NOW READING

Fotografer Senior Oscar Motuloh Akan Dianugerahi Gelar Doktor HC

 159
+
 159

Fotografer Senior Oscar Motuloh Akan Dianugerahi Gelar Doktor HC

by The Daily Oktagon

Oscar Motuloh adalah salah satu fotografer senior yang sangat ternama di Indonesia. Oscar Motuloh lahir di Surabaya, 17 Agustus 1959. Perjalanan karirnya dimulai pada tahun 1988 yang kala itu ia menjadi reporter di Kantor Berita Antara. Dua tahun kemudian, ia diangkat untuk menempati posisi divisi pemberitaan visual sebagai pewarta foto. Ia mempelajari fotografi bukan melalui kursus atau pendidikan khusus, namun otodidak.

Selain aktif menjadi pewarta foto, ia kini memimpin Kantor Berita Foto Antara dan juga menjadi Kepala Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara. Ia juga ikut mendirikan Pewarta Foto Indonesia, organisasi yang menghimpun seluruh pewarta fto di Indonesia.

Ia juga mengajar di FFTV Institut Kesenian Jakarta serta beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Ia beberapa kali menyelenggarakan pameran dan workshop bertemakan fotografi. Ia juga pernah menerbitkan sejumlah buku tentang fotografi.

Baca juga : Para Fotografer Senior Bicara tentang Foto Jurnalistik di Era New Media

Atas jasa dan hasil karyanya, Oscar Motuloh diberikan gelar Honoris Causa oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di tahun 2019 ini. Gelar ini diberikan untuk insan yang berdedikasi pada karya penciptaan seni. Rektor ISI Yogyakarta, Prof Agus Burhan mengungkap tahun ini sudah ada satu nama yang bakal diberikan gelar Honoris Causa. Fotografer senior Oscar Motuloh menjadi nama yang akan mendapat gelar atas dedikasi pengabdian di dunia fotografi.

“Menurut kami tepat sosok Oscar Motuloh yang punya dedikasi tinggi di dunia fotografi. Karya-karya beliau saya kira memberikan inspirasi dan yang jelas membawa manfaat bagi banyak pihak,” ungkapnya (29/4/2019).

Meski telah memutuskan nama, namun ISI Yogyakarta belum merinci rentang waktu pemberian penghargaan gelar tersebut. Namun, sangat mungkin dibarengkan dengan rapat terbuka senat Dies Natalis ke-35 pada 29 Mei 2019 mendatang.

0 comments