NOW READING

Donald Trump Bantu Qualcomm Gaet Xiaomi, Oppo dan Vivo

 231
+
 231

Donald Trump Bantu Qualcomm Gaet Xiaomi, Oppo dan Vivo

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Presiden Donald Trump dikabarkan membantu perusahaan chipset asal Amerika, Qualcomm, untuk menandatangani kerjasama dengan tiga produsen smartphone asal Tiongkok, yaitu Oppo, Vivo dan Xiaomi. Kabar ini tercium saat Donald Trump tengah melakukan lawatan resmi ke Tiongkok beberapa waktu lalu.

Baca juga : Hubungan Apple dan Qualcomm ‘Memanas’

qualcomm

foto : shutterstock

Dilaporkan kontrak kerja sama tersebut nilainya mencapai US$250 miliar dolar. Dalam perjanjian kerjasama itu, disebutkan Qualcomm akan memasok komponen prosesor buatannya untuk produk smartphone ketiga vendor asal Tiongkok itu dalam rentang waktu tiga tahun ke depan.

Selama ini baik Xiaomi, Vivo, dan Oppo sebenarnya kerap menggunakan prosesor buatan Qualcomm. Namun juga masih mengadopsi prosesor buatan perusahaan asal Taiwan, yaitu Mediatek. Tampaknya Qualcomm berambisi untuk menggeser Mediatek sekaligus memperluas pangsa pasar produk prosesornya.

foto : shutterstock

Baca juga : Samsung Galaxy S9 Segera Hadir, Dibekali Prosesor Terbaru

Ambisi Qualcomm untuk menggandeng ketiga vendor papan atas asal Tiongkok tersebut dinilai cukup beralasan. Ini karena dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini lebih dari separuh pendapatan Qualcomm berasal dari negara di Asia Timur, termasuk Tiongkok.

0 comments