NOW READING

Gadget yang Layak Dapat Jempol pada 2016

 1522
+
 1522

Gadget yang Layak Dapat Jempol pada 2016

by The Daily Oktagon
  • Memilih device yang layak disebut terbaik dari beragam gadget yang beredar di pasaran tahun ini bukan perkara mudah.
  • Penentuannya dilihat dari beberapa faktor, selain kemampuan teknis, tapi juga kekayaan fitur, desain, sampai soal harga.
  • Kalau Anda punya pilihan lain, jangan ragu untuk memuatnya di kolom komentar.

Tahun 2016 segera berakhir. Sepanjang tahun ini seluruh produsen perangkat elektronik di dunia meluncurkan beragam produk dari berbagai kategori. Dari beragam produk tersebut, ada beberapa produk yang layak diacungi jempol.

Dari beberapa produk tersebut, The Daily Oktagon merangkum beberapa yang layak disebut terbaik. Tentunya akan ada perdebatan mengenai produk yang kami pilih. Produk yang kami pilih hanya untuk dijadikan acuan kepada pembaca mengenai perkembangan produk elektronik, terutama gadget, yang terjadi sepanjang 2016.

Smartphone

Untuk kategori smartphone alias telepon pintar, Xiaomi Mi5 layak menjadi produk idaman yang meluncur ke pasaran tahun ini. Karena, selain kemampuannya, Xiaomi Mi5 tergolong ponsel pintar kelas premium yang dibanderol dengan harga yang masuk kategori mid-range.

Bahkan, faktor kemampuan dan harga terjangkaunya membuat Mi5 jadi pusat perhatian, hingga layak disandingkan sebagai pesaing berat smartphone kelas premium dari Samsung dan Apple.

gadget xiaomi mi5

Fitur yang mesti disorot dari smartphone ini adalah chipset Snapdragon 820 yang ditandemkan dengan unit pengolah grafis (GPU) Adreno 530. Soal memori, ada tiga pilihan; pertama, memori internal 128GB dengan RAM 4GB (Pro Edition); kedua, memori internal 64GB dengan RAM 3GB (Prime Edition); dan ketiga, memori internal 32GB dengan RAM 3GB.

Xiaomi Mi5 juga diperkuat layar IPS 16 juta warna berukuran 5,15 inci dengan resolusi Full HD 1.920 x 1.080px, yang terlindungi panel Corning Gorilla Glass 4.

Terkait daya, Xiaomi Mi5 memiliki baterai Li-Po berkapasitas 3.000mAh. Dan soal kamera, perangkat ini memperkuat kamera utamanya dengan resolusi 16MP dan kamera depan 4MP. Sebagai tambahan, Xiaomi juga menambahkan fitur image stabilizer untuk mengurangi dampak getaran atau goncangan saat mengambil foto.

Baca juga tentang deretan smartphone kelas menengah yang layak dijadikan pilihan, di sini

Smartwatch

Untuk kategori jam tangan atau arloji pintar, ada Asus ZenWatch 3. Jam tangan ini pertama kali diperkenalkan kepada publik di pameran produk elektronik di Berlin, Jerman, Internationale Funkausstellung Berlin (IFA) 2016, 2-7 September.

Asus mengubah ZenWatch yang semula merupakan smartwatch terjangkau menjadi sebuah arloji pintar kelas premium. Padahal, harga Asus ZenWatch 3 tetap terjangkau. Jam tangan pintar ini dihargai sekitar 255 dolar AS (Rp3,394 juta).

Dengan harga seperti itu, kita mendapatkan smartwatch dengan layar 1,39 inci AMOLED dengan casing baja nirkarat (stainless steel) 316L serta fitur HyperCharge yang mampu mengisi daya hingga 60 persen hanya dalam 15 menit.

gadget smartwatch asus zenwatch

Keunggulan lain, jam tangan ini tidak akan rusak meski tercebur ke dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit. Jam tangan ini juga dapat dihubungkan dengan smartphone sehingga bisa digunakan untuk mengecek email.

Dengan ruang memori seluas 4 GB, kita dapat menyimpan musik favorit di dalam arloji pintar ini. Ada pun RAM sebesar 512 MB membuat unjuk kerja Asus ZenWatch 3 bisa diandalkan untuk menggerakkan aplikasi yang ditanamkan ke dalamnya, seperti pengukur denyut jantung NFC dan GPS. Selain itu, disainnya yang premium dengan tali terbuat dari kulit asli membuat Asus ZenWatch 3 menjadi smartwatch yang layak dikoleksi.

Kamera Digital

Pilihan kami untuk kategori ini adalah kamera digital mirorless Olympus OM-D E-M1 Mark II. Kenapa harus kamera mirorless? Karena kamera jenis ini memiliki bentuk yang ringkas, tetapi memiliki fitur serupa kamera DSLR yang berukuran besar. Membawa kamera mirorless seperti membawa kamera DSLR tanpa harus dibebani bobot yang berat.

Ada pun alasan memilih OM-D E-M1 Mark II karena kamera ini memiliki fitur yang melebihi kamera DSLR. Kelebihan itu adalah kecepatan dalam mengambil gambar, yaitu mencapai 18 frame per second (fps). Kemampuan itu juga didukung dengan prosesor gambar terbaru, yaitu TruePic VIII dan sensor 20,4 MP Live MOS. Kamera ini juga dibekali sensor On-chip Phase Detection AF terbaru dengan 121-point all cross-type.

OM-D E-M1 Mark II juga sangat andal untuk digunakan di luar ruang karena tahan (dustproof) dan tahan percikan air (splashproof) serta tetap bisa berfungsi di suhu hingga minus 10 derajat. Artinya, kamera ini bisa dijadikan andalan bagi mereka yang hobi bertualang atau aktivitas di luar ruang. Tidak ada lagi kekhawatiran kamera macet saat akan digunakan untuk memotret pemandangan di puncak gunung, yang suhunya menusuk tulang.

gadget kamera olympus

Untuk urusan membuat video, kamera ini juga sudah mendukung perekaman gambar hingga resolusi 4K. Kemampuan baterai dari kamera ini juga ditingkatkan. Dalam satu kali siklus pengisian, baterai Olympus OM-D E-M1 Mark II bisa digunakan untuk 440 kali memotret.

Sementara untuk harganya, kamera tersebut dibanderol dengan harga 1.849,99 pound (Rp31,112 juta) untuk body only dan 2.399 pound (Rp40,421 juta) jika berikut lensa M.ZUIKO Digital ED 12-40 mm 1:2:8 Pro. Menurut produsennya, kamera ini akan segera dipasarkan ke Indonesia.

Simak pula ulasan Xiaomi YI M1, si mirrorless yang kayak fitur dan dibanderol dengan harga menggoda

Game Console

Untuk kategori ini, kami memilih PlayStation 4 (PS4) Pro. PS4 Pro merupakan penyempurna produk terdahulu, yaitu PS4. PS4 Pro mampu menyalurkan keluaran video 4K dan HDR, karena dibekali perangkat keras (hardware) yang lebih bertenaga dibanding PS4.

gadget playstation 4

Di dalam PS4 Pro ditanam GPU baru dengan kinerja mencapai 4,2 teraflop serta CPU AMD Jaguar yang diperbarui agar bisa mendukung video 4K, HDR, dan Virtual Reality (VR). Harddisk PS4 Pro berkapasitas 1 TB dan diklaim Sony memiliki performa dua kali lebih tinggi dari PS4. Untuk harganya, PS4 Pro dipatok pada angka 399 dollar AS (Rp5,289 juta).

Virtual Reality Headset

Di kategori VR headset, pilihan kami jatuh kepada Google Daydream View. Produk ini tidak berbeda dengan produk Google terdahulu, yaitu Google Cardboard atau headset buatan produsen lain. Namun, Daydream View memiliki bodi yang lebih lembut dan busa yang lebih nyaman.

Mekanisme pemasangan ke smartphone juga lebih mudah, karena Daydream View menggunakan satu pengunci. Pembeda lain adalah kehadiran perangkat remote control yang menjadi alat untuk perintah pengguna. Pengendali ini memiliki giroskop, sehingga perintah tidak hanya melalui tombol. Perangkat tersebut juga bisa digunakan seperti controller Nintendo Wii, tetapi dengan dukungan konektivitas nirkabel, sehingga cara bermain video game semakin menarik.

gadget vr google

Jika digunakan untuk menonton video, Google menyatakan Daydream View bakal menghadirkan tampilan video 360 yang lebih baik, terutama ketika memutar video dari YouTube. Tidak hanya video, tampilan antarmuka juga akan menyesuaikan jenis video agar lebih interaktif.

Google Daydream View tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu merah, putih, dan abu-abu, serta dibanderol dengan harga 79 dolar AS (Rp1,05 juta). Di Amerika Serikat, headset ini sudah ada di pasaran sejak bulan lalu. Belum ada kabar kapan produk terbaru dari Google ini akan masuk ke Indonesia.

Apakah Anda punya jagoan lain di setiap kategori yang sudah kami sebutkan di atas?

Ingin lebih puas lagi menyimak deret gadget pilihan? Coba cek sorotan 5 gadget baru pendukung hobi berikut ini

0 comments