NOW READING

Eizo CG277: Monitor Andalan Fotografer dan Videografer

 2713
+
 2713

Eizo CG277: Monitor Andalan Fotografer dan Videografer

by The Daily Oktagon

Dalam dunia fotografi dan videografi profesional, warna memegang peran yang sangat penting dalam pengaturan komposisi. Memantau akurasi warna sendiri bisa dilakukan dengan monitor yang berkualitas. Sayangnya, ketika Anda hendak memantau akurasi warna di lapangan, tepatnya ketika matahari bersinar amat terang, kegiatan ini tak bisa dilakukan semudah yang dibayangkan. Ada banyak faktor yang memengaruhi.

Bagi yang sudah lama berkarir di industri fotografi dan videografi, pasti familiar dengan nama Eizo. Reputasi produsen monitor ini amat baik di kalangan profesional, dan alasannya sangat sederhana, yakni reproduksi warnanya benar-benar mendekati akurasi mata.

product_photo_01

Untuk para fotografer dan videografer, Eizo menawarkan lini monitor ColorEdge. Ada tiga seri yang ditawarkan, namun dalam artikel ini, The Daily Oktagon akan membahas seri teratasnya, yakni seri CG yang memang dikhususkan untuk kalangan profesional.

Eizo ColorEdge seri CG sendiri terdiri dari beberapa varian. Ukuran dan resolusi layarnya pun bermacam-macam, mulai dari 22,5 inci dengan resolusi 1920 x 1200, sampai 31,1 inci dengan resolusi 4096 x 2160. Agar lebih mudah mengenal keunggulan monitor Eizo ColorEdge seri CG ini, kami akan berfokus pada satu varian tengahnya, yaitu CG277.

Sesuai namanya, Eizo CG277 mengemas layar berukuran 27 inci, dengan resolusi 2560 x 1440. Panel IPS yang dipakai sudah memakai teknologi anti-glare, serta sanggup mereproduksi hingga 99% spektrum warna Adobe RGB. Buat para videografer, Anda bisa meneruskan rekaman video 4K dengan memanfaatkan sambungan DisplayPort. Lebih lanjut, jika Anda tengah merekam video 1080p 24 fps yang sinematik, monitor ini bisa memutar video tersebut secara lebih alami lewat sambungan HDMI-nya.

product_photo_03

Membahas sedikit soal kemampuan teknisnya, Eizo CG277 bisa menampilkan warna 10-bit secara simultan ketika menggunakan input DisplayPort. Sederhananya, fitur ini memungkinkannya untuk menampilkan lebih dari satu miliar warna secara bersamaan. Atau dengan kata lain, gradasi warna bisa tampak lebih lembut.

Kembali ke paragraf awal, dimana skenarionya adalah memotret atau merekam video di luar ruangan dan di siang hari, Eizo CG277 siap mengerjakan tugasnya dengan baik. Ia dilengkapi dengan komponen shading hood unik yang bisa ditambatkan ke monitor meski Anda tengah menggunakannya dalam posisi portrait.

product_photo_04

Soal kalibrasi, monitor ini hadir bersama software ColorNavigator 6. Software ini sangat mudah digunakan; Anda hanya perlu memasukkan value yang diinginkan untuk brightness, white pointdan gamma. Selanjutnya, sensor kalibrasi bawaannya akan bekerja secara otomatis dan profil warna pun akan diracik dalam hitungan menit.

Singkat cerita, kalau Anda sering melakukan pemotretan atau perekaman video secara outdoor di siang hari, Eizo CG277 ini bisa dimanfaatkan untuk memantau hasil karya Anda secara maksimal, khususnya dalam hal warna. Kalau Anda tertarik, harga pasarnya dibandrol sekitar Rp 39 juta.

1 comments