NOW READING

DJI Zenmuse Z3, Memotret hingga Jarak 5 Km dari Udara

 2646
+
 2646

DJI Zenmuse Z3, Memotret hingga Jarak 5 Km dari Udara

by The Daily Oktagon
  • DJI merilis kamera Zenmuse Z3
  • Zenmuse Z3 lebih dirancang untuk mereka yang mempunyai kebutuhan profesional atau industri.
  • Untuk kebutuhan memotret atau merekam aerial dari kejauhan, Zenmuse Z3 punya kemampuan optical zoom hingga 3,5x serta 2x digital zoom yang efektif menjangkau jarak sampai 5 km.

DJI yang selama ini dikenal sebagai produsen perangkat drone profesional, meluncurkan produk barunya yang justru bukan termasuk kategori drone. Kali ini, DJI merilis kamera Zenmuse Z3 yang bisa menjadi pasangan serasi bagi beragam UAV ciptaannya. Berikut ulasan The Daily Oktagon.

Kamera DJI Pertama dengan Optical Zoom

Bukan untuk segmen konsumen biasa, DJI Zenmuse Z3 lebih dirancang untuk mereka yang mempunyai kebutuhan profesional atau industri. Apalagi Zenmuse Z3 memiliki bentuk dan desain yang cukup mirip dengan kamera handheld DJI Osmo. Zenmuse Z3 juga menjadi kamera DJI pertama dan satu-satunya yang mendukung fitur optical zoom. Sementara sensor kamera yang digunakan masih sama seperti yang ada pada drone Phantom 4 dan Inspire 1, yakni sensor 12 MP (4K) buatan Sony.

Untuk kebutuhan memotret atau merekam aerial dari kejauhan, Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan detail. Sebab Zenmuse Z3 punya kemampuan optical zoom hingga 3,5x serta 2x digital zoom yang efektif menjangkau jarak sampai 5 km.

zenmuse z3

Artinya, Anda tak perlu mendekatkan kamera dengan objek yang hendak difoto. Hal ini juga sekaligus mengurangi risiko dan tingkat kesulitan dalam memotret objek yang susah dijangkau dari dekat. Namun ada sedikit catatan, ketika menggunakan zoom maksimal 7x, hasil rekaman video tidak akan stabil karena sangat rentan guncangan. Namun fitur 7x zoom ini masih bisa digunakan dengan optimal untuk memotret.

Contoh paling dramatis, misalkan Anda sedang meliput momen kebakaran dan tidak bisa berada terlalu dekat dengan lokasi. Dengan kemampuan total 7x zoom , Zenmuse Z3 bisa memberikan gambar yang tajam dan detail dari jarak jauh sekali pun. Lantas, bagaimana cara menggunakan kamera yang satu ini?

Kalau yang ini bisa memotret jarak jauh, ada pula Teal yang kelebihannya ada pada kecepatannya. Simak ulasannya di sini

Kamera Khusus Drone

Seperti yang sudah dijelaskan di awal paragraf, DJI Zenmuse Z3 adalah perangkat kamera aerial yang bisa menjadi pasangan serasi perangkat drone. Ya, Zenmuse Z3 adalah kamera yang dirancang khusus untuk drone, khususnya yang diciptakan oleh DJI. Drone yang kompatibel dengan Zenmuse Z3 adalah Inspire 1, Matrice 100, dan Matrice 600.

Ketiganya adalah pesawat tanpa awak yang khusus dirancang untuk kebutuhan industri. Fungsi dan kemampuannya lebih baik ketimbang drone personal seperti Phantom series. Karenanya, DJI pun melengkapi Zenmuse Z3 dengan teknologi video transmisi tingkat tinggi.

zenmuse z3

Dalam hal ini, Anda bisa merekam gambar dengan resolusi HD sembari menyiarkannya secara langsung tanpa terputus-putus. Sebelumnya, fitur streaming hanya bisa dilakukan dengan lancar ketika merekam video dengan kualitas SD (standard definition). Namun tentunya ada syarat lain yang harus dipenuhi, yaitu koneksi WiFi harus stabil.

Simak pula ulasan Mi Drone, perangkat terjangkau dengan kemampuan tangkas dari Xiaomi

Usung Spesifikasi Terkini

DJI Zenmuse Z3 memiliki kemampuan merekam video dengan beragam resolusi dan fps. Mulai dari resolusi full HD 60 fps, 2.7K dengan 30 fps, 4K (3.840 x 2.160 piksel) dengan 30 fps, hingga UHD (4.096 x 2.160 piksel) dengan 25 fps. Sementara format yang bisa dipilih ada dua, yaitu MOV dan MP4.

Dengan kemampuan merekam video beresolusi tinggi, Anda tentunya membutuhkan kapasitas storageyang luas. Untuk itu, DJI menyediakan satu slot microSD pada Zenmuse Z3 dengan kapasitas maksimal 64 GB. Agar hasil perekaman tidak patah-patah, kami sangat menyarankan agar Anda menggunakan memory card dengan kecepatan Class 10 atau UHS-1.

zenmuse z3

Nah, untuk menggerakkannya, Zenmuse Z3 memiliki built-in gimbal, menjanjikan pergerakan ekstrasmooth ketika merekam video. Sama halnya seperti mengontrol perangkat drone, mengontrol Zenmuse Z3 juga bisa dilakukan via aplikasi DJI GO. Aplikasi ini bisa digunakan baik pada smartphone Android maupun iOS. Saat ini DJI Zenmuse Z3 sudah dirilis dan tersedia secara global dengan harga US$ 900, atau sekitar Rp 11,8 juta.

Baca juga cerita Evi Arbay tentang pemberdayaan remote area dan aktivitasnya di Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI)

0 comments