NOW READING

Galaxy Fold, Ponsel Lipat ala Samsung Seharga Motor Matic

 418
+
 418

Galaxy Fold, Ponsel Lipat ala Samsung Seharga Motor Matic

by The Daily Oktagon

Setelah resmi dirilis di Samsung Galaxy Unpacked Event 2019, di kote New York Amerika Serikat, Samsung Galaxy Fold akhirnya hadir di Indonesia. Smartphone inovasi baru dari Samsung ini merupakan smartphone lipat yang memiliki banyak keunggulan. Apa saja keunggulannya?

Desain Lipat

Disebut-sebut sebagai ponsel lipat, tentunya Samsung Galaxy Fold memiliki bentuk yang unik. Smartphone ini mengusung dua layar, bagian luar dan dalam.

Dalam posisi dilipat, smartphone ini terlihat hanya layar bagian depan dengan ukuran 4,6 inch. Layar bagian luar ini memiliki ketajaman resolusi HD+ dengan aspect ratio 12:9.

Pada posisi ini pengguna tentunya dapat menggunakan smartphone ini dengan beragam menu yang tersedia, layaknya smartphone android biasanya. Dengan kondisi ini maka mereka dapat menggunakan dengan satu tangan.

Galaxy Fold, Ponsel Lipat Inovasi Samsung Samsung Galaxy Fold 3 (thesouthafrican)

Credit: thesouthafrican

Baca juga: TV Samsung QLED 8K Hadir di Indonesia, Apa Keunggulannya?

Layar Infinity Flex

Namun ketika lipatannya dibuka smartphone ini akan menampilkan layar lipat yang mereka beri nama Infinity Flex. Layar ini memiliki ukuran yang sangat luas, yakni 7,3 inci. Luasnya ukuran layar ini memiliki ketajaman yang cukup baik, yakni resolusi QXGA+ dan aspect ratio 4.2:3.

Untuk menopang layar lipatnya, Samsung gunakan engsel khusus dengan mekanisme buka-tutup yang diklaim mampu berjalan mulus. Bahkan Samsung menjanjikan engsel ini memiliki desain tangguh, tidak mudah rusa dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama

App Continuity

Selain desainnya yang unik, yang menarik dari ponsel lipat buatan Samsung ini adalah dari penggunaan layar lipatnya. Layar ini didukung dengan fitur App Continuity. Fitur ini adalah dimana semua aplikasi yang sedang dibuka pada layar eksternal, bisa langsung berpindah ke layar bagian dalam dengan lancar, begitu juga sebaliknya.

Pada layar bagian dalam, pengguna akan disuguhkan fitur 3-way multitasking. Fitur ini ini mampu menampilkan dan mengoperasikan tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar pada layar luas. Misalnya saat video YouTube, sambil mengecek email atau sekaligus melihat foto yang tersimpan di Galery.

Galaxy Fold, Ponsel Lipat Inovasi Samsung Samsung Galaxy Fold 3 (thesouthafrican).jpg (1)

Baca juga: 5 Smartphone Baru Samsung Ini, Bikin Ponsel Lama Kamu Ketinggalan Jaman

Enam Kamera

Keunggulan lain Galaxy Fold adalah dari fitur kamera yang dimilikinya. Samsung benamkan 6 buah kamera sekaligus pada ponsel lipat ini. Saat posisi dilipat, di bagian bodi belakang terdapat triple-camera yang terdiri dari 16 megapixel ultra-wide, 12 megapixel wide dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4, serta satu kamera 12 megapixel dengan lensa tele. Kemudian ada satu kamera selfie 10 megapixel f/2.2 yang disematkan di atas layar eksternal.

Sedangkan ketika dalam posisi layar dibuka, maka terlihat kamera ganda yang menempel pada sisi pojok kanan atas layar layar lipat 7,3 inci. Kamera ganda ini terdiri dari 10 megapixel f/2.2 dan 8 mengapixel f/1.9. Dengan kamera yang dimilikinya ini, Samsung mengklaim bahwa hasil fotonya juga bagus.

Kinerja Mumpuni

Dari sisi kinerja, ponsel lipat Samsung ini sudah didukung dengan hardware terbaru dari Samsung, yakni prosesor 7nm octa-core dengan RAM 12 GB dan memori internal 512 GB UFS 3.0.

Untuk kekuata baterai Samsung Galaxy Fold dibekali dua buah baterai, dimana ketika digabungkan kapasitasnya menjadi 4.380 mAh.

Harga Mahal

Dengan semua fitur dan kemampuan yang dimilikinya, lalu berapa harga dari Samsung Galaxy Fold? Samsung membanderol ponsel lipatnya ini dengan harga Rp 30 jutaan rupiah di Indonesia.

0 comments