NOW READING

Facebook Akan Luncurkan Messenger Kids

 200
+
 200

Facebook Akan Luncurkan Messenger Kids

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Pada Facebook Messenger Kids milik Facebook ini, terdapat fitur pengontrol orang tua

Kemajuan teknologi dan penggunaan media sosial dikhawatirkan berpengaruh buruk bagi anak-anak. Sadar akan hal itu, Facebook meluncurkan fitur pesan khusus untuk anak-anak yang dapat dipantau langsung oleh orang tua mereka.

Foto: Facebook

Fitur messenger dari Facebook ini bernama ‘Messenger Kids’. Fitur ini diciptakan khusus untuk anak berusia 6 sampai 12 tahun. Menariknya, fitur ini tidak membutuhkan aplikasi Facebook. Pasalnya, sesuai dengan ketentuan hukum, anak berusia di bawah 13 tahun tidak diperbolehkan bergabung di ekosistem Facebook, lalu bagaimana mekanisme Messenger Kids?

Baca juga : 8 Aplikasi Ini Bisa Jauhkan Anak dari Konten Berbahaya di Smartphone

Dilansir dari laman resmi Facebook, Messenger Kids akan sama dengan aplikasi messenger pada umumnya. Pengguna dapat bertukar teks, foto, video, dan GIF. Pengguna juga dapat memanfaatkan filter-filter lucu yang telah disediakan. Bedanya, pada Messenger Kids milik Facebook ini, terdapat fitur pengontrol orang tua.

Fitur pengontrol orang tua ini berfungsi untuk mengontrol semua aktivitas anak pada penggunaan aplikasi messenger. Teman yang bisa berhubungan dengan sang anak via Messenger Kids harus melewati persetujuan orang tua melalui akun Facebook. Para orang tua juga dapat mengetahui secara langsung isi pesan serta daftar kontak yang terdapat pada Messenger Kids sang anak.

Foto: Facebook

Facebook sendiri mengklaim adanya fitur Messsenger Kids semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi anak tanpa adanya ‘eksploitasi’. “Tak ada iklan di Messenger Kids dan informasi tentang anak tak akan diberikan ke pengiklan. Fitur ini gratis dan tak ada in-app purchase” ujar salah seorang perwakilan Facebok.

Baca juga : Live Streaming Pakai Facebook Messenger ? Bisa Kok !

Messenger Kids juga dirancang sesuai dengan kesepakatan Lembaga Children Online Privacy and Protection Act (COPPA), yakni lembaga yang melindungi anak-anak dari tindak eksploitasi dan pelecehan online. Pasalnya, aplikasi pesan instan yang beredar luas saat ini banyak digunakan anak-anak dan diklaim tidak aman.

Foto: Facebook

Untuk saat ini, Messenger Kids baru hanya tersedia dalam fitur uji coba perangkat iOS di Amerika Serikat. Kabarnya, aplikasi tersebut akan segera meluncur ke iOS dan Android pada 2018.

0 comments