsung dipraktikkan, Blinkist jawabannya. Ada lebih dari 2.000 buku non-fiksi terlaris dalam aplikasi ini, dan uniknya, buku-buku tersebut telah dirangkum menjadi bahan bacaan selama 15 menit saja, yang bisa Anda dengarkan di tengah kesibukan. Segala keingintahuan Anda akan pengembangan bisnis, sains, kepemimpinan, psikologi, atau komunikasi dapat terpenuhi dalam waktu 15 menit saja!

Aplikasi ini juga punya rekomendasi terbaik akan buku-buku yang sesuai dengan minat Anda. Versi gratisnya dapat diunduh di sini. Namun, untuk membaca secara offline dan mengakses koleksi premium, Anda dapat memilih paket berlangganan seharga USD$49,99 – USD$79,99 per tahunnya. Cukup hemat, kan?

5. Instapaper

Selain buku digital, tersedia pula bahan bacaan bernas lain di luar sana: dari artikel, koran online, majalah, bahkan blog dari para ahli, profesional, dan visioner di bidangnya masing-masing. Instapaper menjadi etalase yang menarik untuk semua website favorit Anda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menandai artikel yang sedang dibaca, mengubah jenis huruf, bahkan mengelompokkan bahan bacaan ke dalam satu folder khusus.

Bagi pembaca yang efisien, Instapaper juga menawarkan fitur speed reading, alias membaca cepat. Aplikasi ini juga langsung terhubung dengan Amazon Kindle Anda. Untuk semua kemudahan tersebut, Instapaper dapat diunduh secara cuma-cuma di sini.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Augmented Reality untuk iOS 11

6. Outread

Ingin mengasah kemampuan Anda dalam membaca? Outread adalah salah satu aplikasi speed reading atau membaca cepat terbaik yang bisa Anda coba. Ada dua gaya membaca yang ditawarkan aplikasi ini: metode RSVP dan stabilo.

Pada metode RSVP, kata per kata muncul di tengah layar secara bergantian. Hal ini membuat mata Anda tak perlu mencari-cari fokus, sehingga dapat membaca dengan lebih cepat. Pada metoda stabilo, artikel akan muncul secara menyeluruh, dan aplikasi akan menebalkan kata per kata, melatih mata Anda untuk mengikuti gerak stabilo.

Terdapat 5 jenis huruf dan 2 pengaturan membaca untuk siang dan malam hari. Kecepatan pergerakan kata dapat disesuaikan dengan kemampuan membaca Anda. Kemajuan membaca Anda juga dapat dipantau lewat aplikasi ini.

Aplikasi Outread dapat digunakan untuk membaca berbagai macam jenis dokumen, mulai dari epub, word, RTF, ataupun TXT. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya di sini seharga USD$2.99.

7. Zinio

Warna-warni halaman majalah selalu menyenangkan untuk ditelusuri. Jika Anda merupakan salah satu pembaca yang menggemari majalah, Zinio bisa menjadi teman baik bagi gawai iOS Anda. Tersedia lebih dari 6.000 majalah digital dalam aplikasi ini, dengan berbagai genre: bisnis, travel, seni, politik, teknologi, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang juga bisa digunakan pada desktop ini bisa didapatkan secara gratis di sini. Konten-konten premium, bisa didapatkan dengan berlangganan mulai dari USD$5 – $7,99 per 3 bulan.

Dengan aplikasi-aplikasi ini, tak perlu lagi Anda kerepotan membawa berbagai macam buku untuk menemani Anda saat beraktivitas di luar rumah. Satu gawai iOS Anda sudah dapat menyajikan semuanya, dengan berbagai keunikannya!

0 comments