NOW READING

Fujifilm FinePix XP80, Si Kecil yang Tahan Banting

 1905
+
 1905

Fujifilm FinePix XP80, Si Kecil yang Tahan Banting

by The Daily Oktagon

Fujifilm kini lebih dikenal sebagai vendor dengan deretan kamera premium berkualitas. Akan tetapi, perusahaan kamera asal Negeri Sakura ini rupanya tidak melupakan segmen produk kamera sakunya.

Oleh karena itu, hadirlah Fujifilm FinePix XP80, dikhususkan bagi para pencinta kamera saku yang memiliki hobi liburan outdoor dan juga aktivitas ekstrim.

Meski hadir di tengah jajaran produk kamera mirrorless-nya yang kini tengah disorot banyak pencinta fotografi, Fujifilm optimistis bahwa seri FinePix XP80 ini akan tetap mengisi kebutuhan Anda akan kamera saku.

Bahkan, kamera ini diklaim memiliki ketahanan yang kuat dan juga memboyong segudang fitur menarik untuk sekelas kamera saku.

The Daily Oktagon pun berkesempatan melakukan unboxing FinePix XP80 secara langsung. Penasaran seperti apa isi dan kebolehan dari FinePix XP80? Langsung saja artikel tentang Fujifilm FinePix XP80, si kecil yang tahan banting.

Kesan Pertama

Kesan pertama kala memegang boks FinePix XP80 sangat berbeda. Ya, boks yang dihadirkan memang berukuran lebih kecil dari boks kamera Fujifilm lainnya yang cenderung memiliki ukuran bodi lebih besar.

DSCF4643
Akan tetapi, mengingat FinePix XP80 merupakan kamera saku, maka sah-sah saja jika Fujifilm mengemas kotak kamera tersebut seminimalis mungkin. Dalam unboxing kali ini, kami mendapatkan unit warna biru, serta beberapa produk pendampig lainnya berupa kabel USB, satu unit charger, serta gantungan strap yang bisa diikat di lubang ujung kamera.

Selain itu, ada pula beberapa barang ‘administratif’ lainnya yang tersimpan rapi di dalam kotak terpisah. Adapun diantaranya meliputi Safety Notes, Booklet Garansi, Kartu Garansi, 1 unit CD installer, informasi produk, serta panduan pemilik.

Simak ulasan menarik berikut, Polaroid Snap, Camera Saku Digital yang Bisa Mencetak Tanpa Tinta Digital

Desain Minimalis yang Luwes

Pada seri kali ini, Fujifilm betul-betul mencoba menghadirkan desain anti-mainstream untuk FinePix XP80, di mana mengkukuhkan dari desain unibody yang luwes namun sarat dengan statement bahwa kamera ini memiliki ketahanan yang sangat kuat.

DSCF4613
Pada bodi depan, FinePix XP80 tampak manis dilihat dalam balutan warna biru, serta dilengkapi dengan Fujinon Lens 5x Optical Zoom melingkar tegas di sudut kanan atas.

Di bagian belakang, terdapat layar LCD dengan beberapa tombol navigasi yang bisa digunakan kala memotret gambar. Semua terkemas secara simpel.

DSCF4623
Fujifilm memadati sisi kanan, kiri, bawah dan atas dengan sejumlah ornamen yang memperkaya fitur kamera ini. Karena FinePix XP80 memiliki fitur tahan air, Fujifilm mengemas sisi kanan kamera yang diketahui sebagai soket microSD dan baterai dengan pelindung yang terbuat dari material karet.

Ketahanan yang Tangguh

Secara desain FinePix XP80 masih terlihat mirip dengan XP70. Kamera ini juga masih tetap mengandalkan sensor CMOS 16 MP yang dipadukan dengan lensa 28 milimeter berkemampuan zoom optical 5x (setara lensa 28-140 milimeter) dengan tambahan fitur image stabilization.

Karena mengusung fitur ketahanan yang begitu tangguh, FinePix XP80 bisa diajak menyelam lebih dalam hingga 15 meter dan lebih tahan bantingan dari ketinggian 1,8 meter.

DSCF4644
Ini tentu menjadi nilai plus jika dibandingkan XP70 yang hanya bisa diajak menyelam hingga sedalam 10 meter dan tahan banting dari ketinggian 1,5 meter. Menariknya lagi, bagi pecinta fotografi yang gemar memotret di tempat dingin, FinePix XP80 mengandalkan fitur anti beku hingga minus 10 derajat Celcius.

Fitur tambahan lainnya adalah hadirnya koneksi WiFi ini kini mendukung fitur remote shooting dan berbagi foto antar perangkat lewat smartphone dengan aplikasi mobile yang dimilikinya.

DSCF4619

Sama halnya seperti XP70, Fujifilm XP80 tetap menyediakan mode Action Camera khusus untuk merekam aksi. Pada mode ini, dengan aksesori konverter, jangkauan lensa kamera bisa berubah ke jarak fokal 18 milimeter yang lebih lebar.

DSCF4641

Selain itu, Anda juga bisa merekam aksi tanpa menekan tombol shutter, mirip seperti mekanisme kamera aksi GoPro sehingga kamera bisa ditempatkan di mana saja untuk merekam aksi yang sedang dilakukan. Cek di Oktagon untuk Anda yang ingin menemukan berbagai varian action camera menarik.

Baca juga, Mengulas Tiga Kamera Instan Unggulan, Lebih dari Nostalgia Foto Cetak

0 comments