NOW READING

Drone Pintar 3DR Solo Segera Meramaikan Udara Tanah Air

 2637
+
 2637

Drone Pintar 3DR Solo Segera Meramaikan Udara Tanah Air

by The Daily Oktagon

Popularitas drone sedang naik. Entah hanya untuk hobi atau untuk keperluan lain seperti jurnalistik, penggunaan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dengan remote control ini sudah menjadi hal lumrah. Saking populernya, GoPro, produsen action cam yang kerap dipasang di drone untuk merekam video, meramaikan pasar ini dengan mengembangkan drone bikinan mereka sendiri.

Salah satu produsen drone yang cukup ternama adalah 3D Robotics atau 3DR. Di Indonesia, nama ini mungkin belum terlalu familier. Pencinta drone umumnya lebih kenal dengan DJI Innovations atau Parrot. Wajar, karena 3DR belum mulai memasarkan produk di Indonesia. Namun, dalam waktu dekat ini, Drone Pintar 3DR Solo Segera Meramaikan Udara Tanah Air

3DR_Solo_1

Drone Pintar 3DR Solo Segera Meramaikan Udara Tanah Air. Jadi, sebelum membelinya, Anda wajib menyimak artikel berikut.

Perwakilan 3DR, Annemarie Kraan, menjelaskan keunggulan drone ini dibandingkan produk lain yang sudah ada di pasaran. Menurutnya, jika produsen drone rutin mengeluarkan yang lebih baru dalam rentang waktu singkat, misalnya enam bulan atau satu tahun, tidak demikian dengan 3DR Solo. Dengan begitu, pengguna tak perlu takut teknologi pada Solo cepat usang.

“Upgrade yang kami lakukan lebih dari sisi aksesori dan perangkat lunak,” ujar Marie, sapaan akrabnya, pada acara Introduction of 3DR Solo yang diadakan di Oktagon, Jalan Gunung Sahari Raya Nomor 50 A, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 Oktober 2015.

Dia melanjutkan, 3DR Solo didesain agar pengguna bisa melakukan upgrade untuk meningkatkan kemampuan dan fungsi drone. Di bawah 3DR Solo, terdapat accesory bay yang dapat dipasang dengan aksesori lain yang kompatibel.

Ingin mengenal lebih dalam soal drone? baca artikel menarik ini, 5 Drone Terbaru yang wajib Ada di dalam Radar Anda

Saat acara perkenalan 3DR Solo, sudah ada satu aksesori yang tersedia, yaitu 3-Axis Solo Gimbal yang dapat menampung GoPro HERO4. Dengan aksesori itu, pengguna bisa mengendalikan sudut pengambilan foto atau video lewat kenop khusus pada remote control 3DR Solo.

Sementara dari sisi perangkat lunak, pengguna akan mendapat pembaruan secara berkala yang akan menambahkan fungsi baru pada drone. Dan, karena sifat perangkat lunaknya yang open-source, berbagai pembaruan pun tak melulu disuplai oleh 3DR. Pihak ketiga pun punya kesempatan menambahkan fungsi Solo.

3DR_Solo_4

Sebagai contoh, beberapa fungsi pintar yang telah dibenamkan pada perangkat lunak 3DR Solo adalah fitur Orbit yang berputar mengelilingi obyek agar bisa merekam video dengan teknik wrap-around. Kemudian, Follow yang memungkinkan drone bergerak mengikuti pengguna secara otomatis, Cable Cam, yakni drone bergerak menyamping pada kabel virtual, dan yang paling penting, Selfie yang memungkinkan pemiliknya membidik wajah sendiri.

Selain penjelasan teknis dan fitur 3DR Solo yang dibawakan oleh Eli Moselle, yang juga perwakilan 3DR. Acara perkenalan yang berlangsung siang hari itu diwarnai sesi demo. Peserta yang hadir diajak ke atap gedung Oktagon untuk melihat langsung kemampuan Solo.

3DR_Solo_2

 

Ketika demo berlangsung, pihak 3DR juga menunjukkan sejumlah fitur fungsional pada remote control-nya. Seperti misalnya Adjustable Arm untuk dipasangi ponsel atau tablet seukuran iPad mini, hingga output HDMI yang dapat disambungkan dengan monitor eksternal.

3DR_Solo_8

 

Kehadiran 3DR Solo di Indonesia juga akan didukung penuh oleh layanan servis dan suku cadang. Namun, Marie belum bisa memberikan berapa harga resmi 3DR Solo, yang baru akan diketahui saat drone tersebut rilis di pasaran sebelum akhir 2015. Kabar baiknya, bagi Anda yang tertarik untuk memilikinya, Oktagon siap menghadirkan dalam sepekan mendatang.

Anda juga wajib membaca artikel berikut, 3 Action Camera untuk Drone Anda

Sumber foto : icaljarot

1 comments
SpoorindoTours
SpoorindoTours 5pts

monggoo yg mau lihat 3DR solo..sudah hadir di Jogjakarta