NOW READING

Fitur-fitur Baru di Facebook Agar Pengguna Tidak Pindah ke Media Sosial Lain

 674
+
 674

Fitur-fitur Baru di Facebook Agar Pengguna Tidak Pindah ke Media Sosial Lain

by The Daily Oktagon
  • Facebook masih menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak.
  • Namun Facebook tidak ingin pengguna meninggalkannya dan beralih ke media sosial lain.
  • Makanya dihadirkan fitur-fitur baru agar pengguna makin betah.

Hingga saat ini, Facebook menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Dan demi mengimbangi loyalitas penggunanya, berbagai terobosan dikembangkan dan diuji coba Facebook.

Beberapa hal ingin ditambahkan tim Facebook dalam pengembangannya. Hal-hal tersebut bisa dikatakan sangat inovatif untuk ukuran sebuah media sosial. Meski masih dalam tahap uji coba, upaya ini tentu sudah mulai menjadi bahan perbincangan. Mulai dari fitur video chatstories, hingga filter untuk komentar negatif pada akun pengguna. Selain itu, pengembangan teknologi lainnya juga dilakukan Facebook untuk mempertahankan eksistensi mereka.

 

Foto: Shutterstock.com

 

Uji Coba Fitur Terbaru

Salah satu fitur terbaru dari Facebook adalah stories yang formatnya serupa dengan Instagram. Namun ternyata fitur ini kurang begitu diminati oleh para pengguna. Facebook pun mulai mencoba mengintegrasikan fitur ini dengan fitur yang ada di Instagram. Jadi, pengguna Facebook yang memiliki akun Instagram bisa mengunggah story mereka di dua akun media sosial sekaligus. Sampai saat ini, fitur stories tersebut masih tahap uji coba dan belum diketahui kapan akan diluncurkan secara global. Fitur ini juga akan bisa diakses dan digunakan pengguna melalui versi web nantinya.

Untuk foto, Facebook juga menambahkan fitur foto panorama 360. Cukup dengan membuka kamera dari aplikasi ponsel dan pilih “360 photo”, lalu tinggal menangkap gambar format panorama. Hasilnya bahkan bisa digunakan untuk foto cover pada halaman profil pengguna. Fitur serupa dengan fungsi aplikasi Tinder menjadi salah satu yang juga diuji coba oleh Facebook. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari teman dan mengajaknya bertemu. Pengguna akan diberi pilihan Ya atau Tidak untuk bisa bertemu dengan sang teman. Untuk calon pasangan bukanlah orang asing melainkan mereka yang berteman dengan pengguna di akun tersebut.

Apakah spoiler boleh dilakukan di media sosial? Selengkapnya di artikel berikut.

Foto: Shutterstock.com

Kemudian ketika mengunggah status, pengguna sudah bisa menambahkan latar baik warna atau foto di belakangnya. Nantinya Facebook juga menyediakan hal tersebut pada kolom komentar. Hal ini mengingatkan kita akan media sosial Friendster yang sempat populer pada 2007. Untuk unggahan status yang mengganggu, Facebook juga akan menyediakan fitur snooze. Tanpa perlu memutus pertemanan, pengguna bisa mematikan sesaat unggahan status tersebut dari 24 jam hingga 30 hari penuh. Selain itu, fitur geoblocking juga dihadirkan untuk menyaring komentar yang tidak sesuai dengan peraturan di suatu negara.

Perangkat Canggih Khusus

Tak hanya fitur-fitur baru yang dikembangkan, Facebook juga mengembangkan perangkat keras maupun lunak. Aplikasi selain Messenger milik Facebook yang sedang diuji coba adalah video chat yang diberi nama Bonfire. Pengguna bisa mengundang enam hingga tujuh orang yang bisa mengobrol secara bersamaan. Aplikasi ini juga memiliki stiker atau filter wajah dengan efek khusus layaknya Instagram dan Snapchat. Kemungkinan besar Bonfire juga akan terintegrasi pada aplikasi Messenger tanpa perlu mengunduhnya.

Foto: Shutterstock.com

Perangkat keras yang juga dikembangkan Facebook adalah kacamata VR yang tipis dan transparan. Perangkat ini akan membawa pengguna untuk melihat hal-hal di dunia maya yang terlihat nyata. Kacamata ini nantinya akan disematkan teknologi waveguide yang membatasi dan mengalirkan gelombang mikro dengan pemindai dua dimensi. Dari sisi kamera, pengguna bisa menghasilkan gambar dengan format gif layaknya Boomerang. Durasi gambar selama dua detik dan bisa dibagikan pada News FeedStory, ataupun Direct Message.

Kenali karakter seseorang melalui media sosialnya dengan cara-cara di sini.

Dari berbagai hal di atas, Facebook ingin menunjukkan bahwa mereka mampu menghadirkan kecanggihan teknologi yang beragam. Tak hanya berpuas diri dengan keberhasilannya membuat media sosial, mereka pun tetap berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman. Selain itu sebagai balasan atas loyalitas sekaligus memuaskan pengguna. Semoga berbagai fitur menarik di atas segera bisa dinikmati agar menambah keseruan menjalin relasi dengan orang lain di media sosial.

0 comments