NOW READING

Enam Tren Aktivitas Pengguna Media Sosial saat Menonton Konser

 1079
+
 1079

Enam Tren Aktivitas Pengguna Media Sosial saat Menonton Konser

by The Daily Oktagon
  • Menonton konser belum lengkap tanpa mengabadikan momen-momen seru dalam bentuk foto atau video.
  • Bernyanyi bersama penyanyi atau band idola menjadi bagian paling membekas saat dan sesudah konser.
  • Fitur berbagi rekaman live di masing-masing platform memiliki kelebihan tersendiri.

Apa yang dilakukan seseorang saat menonton konser? Bernyanyi? Sudah biasa. Jika selama ini saat menonton konser musik seringkali melihat orang-orang juga sibuk dengan smartphone mereka, jangan kesal dulu.

Para penonton konser kini memang dipaksa agak sedikit lebih toleran karena banyaknya tangan yang menghalangi pandangan ke arah panggung. Belum lagi cahaya dari layar smartphone yang terang terkadang terasa mengganggu. Ternyata memang menonton konser tak lagi hanya sekadar bernyanyi. Penasaran apa saja aktivitas yang biasanya dilakukan penonton konser, terutama para social media junkie?

 

Foto: Shutterstock.com

Menyontek Lirik

Diajak nonton konser penyanyi favorit calon pacar dan sama sekali tak hapal lirik lagunya? Tak masalah! Sudah bukan pemandangan aneh jika para penonton konser jadi tiba-tiba hapal lagu. Cukup google lirik lagunya di smartphone dan bernyanyi larut dalam lautan manusia lainnya. Bahkan, aplikasi penyedia lirik seperti MusixMatch Lyrics mendapat rate yang tinggi di Google Play.

Cari Judul di Shazam

Masih tentang tak hapal lagu, bahkan kali ini mungkin tak tahu judulnya sama sekali. Lantas bagaimana mau browsing liriknya jika judul lagunya saja tak tahu? Tenang, ada Shazam! Aplikasi luar biasa ini memungkinkan kita mencari tahu judul lagu yang sedang didengarkan. Caranya cukup dengan memegang smartphone dekat dengan sumber lagu lalu tunggu sekitar lima detik. Shazam kemudian akan memberitahu judul lagu tersebut beserta penyanyinya.

Selfie untuk Stok Foto

Siapa bilang di dalam konser dengan pencahayaan terbatas dan berubah-ubah tak bisa selfie? Perhatikan saja, banyak penonton konser yang sengaja selfie dengan posisi membelakangi panggung. Maksudnya tentu agar si penyanyi di atas panggung menjadi latar belakang foto selfie-nya. Boleh saja dilakukan, asal jangan terlalu lama karena tangan yang diangkat untuk memegang smartphone cukup mengganggu penonton lainnya.

Mau tahu cara sederhana untuk selfie di tengah keramaian, buka tautan ini.

Vlogging

Istilah vlogging atau video-blogging memang sudah tak asing di telinga. Kegiatan yang merupakan blogging menggunakan medium audio visual alias video ini juga sedang tren di kalangan pencinta digital dan pengguna setia media sosial. Tak perlu perangkat elektronik khusus, vlogging bisa dilakukan dengan kamera smartphone atau kamera digital yang bisa merekam video dan mikrofon. Hasil vlog nanti biasanya di-post di blog atau media sosial.

 

Foto: Shutterstock.com

Instagram Stories

Pernah mendengar lelucon netizen tentang IG Stories Dian Sastro yang bila ditonton bisa mencapai beberapa purnama karena saking panjangnya? Jokes ini muncul karena begitu populernya IG Stories. Fitur yang tergolong baru dalam Instagram ini memungkinkan kita berbagi momen berbentuk foto dan video dalam format slideshow. Sesuai namanya yakni Stories, fitur ini memang bisa menjadi wadah si pemilik akun bercerita apa yang dialaminya. Termasuk saat menonton konser musik. Berbeda dengan saat posting di dalam feed akun, IG Stories akan terhapus sendiri setelah 24 jam dan tak akan muncul dalam feed akun. Video yang di-post pun bisa dilakukan live. Jadi berjingkrak-jingkrak bernyanyi bersama penyanyi favorit di konser bisa di-share langsung saat itu juga.

Live Streaming Video Facebook

Jika bosan posting video saat bersenang-senang di konser dalam IG, masih ada Facebook. Cukup buka pilihan status dan klik opsi Live Streaming Video. Konser seru yang sedang ditonton pun bisa sejenak ikut dinikmati teman-teman Facebook. Berbeda dengan IG Stories dimana pemilik akun hanya bisa dikirimi message saja untuk mengomentari, siaran langsung di Facebook ini memungkinkan pemilik akun berinteraksi langsung dengan orang-orang yang menontonnya.

Smartphone ini merupakan ponsel dengan fitur yang sangat mendukung live streaming.

Yang jelas, apapun aktivitas yang dilakukan ketika menonton konser musik, pastikan melakukannya dengan bijak, tidak mengganggu penonton lain, dan melanggar hak cipta. Selamat pamer konser yang ditonton!

0 comments