NOW READING

Duel Headphone Gaming Terbaik Saat Ini

 1493
+
 1493

Duel Headphone Gaming Terbaik Saat Ini

by The Daily Oktagon
  • Headphone merupakan aksesori penting bagi para gamers yang ingin merasakan pengalaman ekstra saat bermain game.
  • Selain kualitas suara, desain headphone gaming juga menjadi faktor penentu baik atau tidaknya sebuah produk headphone gaming.
  • Asus ROG Centurion 7.1 dan Razor ManO’War menjadi dua headphone gaming andalan saat ini yang ada di pasaran.

Headphone menjadi sebuah item yang penting bagi para gamers agar pengalaman gaming mereka semakin luar biasa. Detail suara yang dihasilkan dari sebuah game dapat terdengar dengan jelas saat mereka menggunakan headphone khusus gaming daripada hanya mengandalkan headphone biasa atau sekadar speaker.

Saat ini sudah banyak headphone khusus gaming yang beredar di pasar. Masing-masing memiliki kualitas yang sesuai dengan harga banderolnya. Dua produk Asus ROG Centurion 7.1 dan Razor ManO’War akan menjadi fokus The Daily Oktagon kali ini untuk melihat mana yang terbaik di antara mereka untuk menghadirkan pengalaman gaming yang mengagumkan.

Desain yang keren

Kedua headphone ini memiliki rancang desain yang sama-sama bagus dan memiliki keunggulan masing-masing. Ingin terlihat seperti seorang pilot Tie Fighter di Star Wars Battlefront? Asus ROG Centurion 7.1 bisa menjadi kostum Halloween yang pas. Bodinya gemuk dan menjadikannya salah satu headset terbaik yang ada sampai saat ini.

headphone

Headphone ini memiliki earcup yang besar untuk menghalangi suara luar yang masuk ke dalam. Namun, meskipun besar tetap tidak membuat kuping panas saat menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Asus ROG Centurion 7.1 ini memang ditujukan kepada para gamers yang ingin terlihat menonjol dengan gear-nya saat bermain game dengan bentuknya yang besar. Oleh karena itu, headset ini tidak bersahabat untuk dibawa kemana-mana.

Simak juga ulasan tiga pilihan kamera praktis untuk menemani liburan akhir tahun.

Pindah ke Razer ManO’War, headset ini adalah produk flagship dari Razer dan merupakan pembaharuan dari headset kelas menengah Razer Kraken Pro. Earcup-nya ditutup dengan busa nyaman dengan kulit yang lembut.

headphone

Meskipun Kraken memiliki rangka metal, Razer memutuskan untuk menggunakan rangka plastik pada headphone ini. Hal ini dilakukan untuk mengurangi bobot dari ManO’War sehingga nyaman digunakan. Namun, hal ini bisa menjadi backfire karena pada beberapa bagian rangka plastiknya tipis dan terlihat rentan.

Adu kualitas suara

Lewat lima neodymium magnet yang terdapat di setiap earcup-nya, Asus ROG Centurion 7.1 dapat menghasilkan audio yang menyelimuti telinga dengan sempurna saat bermain. Para pengguna pun juga dapat mengatur detail suaranya dengan software ASUS untuk EQ, meskipun mode awalnya pun sudah menghasilkan audio yang halus dan presisi.

headphone

Tambahan amp-nya dapat membuat detail suara menjadi lebih presisi lagi. Pengaturan yang paling berguna adalah mode FPS footsteps. Mode ini dapat membuat suara langkah kaki dapat terdengar lebih jelas, hal ini dapat membantu gamers yang ingin menghabisi musuh yang mencoba menyelinap di belakang mereka.

Inilah ulasan tiga laptop gaming dengan desain yang tipis tapi tetap bertenaga maksimal.

Kualitas serupa juga dihadirkan oleh headphone Razor ManO’War. Detail suara langkah kaki pada game FPS (first person shooter) pun sangat presisi. Dengan dukungan software Razer’s Synapse para penggunanya juga bisa menyesuaikan sendiri kualitas suara yang ingin dihadirkan. Terdapat sekitar tujuh kategori berbeda, mulai dari kalibrasi, audio, micmixer, EQ, lighting, hingga onscreen display.

headphone

Produksi bass pada ManO’War pun tak bisa dikatakan sembarangan. Jika Anda tergolong orang yang suka main game tembak-tembakan dengan ledakan yang besar, headphone ini dapat memuaskan adrenaline tersebut. Tak hanya untuk bermain game, headphone ini juga sangat baik dipakai untuk mendengarkan musik karena produksi bass-nya sangat baik.

Kualitas setara, keunggulan desain dan material

Kedua headphone ini sebenarnya memiliki kualitas audio yang hampir setara berkat teknologi 7.1 surround sound yang tertanam di keduanya. Hal mendasar yang paling membedakan adalah desain dan kualitas bahan rancang bangunnya.

Simak juga rekomendasi mouse gaming murah dengan kualitas terbaik hanya di artikel ini.

Razor ManO’War masih menerapkan kualitas plastik untuk menjaga bobot headphone-nya agar tetap ringan untuk dibawa-bawa. Sementara, Asus ROG Centurion 7.1 menggunakan material yang lebih kokoh dan desain yang bulky. Gamers yang menggunakan Asus ROG Centurion 7.1 akan terlihat lebih menonjol saat menggunakannya di turnamen e-Sports.

Hal inilah yang membedakan harga banderolnya yang terpaut cukup jauh. Asus ROG Centurion 7.1 dibanderol sebesar 270 USD, sedangkan Razor ManO’War dihargai sebesar 169 USD.

0 comments