NOW READING

DJI Phantom 4, Drone Cerdas Paling Pas untuk Si Pemula

 7869
+
 7869

DJI Phantom 4, Drone Cerdas Paling Pas untuk Si Pemula

by The Daily Oktagon

Tidak semua orang lihai dalam menerbangkan drone. Akan tetapi, dengan hadirnya seri mutakhir Phantom 4, impian para pemula untuk menerbangkan drone tanpa ada satu kesulitan pun bisa diwujudkan.

Mengapa bisa disebut demikian? Sebab, drone terbaru besutan DJI ini diklaim sebagai drone consumer pertama yang bisa mengetahui dan menghindar jika ada obyek yang akan menghalanginya.

Itu tentu jadi elemen spesial bagi Phantom 4. Dengan menerbangkan Phantom 4 tanpa harus berlatih menjadi pilot drone profesional, para pemula tak perlu takut lagi saat menerbangkan drone.

Nah, untuk mengetahui seperti apa performa Phantom 4, The Daily Oktagon mengulas lebih mendalam seperti apa keunggulan DJI Phantom 4, drone cerdas paling pas untuk si pemula. Simak ulasan lengkapnya berikut!

Belum lengkap referensi Anda jika tidak membaca artikel Onagofly, Drone Mungil dengan Segudang Fitur Super!

Desain Stylish dan Compact

Pada dasarnya, desain Phantom 4 bisa dibilang hampir menyerupai seri pendahulunya, yakni Phantom 3. Akan tetapi, ada beberapa elemen rancangan yang membuat Phantom 4 memberikan kesan lebih sleek, stylish, dan compact.

Kita bisa lihat, Phantom 4 dirancang dengan material plastic shell yang telah disesuaikan dengan bentuk quadcopter pada drone ini sehingga memberikan impresi aerodinamik dan kokoh.

DJI_Phantom_4__-__1
Sisi lain yang memberikan statement compact adalah hadirnya carrying case yang memiliki ‘ruang’ untuk remote, charger, baling-baling dan bahkan sepasang baterai. Hadirnya carrying case di Phantom 4 membantu efektivitas perangkat ini agar menjadi lebih mudah dan tidak memberikan kesan terbebani sama sekali.

Selain itu, gimbal yang hadir di Phantom 4 ini pun telah didesain ulang. Meski tidak bisa diputar penuh, gimbal 3-axis tersebut bisa diarahkan ke atas dan bawah, ke kiri dan ke kanan secara fleksibel, bahkan saat melakukan maneuver kompleks sekalipun.

DJI_Phantom_4__-__5

Tak hanya itu, kini gimbal Phantom 4 memiliki slot micro USB port dan microSD memory card di bagian sasis yang mana memudahkan penggunanya untuk mengakses data foto dan video.

Sementara itu, desain remote control Phantom 4 juga tidak berubah dari Phantom 3. Hanya saja, satu dari beberapa tombol yang dulu tidak ditandai di remote control Phantom 3, kini ditandai dengan tanda “Pause” yang mana bisa menghentikan drone terbang untuk sementara.

Pengalaman Terbang yang Sangat Fun dan Tidak Repot

Terbang menggunakan Phantom 4 jelas bukan menjadi perkara besar bagi para pemula. Drone ini dirancang oleh DJI untuk membantu pemula agar lebih mudah terbang tanpa harus takut terjatuh dan menabrak obyek lain.

Ada dua cara untuk menerbangkan Phantom 4 ke udara, pengguna bisa menggunakan remote control dan menerbangkannya secara manual, atau juga bisa menerbangkannya secara otomatis.

Phantom 4 dilengkapi dengan teknologi vision yang sangat canggih. Inilah yang menjadi nilai tambah mengapa Phantom 4 dijuluki sebagai drone cerdas yang mampu menghindari obyek menghadang ketika sedang mengudara.

DJI_Phantom_4__-__6
Untuk menerbangkan Phantom 4 pertama kali, DJI telah melengkapi drone ini dengan teknologi “TapFly”, yang memudahkan penggunanya hanya dengan menge-tap layar perangkat mobile-nya untuk menerbangkan drone ini.

Selain itu, drone ini juga memiliki fitur “Sense and Avoid” yang mampu menghindari obyek dengan mengaktifkan sensor advanced computer vision. Bahkan, DJI juga telah merancang ulang teknologi Vision Positioning System di Phantom 4 ini agar lebih peka dan lincah ketika terbang menghindari gangguan obyek.

Tak sampai di situ, DJI betul-betul paham arti cerdas dalam mengemas drone terbarunya ini. Fitur ini merupakan salah satu fitur Phantom 4 yang begitu melampaui harapan. Ya, DJI menghadirkan fitur “ActiveTrack untuk memberikan teknologi recognition obyek yang tengah dicari dan terus terbang mengikuti kemana pun obyek tersebut berjalan.

Hanya dengan men-tap obyek yang tertangkap di layar, entah itu manusia, burung, atau hewan lain, maka Phantom 4 akan terus terbang mengikuti obyek tersebut.

Kualitas Image dan Video yang Mengesankan

DJI tidak memberikan perubahan besar ke kamera Phantom 4. Drone ini masih menggunakan lensa yang mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K dalam frame rate 30 fps (frame per second) serta resolusi Full HD 1080p dalam frame rate 120 fps untuk slow motion.

Meskipun demikian, kualitas image dan video yang dihasilkan tetap mengesankan. DJI sendiri mengungkapkan, meski tidak terlalu menggodok komponen kamera, mereka tetap memberikan sedikit sentuhan perubahan ke lensa kamera agar lebih tajam dan jernih.

Selain itu, Phantom 4 pun memberikan fitur “Professional Post Production” yang bisa membantu para pengguna pemula meng-edit video dan foto lebih mudah. Dengan hadirnya profil video color, mulai dari warna cerah hingga warna professional seperti D-Log dan Cine-D, para pengguna bisa mengatur pewarnaan foto dan video jadi lebih berkarakter.

Secara keseluruhan, Phantom 4 bisa didaulat menjadi seri drone terbaik yang kini dirilis di pasaran. Hadir dengan segudang fitur yang memudahkan pengguna pemula, drone ini justru masih tetap mengutamakan kualitas video dan foto premium.

Dari sisi desain, memang Phantom 4 tidak terlalu banyak berubah. Akan tetapi, nilai tambah ada pada perubahan gimbal yang kini lebih terintegrasi dan juga desain baling-baling yang lebih luwes, sehingga mampu membuat drone terbang dengan gesit.

Memang, untuk pemula, harga drone ini masih bisa dibilang sangat tinggi. Kendati demikian, ada harga ada kualitas. Begitupun untuk Phantom 4. Hadir dengan segudang paket komplit, drone cerdas ini sangat pas untuk para pengguna pemula.

Baca juga, Yuneec Typhoon, Drone yang Mirip Laba-laba

0 comments