NOW READING

Face ID di iPhone X ternyata Bisa Dibobol

 854
+
 854

Face ID di iPhone X ternyata Bisa Dibobol

by The Daily Oktagon
  • News flash

Sebuah perusahaan keamanan asal Vietnam bernama Bkav menciptakan topeng yang mampu ‘menipu’ fitur Face ID di iPhone X. Dengan topeng ini, siapa pun bisa dengan mudah membuka layar iPhone X yang terkunci. Topeng dibuat dengan mengikuti cara kerja teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent.

Xiaomi dan Oppo Siapkan Fitur Pengenalan Wajah Mirip iPhone X

Foto: Bkav

Teknologi Face ID besutan Apple dibuat dengan menggunakan mesin saraf untuk menganalisis bentuk wajah seseorang secara real time. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Bkav untuk bisa melakukan manipulasi pada Face ID. Pihak Bkav mengatakan, mereka bisa ‘membodohi’ fitur Face ID karena memahami bagaimana cara kerja artificial intelligence (AI) pada fitur Face ID.

Bkav sama sekali tidak menggunakan software untuk bisa membodohi kecerdasan buatan pada Face ID, melainkan dengan memanfaatkan model topeng 3D. Topeng itu sendiri terbuat dari material yang dapat dikenali oleh teknologi 3D facial recognition pada iPhone X.

Dua Seri Penerus iPhone X Akan Dirilis pada 2018

Foto: Bkav

Ngo Tuan Anh, Vice President Bkav mengatakan, topeng dibuat dengan menggabungkan pencetakan 3D dengan makeup dan gambar 2D. “Selain itu, terdapat juga beberapa pemrosesan khusus di bagian pipi dan sekitar wajah, di mana terdapat area kulit besar yang sengaja dibuat untuk mengelabui AI pada Face ID. Daerah yang memiliki bahan khusus itu termasuk hidung yang terbuat dari silikon dan rangka yang dicetak 3D” tambahnya.

0 comments