NOW READING

DJI Osmo Mobile, Gimbal Sempurna untuk Smartphone Anda

 4762
+
 4762

DJI Osmo Mobile, Gimbal Sempurna untuk Smartphone Anda

by The Daily Oktagon
  • Selain sebagai gimbal dengan built-in camera, DJI kini merilis gimbal yang didesain khusus untuk smartphone, bernama DJI Osmo Mobile.
  • Maka itu, device ini memang dikhususkan untuk menjadi stabilizer buat mengambil foto atau video dengan kamera smartphone.
  • Dan terkait hal itu pula, dianjukan menggunakan smartphone dengan kemampuan kamera kelas atas; biasanya terdapat pada flagship smartphone atau ponsel kelas premium.

Brand DJI, merupakan salah satu produsen drone terkemuka di dunia; dan mereka terus memperbarui jajaran produknya sampai memasuki kuartal keempat tahun ini.

Belakangan, perusahaan bernama Dà-Jiāng Innovations Science and Technology Co., Ltd yang bermarkas di Shenzhen, Guangdong, China ini meluncurkan handheld gimbal stabilizer DJI Osmo Mobile, yang dirancang khusus untuk smartphone; dan menjualnya di kisaran harga Rp 4 jutaan.

Perangkat yang juga dilaporkan tampil mencolok di ajang IFA 2016 ini punya bentuk dan fungsi serupa dengan gimbal DJI Osmo biasanya; bedanya, kali ini memang didesain untuk smartphone, jadi device ini memang tidak memiliki kamera sendiri, karena fokus sebagai stabilizer untuk ponsel pintar Anda.

Maka itu, pengambilan gambar mutlak mengandalkan kamera dari smartphone Anda. Terkait hal ini, DJI merekomendasikan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan kamera kelas atas, seperti iPhone 6 ke atas atau Samsung Galaxy S7.

Sebagai stabilizer, DJI Osmo Mobile punya senjata utama berupa three-axis gimbal stabilizer yang akan mengeliminasi segala guncangan yang terjadi saat merekam video.

Seperti apa detail fitur dari perangkat ini? Simak ulasan The Daily Oktagon berikut ini:

Praktis dan Mudah Digunakan

Anda yang sudah pernah menggunakan DJI Osmo pasti bakal langsung terbiasa menggunakan DJI Osmo Mobile; karena desain, tata letak tombol, sampai cara menggunakan keduanya kurang lebih memang serupa. Perbedaannya hanya soal kamera built-in dan kamera smartphone.

Tapi, kalaupun Anda belum pernah menggunakan DJI Osmo, rasanya Anda pun tak akan kesulitan menggunakan gimbal yang satu ini; karena penggunaannya memang mudah dipahami.

DJI Osmo Mobile

DJI Osmo memiliki bentuk dan material solid berwarna hitam. Anda bisa menduetkannya dengan smartphone yang memiliki layar maksimal 5,7 inci.

Untuk menggunakan dan menghubungkannya dengan smartphone, Anda perlu memanfaatkan koneksi Bluetooth. Tentunya Anda juga wajib mengunduh aplikasi DJI GO di smartphone yang akan dijadikan kamera.

Setelahnya, Anda sudah bisa menggunakan DJI Osmo Mobile sebagai gimbal untuk smartphone Anda.

Simak pula ulasan DJI Phantom 4, drone cerdas paling pas untuk pemula

Membawa Dua Fitur Eksklusif

Ada lima tombol navigasi pada DJI Osmo Mobile, yakni analog untuk panning ke kiri, kanan, atas, dan bawah, tombol shutter, tombol record, tombol power, dan trigger untuk berganti kamera depan dan belakang. Selain itu ada pula slot untuk menempatkan aksesori tambahan seperti tripod misalnya.

Selain itu, DJI Osmo Mobile punya fitur ekstra bernama ActiveTrack yang secara otomatis mengunci dan mengikuti objek yang disasar. Fitur ini akan sangat disukai, karena Anda bisa menandai objek di layar smartphone, dan kamera pun akan selalu mengikuti pergerakan objek tersebut.

Fitur ActiveTrack ini juga bisa berfungsi optimal ketika melakukan selfie atau vlogging menggunakan kamera depan smartphone.

DJI Osmo Mobile

Kedua adalah fitur Motion Timelapse. Fitur ini bakal sangat membantu Anda ketika ingin menciptakan video timelapse disertai pergerakan kamera.

Kami sangat menyarankan untuk menggunakan tripod agar hasilnya lebih optimal. Sebelum mulai merekam, Anda bisa menentukan hingga lima titik angle pergerakan kamera.

Hanya Optimal untuk Smartphone Flagship

Jangan salah kaprah. DJI Osmo Mobile bukanlah perangkat yang bisa meningkatkan kualitas gambar atau video dari smartphone Anda.

Perangkat ini hanya bertugas meminimalisasi efek shake saat merekam video. Sementara kualitas videonya sendiri bakal tergantung dari smartphone yang Anda gunakan.

Setelah menjajalnya, kami menyimpulkan bahwa DJI Osmo Mobile optimal jika disandingkan dengan flagship smartphone. Misal seperti iPhone 7, Huawei P9, Samsung Galaxy S7, atau LG V20.

Anda juga bisa mengandalkan kamera dari smartphone premium seperti Sony Xperia Z5, LG G5, OPPO F1, atau bahkan yang terbaru, Google Pixel.

Jika benar-benar ingin membelinya, pastikan Anda memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang sangat baik agar tidak kecewa.

Simak juga galeri smartphone premium pilihan tahun ini; mulai dari OPPO F1, sampai iPhone 7

DJI Osmo Mobile

Baterai Tahan Lama

Satu kendala utama yang kami hadapi ketika menggunakan DJI Osmo biasa adalah ketahanan baterainya yang hanya satu jam saja. Tidak mengherankan, karena kapasitas baterainya memang hanya 980mAh saja.

Tapi kendala tersebut tidak lagi kami temui saat menggunakan DJI Osmo Mobile. Meski jenis dan kapasitas baterainya sama, yakni 980mAh, baterai ini lebih awet dan bisa digunakan antara dua hingga empat jam.

Penyebabnya karena DJI Osmo Mobile tidak memiliki kamera sendiri yang makan daya, hingga bisa jauh lebih hemat baterai.

DJI Osmo Mobile

Pengisian baterainya bisa dilakukan menggunakan kabel USB dengan konektor audio jack 3,5mm. Kabel ini disertakan dalam paket penjualan. Namun untuk mengisinya juga membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar dua jam.

Jadi, kalau Anda termasuk yang serius menekuni mobile photography atau videography, DJI Osmo Mobile ini merupakan perangkat yang layak Anda pertimbangkan.

Tapi kalaupun Anda hanya sekadar hobi memotret via smartphone, tak ada salahnya menjajal produk ini, karena bisa jadi tool yang berguna untuk menghasilkan dokumentasi sehari-hari yang makin menarik untuk akun Instagram atau YouTube Anda.

Selamat mencoba!

Anda juga bisa mengeksplorasi kekayaan Nusantara dengan mobile photography lewat komunitas seperti Instanusantara. Baca cerita lengkapnya di sini

0 comments